daftar iklan mgid

Aplikasi Peduli Lindungi Bisa Diunduh, Aman dari Phising dan Malware

Aplikasi Peduli Lindungi menjadi salah satu aplikasi yang telah dihadirkan pemerintah Indonesia sebagai salah satu upaya penanganan pandemi Covid-19.

Aplikasi Peduli Lindungi

Meski sempat beredar hoax seolah-olah aplikasi ini tidak aman, tetapi berita tersebut tidak benar. Sebab aplikasi ini sekarang sudah bisa diunduh lewat Play store dan App store. Sehingga aman dari phising dan juga malware.

Dengan begitu, masyarakat tidak perlu ragu mengunduh aplikasi ini. Sebab provider telah menggunakan sistem keamanan berlapis. Play store dan App store juga sudah mereview aplikasi ini sehingga aman di kedua platform yang terpercaya.

Tentang Aplikasi Peduli Lindungi

Sampai saat ini tidak kurang dari satu juta pengguna sudah mengunduh Peduli Lindungi agar bisa memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Dikutip dari https://www.harapanrakyat.com/, lewat aplikasi yang sudah ditetapkan dengan keputusan menteri Kominfo nomor 171 tahun 2020, ini dinilai bisa membantu dalam mendeteksi pergerakan Covid-19.

Seperti yang kita tahu, wabah pandemi Corona ini sungguh meresahkan masyarakat. Hal ini juga menjadi salah satu ketakutan tersendiri untuk warga.

Tanpa disadari, virus ini bisa mengakibatkan kematian secara tiba-tiba. Di Indonesia sendiri beberapa kebijakan terkait pandemi Covid-19 ini sudah dilakukan. Seperti social distancing maupun PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Fungsi aplikasi Peduli Lindungi memudahkan pengguna melacak mobilitas dari pasien Corona. Cara kerjanya cukup unik dengan menggunakan ID anonim.

ID ini nantinya digunakan pihak rumah sakit yang ingin mengecek pasien Corona. Entah itu Pasien Dalam Pengawasan maupun Orang Dalam Pengawasan.

Cara Menggunakan Peduli Lindungi

Bila anda sudah mengunduh Peduli Lindungi di smartphone, anda sekarang tinggal mempelajari bagaimana cara menggunakan aplikasi ini.

Salah satu aplikasi kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona ini tujuannya untuk melindungi penggunanya sendiri, keluarga, serta teman yang ada di sekitar pengguna.

Sebenarnya untuk menggunakan aplikasi Peduli Lindungi ini tidaklah sulit. Sebab cara kerjanya juga tidak terlalu rumit. Aplikasi ini bisa mengumpulkan beberapa data pengguna seperti nama dan juga nomor telepon.

Loading...

Cara kerja aplikasi ini adalah melakukan identifikasi terhadap orang di sekitar anda. Pernahkah orang tersebut di dekat orang yang positif Corona atau tidak. Pernahkah berinteraksi dengan ODP atau PDP.

Jika mempunyai risiko tertular, petugas kesehatan langsung bertindak dan memberikan layanan kesehatan. Dengan demikian, penyebaran virus Corona bisa dengan cepat dicegah sehingga masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi ini sebaik mungkin.

Login dan Registrasi

Langkah yang harus anda lakukan adalah masuk ke dalam aplikasi tersebut, lalu memulai mendaftar atau registrasi. Pengguna tinggal menekan tombol jadi partisipan, lalu muncul halaman berikutnya.

Di sini pengguna akan diminta mengisi data seperti nama dan nomor telepon. Lalu diminta mengirimkan kode OTP. Jika sudah selesai, pengguna dapat menekan tombol kirim kode OTP yang ada di dalam aplikasi Peduli Lindungi tersebut.

Hal yang harus diperhatikan yaitu nomor yang dimasukkan haruslah benar-benar aktif karena ini akan berpengaruh pada proses pendaftaran.

Melakukan Verifikasi

Bila proses registrasi sudah selesai, langkah berikutnya adalah verifikasi. Kode OTP yang dikirim akan menjadi kode untuk verifikasi. Nantinya pengguna akan menjadi partisipan dari aplikasi ini.

Selanjutnya akan muncul pengaturan akun. Dari pengaturan ini bisa mengaktifkan bluetooth dan anda tinggal mengaktifkan akses lokasi yang bertujuan untuk mengidentifikasi kemana pengguna aplikasi ini bepergian.

Dengan demikian, aplikasi Peduli Lindungi ini bisa mengakses semua informasi pengguna termasuk jarak terhadap orang yang sudah terpapar virus Corona.

Untuk bisa melakukan ini memang diperlukan perizinan dari pihak pengguna. Karena akses tersebut dilakukan untuk menunjang fungsi aplikasi. Bluetooth  juga digunakan supaya anda bisa terhubung dengan pengguna yang lain.

Peduli lindungi juga sudah terbukti aman berkaitan dengan data atau identitas dari penggunanya. Seperti yang kita tahu, sesudah aplikasi tersebut diluncurkan memang sempat tersebar berita hoax bahwa aplikasi ini bisa mencuri data pengguna.

Beberapa Peluang Usaha Baru di Tengah Pandemi Covid 19 yang Wajib Dicoba

Mengingat ketika mendaftar diperlukan identitas dari pengguna, namun aplikasi Peduli Lindungi ini diluncurkan resmi oleh pemerintah. Jadi, memang sudah terjamin dalam hal penggunaannya. Selain itu, juga aman dari phising dan malware.

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *