Benarkah Ketombe Bisa Menyebabkan Jerawat?

Ketombe ternyata juga bisa menjadi ancaman sebagai penyebab timbulnya jerawat. Seperti yang dilansir dari laman situs Style Craze, menyebutkan bahwa ketombe yang tidak sengaja jatuh di area wajah dapat memicu timbulnya jerawat secara cepat. Lalu apa sih ketombe itu?

Ketombe Bisa Menyebabkan Jerawat

Ketombe (pityriasis capitis) adalah serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan hasil pengelupasan kulit mati yang berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit.

Pada dasarnya penyebab terjadinya ketombe disebabkan oleh dermatitis seboroik, yaitu kondisi di mana kulit kepala menjadi berminyak, kemerahan dan bersisik. Sisik tersebut kemudian mengelupas dan menciptakan ketombe.

Ketombe atau dandruff bisa dianggap menjadi masalah rambut yang bisa mengurangi rasa percaya diri. Bagaimana tidak, ketombe yang rontok dari kulit kepala bisa mengganggu penampilan saat menggunakan pakaian gelap. Selain itu, ternyata ketombe juga bisa menjadi alasan munculnya jerawat di sekitar wajah?

Ketombe atau serpihan putih yang jatuh di area wajah tersebut seringkali menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat yang gatal. Terlebih jika mengenai area dahi sehingga memperburuk kondisi kulit, terutama bagi yang sudah memiliki jerawat.

Ketombe yang jatuh di area punggung juga dapat menyebabkan peradangan pada punggung dan dada terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Oleh karena itu perlu tahu cara mengatasi ketombe yang tepat dan benar.

Mencegah Jerawat karena Ketombe

Ketombe dan jerawat merupakan permasalahan kulit yang sama-sama dipicu oleh produksi minyak berlebih, meskipun memiliki penyebab yang berbeda. Oleh karena itu perlu dicegah agar ketombe tidak menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Loading...

Langkah paling utama adalah menyingkirkan ketombe yang menjadi penyebab utama jerawat jenis ini. Beberapa cara sederhana sebagai berikut:

  1. Saat keramas gunakan shampo anti ketombe. Shampo anti ketombe (dandruff) bisa jadi solusi efektif menghilangkan ketombe serta merawat kulit kepala.
  2. Hindari rambut dan kulit wajah bersentuhan. Untuk itu, pastikan rambut agar tidak menempel di wajah seperti dengan cara mengikat rambut.
  3. Menyisir rambut minimal rambut dua kali sehari bisa menjadi pilihan bermanfaat untuk mencegah jerawat timbul karena ketombe. Dengan menyisir rambut dapat memastikan bahwa sel-sel kulit mati di kepala hilang dan tidak menyumbat pori-pori.

Jika memiliki permasalahan ketombe dan jerawat, ada cara pengobatan sederhana dengan bahan yang tidak jauh dari sekitar kita, yaitu bawang putih.

Bawang putih selama ini dikenal sebagai salah satu bumbu masak yang penting, ternyata juga memiliki manfaat baik untuk perawatan rambut dan kulit. Bawang putih memiliki kandungan anti bakteri yang bisa membantu menghilangkan ketombe dan jerawat.

Cara mengatasi jerawat dengan bawang putih ini, yaitu parut dua siung bawang putih dan campurkan dengan madu. Setelah tercampur rata, oleskan ke wajah dan tunggu sebentar. Jangan lupa untuk segera membilas wajah hingga bersih saat sudah selesai. Lakukan dengan rutin.

Sedangkan untuk menghilangkan ketombe, ambil beberapa siung bawang putih dan lembutkan dengan blender atau diparut. Setelah itu campurkan dengan madu hingga rata dan langsung taruh di kulit kepala dan pijat-pijatlah hingga lembut. Tunggu hingga 15 menit dan segera bilas hingga bersih.

 

Ketombe Bisa Menyebabkan Jerawat

Loading...

About the Author: Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *