Cara Membuat Website Tanpa Coding Yang Cocok Untuk Pemula!

Membuat Website Tanpa Coding

Kamu masih pemula tapi pengin punya website untuk mengembangkan bisnis yang baru dirintis? Bisa dibilang website merupakan salah satu aspek penting yang seharusnya kamu bangun sejak awal. Eits jangan khawatir, bisa banget loh membuat website tanpa coding. Pembuatannya lebih mudah dan cepat sekalipun kamu masih awam. Bagaimana caranya? Ikutilah  berikut ini.

Membuat Website Tanpa Coding

Ada banyak tutorial tentang bagaimana cara membuat website dengan membahas masalah-masalah teknis, termasuk juga tentang domain dan hosting. Berikut ini Admin Padamu.net merangkum cara membuat website tanpa coding yang cocok untuk pemula.

1. Pilih Tipe Website Yang Akan Digunakan

Langkah pertama bagi pemula dalam membuat website tanpa coding adalah menentukan tipe website yang akan digunakan. Tujuannya agar tidak salah dalam menempatkan bisnis kamu. Tidak lucu bukan jika bisnis fashion tapi membuat website tipe edukasi. Itu artinya kamu salah tempat dan justru tidak ada vibes positifnya. Agar tidak ada kesalahan, kami rangkumkan beberapa tipe website yang dapat menjadi inspirasi untuk pemula.

Website Toko Online

Sebagaimana namanya, website toko Online dikhususkan bagi kamu yang memiliki produk tertentu tanpa memiliki toko fisik. Jadi, transaksi jual beli dilakukan secara daring. Keunggulannya tentu saja lebih modern, cepat dan mudah dibandingkan luring.

Blog

Jenis website pribadi ini dapat kamu gunakan untuk mengulas berbagai topik seputar afiliasi, ulasan, niche atau hobi. Blog cukup populer sejauh ini. Bahkan kamu bisa mendapatkan uang dari Blog.

Website Berita

Yang tak kalah populer adalah Website berita. Di era Digital ini lebih banyak pengguna yang menggunakan website berita sebagai sumber informasi terpercaya. Mereka sudah jarang membuka surat kabar. Konon monoton dan harus membuka lembaran demi lembaran agar mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Sementara berselancar melalui internet jauh lebih cepat, serta fleksibel dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai yang kamu inginkan.

Website Edukasi

Website yang satu ini recommended banget bagi kamu yang ingin mengisi beranda website sesuai dengan passion yang kamu miliki. Misalnya kamu hobby memasak. Bagikan aktivitas memasak kamu. Kemas secara menarik sesuai dengan pangsa pasar di era digital. Edit menggunakan subtitle agar pengguna lebih mudah mengikuti instruksi memasak yang kamu bagikan. Selain mengedukasi, dapat sekaligus menjadi media untuk mengasah bakat terpendam.

Portofolio

Jenis website ini populer dikalangan para pemburu cuan yang ingin memperluas relasi, mengikuti berbagai kompetisi serta tawaran bisnis. Biasanya Freelancer banyak yang memanfaatkan website ini.

Komunitas Online

Sekarang komunitas online juga bertebaran loh. Pasalnya manusia zaman now lebih banyak berinteraksi secara online dibandingkan offline. So, kamu dapat bergabung dengan komunitas yang sefrekuensi agar mendapatkan hal-hal bermanfaat sesuai dengan hobi. Wadah inilah yang menjadi pemersatu dari sabang hingga merauke hanya dalam hitungan menit saja. Luar biasa bukan?

2. Menentukan Web Hosting

Web hosting yaitu Tempat penyimpanan online yang menampung semua data situs kamu dengan baik. Nah, Setelah mantap menentukan tipe website yang akan kamu gunakan, pilih web hosting sesuai kebutuhan ya. Ada 3 Jenis hosting yang dapat kamu pilih diantaranya :

Shared Hosting

Shared Hosting yang cocok banget bagi pemula untuk membuat website tanpa coding yang sederhana. Keuntungan yang kamu dapatkan yakni Domain tersedia secara gratis, Instalasinya mudah karena dibekali setup tool populer, Backup dapat dilakukan mingguan, Memiliki kontrol panel sederhana. Nikmati juga fe manager untuk mengedit file dengan mudah. Tersedia pula Cache Manager yang akan melakukan bypass terhadap permintaan PHP.

Cloud Hosting

Cloud Hosting dapat menjadi opsi lain untuk menentukan web hosting yang akan kamu gunakan saat membuat website tanpa coding. Memiliki kecanggihan virtual server, Gratis sertifikat SSL, memiliki IP khusus, Resource terpisah yang hanya dapat digunakan oleh anda saja serta Tambahan Proteksi DDoS, WAF, dan Tool monitoring. Jenis hosting ini lebih recommended untuk website toko online

Virtual Private Server

Sedangkan Virtual Private Server (VPS) Hosting menggunakan kustomisasi tingkat tinggi. Jadi, kamu harus tahu cara pengoperasiannya. Kelebihan VPS yaitu Bebas environment, Resource terpisah sehingga hanya user yang menggunakan resource kamu saja yang dapat masuk, Mendapatkan alamat IP yang berbeda, serta memiliki fitur snapshot

3. Membuat Nama Domain

Untuk membuat nama domain, gunakan nama domain yang mudah diingat oleh banyak pengguna. Sebab nama domain akan menjadi alamat akses situs website yang kamu buat. Cek ketersediaannya menggunakan tool cek domain. Buat sebagus mungkin agar pamor bisnis juga meningkat. Bayangkan jika kamu membuat nama dengan ejaan yang tidak tepat, banyak pengguna yang enggan mengakses situs tersebut.

4. Memilih Platform Yang Tepat

Setelah menyelesaikan semua langkah diatas tersebut, langkah selanjutnya untuk membuat website tanpa coding adalah memilih platform yang tepat untuk kamu gunakan. Ada 2 opsi yang dapat kamu gunakan yaitu :

Menggunakan CMS

CMS singkatan dari Content Management System yaitu sebuah website yang fokusnya pada konten. Membuat website tanpa coding dapat memanfaatkan platform CMS. Salah satu proses proses pengerjaannya menggunakan wordpress. Kamu tidak perlu repot menguasai coding karena CMS dapat membuat website tanpa coding. Jadi, kamu hanya perlu memikirkan konten dengan sebaik mungkin.

Menggunakan Website Builder

Bagi pemula yang ingin membuat website tanpa coding, gunakan website builder yang telah terbukti dan terpercaya.

Cara membuat website dengan website builder ini dapat menggunakan platform yang kami rekomendasikan yaitu Zyro. Sebuah platform yang didedikasikan untuk mengembangkan bisnis pemula. Zyro siap menjadi platform terbaik yang akan mendukung kesuksesan bisnis yang kamu rintis secara cepat, mudah dan murah.

Website builder ini menyediakan semua fitur yang kamu butuhkan untuk mendukung kinerja website toko online yang kamu miliki. Ada fitur drag and drop untuk mengelola konten dan tampilan website dengan sangat mudah. Untuk tutorial lengkapnya, silahkan kunjungi halaman Cara Membuat Website dengan Zyro Website Builder.

Tunggu apalagi? Buruan akses Zyro. Hanya dengan sekali bayar, Pebisnis pemula sudah bisa punya website dan dapat mengakses semua fitur, pilihan tema dan template.

 

Cara Membuat Website Tanpa Coding Yang Cocok Untuk Pemula!

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.