Tips Memilih Asuransi Kendaraan Terbaik yang Tepat

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Terbaik yang Tepat

Ketika Anda memiliki sebuah kendaraan, pemeliharaan dan perawatan sangatlah diperlukan supaya kendaraan bisa tetap nyaman untuk digunakan setiap waktu. Terdapat beberapa suku cadang mobil atau spare part yang harus diperhatikan kondisinya dengan baik supaya dapat diganti secara berkala sesuai kebutuhan. Penggantian suku cadang untuk mobil maupun motor bukan hanya bertujuan untuk kenyamanan berkendara saja, namun juga untuk memberikan keamanan lebih pada pengendara.

Kendaraan baik itu mobil ataupun motor adalah aset dengan nilai yang tinggi. Nilai yang dimaksud bukan hanya dari nominalnya saja, namun juga dari nilai fungsi yang dimilikinya. Oleh sebab itu, penting untuk melindungi mobil atau motor dengan menggunakan asuransi kendaraan. Pemilik kendaraan harus melindungi aset berharga tersebut dengan cara membeli polis asuransi kendaraan yang akan menjamin berbagai risiko yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi pada kendaraan mereka. Jadi bagaimana tips dalam memilih asuransi kendaraan terbaik tersebut.

Tips Pilih Asuransi Kendaraan

Sekarang ini telah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan jenis asuransi kendaraan dengan beragam manfaat yang ditawarkan. Maka dari itu, supaya tidak salah pilih, berikut ini beberapa tips memiliki asuransi kendaraan yang tepat.

1. Pelajari Keuntungan Asuransi dengan Baik

Setiap Perusahaan asuransi kendaraan pasti akan memberikan manfaat dan keuntungan yang berbeda-beda, tergantung pada jenis dan juga fitur layanan yang Anda butuhkan. Maka itu, Anda harus mengetahui berbagai keuntungan dan perlindungan yang akan diberikan oleh asuransi kendaraan sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian di masa yang akan datang.

2. Memilih Asuransi Sesuai dengan Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan saat memilih asuransi kendaraan yaitu mengetahui mengenai kondisi kendaraan Anda seperti kondisi mesin, bodi, usia dan berbagai hal lainnya. Dengan mengetahui kondisi kendaraan tersebut, Anda dapat memilih jenis asuransi kendaraan yang paling tepat bagi kendaraan Anda tersebut.

Terdapat dua jenis asuransi mobil yakni Asuransi All Risk atau Comprehensive dan Asuransi Total Loss Only (TLO). Asuransi All Risk akan menjamin hampir semua risiko yang akan terjadi pada mobil Anda seperti kecelakaan kecil hingga besar. Sedangkan, Asuransi Total Loss Only (TLO) menjamin kerusakan kendaraan yang terjadi di atas 75 persen saja sehingga kecelakaan atau kerusakan kecil mobil tidak akan dijamin olehnya.

3. Membuat Perbandingan

Sekarang ini telah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai produk terbaiknya. Anda harus membandingkan produk-produk asuransi kendaraan yang beragam, sebab hanya mengetahui satu produk saja tidak akan efektif. Karena itu, Anda harus melakukan perbandingan terhadap produk yang sama yang berasal dari perusahaan asuransi yang berbeda. Perbandingan tersebut bisa dilakukan dengan cara mendatangi perusahaan asuransi langsung, atau dengan mengunjungi situs resmi mereka lewat jaringan Internet.

4. Pilih Produk Asuransi yang Paling Tepat

Jangan terburu-buru mengambil keputusan, sebab penting bagi Anda untuk menemukan produk asuransi terbaik dan paling tepat bagi kendaraan Anda. Beberapa asuransi mungkin akan terlihat sama, tapi setelah mencari berbagai informasi secara detail maka Anda bisa menentukan pilihan dan menemukan satu produk yang paling tepat.

5. Pilih Produk Asuransi sesuai Kemampuan

Selain memilih yang tepat menyesuaikan kebutuhan pula harus diperhatikan, Anda juga harus menyesuaikan kemampuan saat hendak membeli produk asuransi. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat saat akan memiliki asuransi berarti Anda memiliki kewajiban untuk membayar premi sesuai ketentuan. Apabila Anda memilih produk asuransi dengan biaya premi melebihi kemampuan, tentu hal tersebut akan memberatkan diri sendiri. Oleh sebab itu, pastikan memilih produk asuransi kendaraan dengan biaya premi yang terjangkau.

6. Memperhatikan Rekomendasi Dealer

Jika Anda mau membeli produk asuransi ketika sedang mengajukan kepemilikan mobil, Anda bisa mempertimbangkan rekomendasi yang diberikan oleh pihak dealer. Umumnya, pihak dealer akan memberikan rekomendasi perusahaan asuransi yang bagus dan bisa dipercaya. Saran dari dealer ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam membeli produk asuransi kendaraan yang tepat namun, rekomendasi dari dealer bukanlah harga mati yang harus Anda ikuti.

7. Pilih Asuransi dari Perusahaan yang Terpercaya

Tips ketujuh yang bisa Anda terapkan yakni pilih asuransi dari perusahaan yang memiliki kredibilitas baik dan terpercaya. Pastikan perusahaan penyedia asuransi yang Anda pilih telah memiliki izin resmi. Bukan hanya itu saja, kredibilitas perusahaan pula bisa dilihat dari penilaian nasabah sebelumnya terhadap kinerja perusahaan asuransi tersebut.

8. Perhatikan Fitur Layanan Perusahaan

Anda bisa memilih perusahaan asuransi kendaraan yang memiliki berbagai fitur pendukung dan lengkap. Perihal itu akan membuat Anda nyaman dan tenang ketika mobil Anda mengalami kecelakaan. Pilih perusahaan asuransi yang memiliki layanan call center 24 jam penuh dan cepat dalam menanggapi laporan kliennya, memiliki fasilitas ambulans dan mobil derek jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Ada baiknya pula, perusahaan asuransi Anda memiliki fasilitas mobil pengganti ketika mobil Anda berada di bengkel dan dalam masa perbaikan. Semua fitur itu akan membuat Anda lebih nyaman dan tidak mengalami berbagai kesulitan dalam mengajukan perbaikan setelah adanya kecelakaan pada kendaraan Anda.

9. Perhatikan Kinerja Bengkel Rekanan Perusahaan

Anda bisa memperhitungkan bengkel rekanan yang dimiliki perusahaan asuransi kendaraan tersebut. Sebaiknya, Anda memilih perusahaan asuransi kendaraan yang memiliki banyak bengkel rekanan yang terpercaya dan akan memudahkan Anda dalam melakukan perbaikan. Selain itu, pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki bengkel rekanan yang jaraknya dekat dengan rumah atau kantor. Jadi, Anda tidak akan membutuhkan waktu untuk pergi ke bengkel tersebut.

10. Prosedur Melakukan Klaim

Pastinya, perusahaan asuransi yang baik akan menangani klaim nasabahnya dengan cepat. Janganlah memilih perusahaan asuransi mobil yang lambat dalam proses klaimnya sebab perusahaan asuransi mobil itu akan membuat Anda rugi dan mengalami sejumlah masalah setelah mengalami kecelakaan dan juga kerusakan pada mobil Anda. Caranya, Anda bisa mencari tahu dan melihat seberapa banyak klaim yang diterima oleh perusahaan asuransi tersebut melalui layanan Internet pada website asuransi tersebut.

Anda dapat menggunakan beberapa tips di atas sebagai bahan pertimbangan dalam memilih sebuah perusahaan asuransi kendaraan yang tepat. Janganlah memilih perusahaan asuransi hanya karena memiliki nama besar sedangkan kinerja dan pelayanannya terhadap nasabah sangat buruk dan lambat. Sesuaikan dengan Kemampuan Keuangan Anda dan jangan memaksakan membeli polis yang berada di luar jangkauan keuangan sebab ada banyak perusahaan asuransi yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk perlindungan kendaraan tersayang.

Guna memberikan proteksi maksimal pada kendaraan, Anda dapat memilih asuransi kendaraan dari Garda Oto sebagai asuransi terbaik yang akan melindungi kendaraan Anda agar berkendara tetap aman dan nyaman. Garda Oto menjadi pilihan terbaik untuk melindungi kendaraan Anda Asuransi ini dapat memberikan pertanggungan berupa Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive. Selain itu, Garda Oto juga memberikan berbagai layanan yang mempermudah hidup Anda seperti bantuan darurat Garda Siaga 24 jam.

 

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Terbaik yang Tepat

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *