Cara Kuliah di Jerman Ternyata Tak Sesulit yang Terlihat

Cara Kuliah di Jerman

Bukan lagi mimpi, kamu bisa memulai langkah untuk melanjutkan studi di Negara Jerman dari sekarang dengan mengikuti kursus Bahasa Jerman di Eduversity.

Kenapa Bahasa menjadi hal penting? Karena berbagai dokumen persyaratan untuk mendaftar kuliah milikmu terlebih dahulu akan diterjemahkan kedalam Bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah.

Yang paling penting, Bahasa pengantar yang akan digunakan selama perkuliahan adalah Bahasa Jerman, memang ada beberapa universitas yang menyediakan program Bahasa Inggris dalam pengantar perkuliahan, namun itu tak berlangsung lama.

 Apa yang harus dipersiapkan untuk kuliah di Jerman?

Umumnya universitas dengan program Bahasa Inggris, hanya akan memberikan pengantar selain Bahasa Jerman pada semester awal. Saat memasuki pertengahan semester pengantar perkuliahan akan kembali seperti semula, menggunakan Bahasa Jerman.

Hal ini sejatinya dipersiapkan supaya para mahasiswa internasional bisa memiliki peran dan posisi yang setara dengan mahasiswa local Jerman lainnya. Pun tanpa mengetahui Bahasa Jerman kamu akan kesulitan beradaptasi karena masyarakat Jerman juga tidak terbiasa menggunakan Bahasa Inggris.

Mendaftarkan diri pada studienkoleg

Sebelum mendaftar ke universitas di Jerman, kamu harus mengikuti penyetaraan agar tidak tertinggal dengan mahasiswa Jerman lainnya.

Studienkolleg berdurasi sekitar 1 tahun , setelahnya kamu akan menghadapi sertifikasi uji kelayakan yang kena menentukan bisa atau tidaknya kamu untuk mengikuti kuliah di Jerman.

Memilih universitas dan jurusan yang sesuai

Universitas di Indonesia memiliki struktur yang berbeda tentunya dengan universitas yang berada di Jerman. mulai dari spesifikasi departemen atau jurusan hingga fakultas yang tersedia. Jika kamu menemukan jurusan pendidikan biologi DI Indonesia, belum tentu jurusan tersebut tersedia di Jerman.

Maksudnya adalah, kenali terlebih dahulu seluk beluk dan isi daripada universitas yang kamu tuju, setelah merasa cocok dan fakultas atau jurusan yang kamu tuju ternyata tersedia di universitas tersebut jangan dulu beranjak. Periksa kurikulum, mata kuliah hingga tenaga pendidik yang tersedia.

Pastikan jurusan tersebut adalah passionmu dan tujuanmu melakukan riset adalah supaya bisa memperkirakan, sanggup atau tidakkah, suka atau tidakkah kamu dengan berbagai mata kuliah yang ditawarkan disana.

Sebelumnya kamu juga bisa mengikuti TestAS atau Test for Foreign Student untuk menguji kemampuan dari mulai Bahasa, Core Test, hingga subjek tertentu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kelemahanmu dalam jurusan tertentu.

Sehingga perkuliahanmu selama bertahun-tahun tidak akan sia-sia hanya karena kamu tidak kuat menghadapi berbagai terpaan tugas, apaper, analisis, dan uji kompetensi lainnya.

Persiapkan dokumen penting

Beberapa dokumen penting yang harus kamu miliki sebagai syarat wajib untuk melakukan pendaftaran adalah:

  • Pengurusan visa membutuhkan waktu yang panjang, kondisikan antara waktu keluarnya visa dan jadwal keberangkatan demi menghindari hal yang fatal.
  • Paspor
  • LoA (Letter of Acceptance)
  • Sertifikat Bahasa Jerman. sertifikat resmi adlaah yang diterbitkan oleh GOETHE Institute.
  • Bukti jaminan finansial. Kamu setidaknya harus memiliki 8000 Euro tabungan di rekening milikmu untuk satu tahun.
  • Bukti tiket keberangkatan
  • Bukti asuransi kesehatan
  • Ijazah yang telah diterjemahkan kedalam Bahasa Jerman. pastikan ijazah yang kamu miliki memenuhi persyaratan untuk bisa berkuliah di Jerman.
  • Transkrip nilai dalam Bahasa Jerman
  • Recommendation letter
  • Motivation letter

Mulai pendaftaran

Siapkan strategi dengan tidak hanya berharap pada satu universitas saja, dengan memilih beberapa universitas sesuai ketentuan kamu memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa diterima berkuliah di salah satu universitas Jerman.

Jangan sampai salah tanggal, periksa kembali tanggal penting mengenai pendaftaran di setiap portal resmi universitas yang kamu tuju.

Biasanya dalam kurun waktu satu bulan setelah pendaftaran mahasiswa ditutup, pihak universitas akan mengirimkanmu surat berisi keputusan lulus atau tidak.

Mencari akomodasi untuk tempat tinggal selama kuliah

Satu hal penting yang harus kamu ketahui, sesaat tiba di bandara Jerman kamu sudah harus memiliki lokasi tujuan yang akan kamu datangi. Jika tidak maka kamu akan berurusan dengan petugas imigrasi.

Karenanya, langsung lakukan booking hotel untuk sementara, atau persiapkan cadangan akomodasi tetap yang akan menjadi tempat tinggal selama kamu di Jerman.

 

Cara Kuliah di Jerman Ternyata Tak Sesulit yang Terlihat

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.