daftar iklan mgid

6 Langkah Cara Membuat Blog dengan Praktis Untuk Pemula

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini memungkinkan orang mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. Internet menjadi teknologi yang paling populer dengan pengguna yang terus tumbuh pesat. Dengan internet pula segala kebutuhan dari ujung kepala hingga kaki mudah untuk didapatkan. Nah jika Anda sedang mencari sebuah informasi di internet tentunya akan mengakses situs yang menyediakan konten yang Anda butuhkan. Situs-situs inilah yang disebut website atau blog yang didalamnya terdapat berbagai artikel atau konten. Bagi pemilik blog atau website ada segudang manfaat yang didapatkan salah satunya adalah menghasilkan uang. Apakah Anda ingin menghasilkan uang dari blog atau website? Nah pas sekali kali ini saya akan membahas cara membuat blog dengan mudah dan Praktis.

Cara Membuat Blog

Saat ini membuat website atau blog itu tidaklah sulit tidak perlu paham tentang pemrograman web, siapapun bisa membuatnya dengan mudah termasuk Anda. Karena dengan adanya platform CMS Anda akan lebih mudah untuk bisa membuat blog atau website hanya dengan klik dan instal sudah jadi.

Nah saya akan memberikan cara mudah membuat blog praktis hanya dengan 6 langka! Lengkap dengan panduan termasuk optimasinya. Langsung saja kita mengenal terlebih dahulu tentang blog berikut.

Apa itu Blog?

Apa itu Blog

Blog adalah suatu jenis website atau jurnal online yang memuat beragam konten seperti artikel, foto, video, dan lain sebagainya layaknya sebuah website pada umumnya. Blog sendiri singkatan dari weblog yang berarti tempat untuk menyimpan “log” atau informasi pada website. Blog biasanya dikelola oleh seorang yang dijuluki sebagai Blogger.

Nah blogger ini akan mengelola sedemikian rupa untuk menyajikan konten artikel yang dibuat untuk bisa diakses oleh orang lain melalui internet untuk berbagai tujuan termasuk bisnis. Jika Anda mengenal Raditya Dika dulunya adalah seorang penulis atau Blogger yang kini menjadi orang terkenal karena tulisan-tulisannya. Nah berikut cara membuat blog dengan praktis (untuk pemula).

1.  Tentukan Topik Utama Blog

Topik Utama Blog

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan niche atau topik blog yang ingin Anda buat. Sebagai blogger tentunya bebas untuk mengisi artikel atau konten yang ingin dibuat, karena memang tidak ada yang melarang untuk membuat konten apapun yang terpenting tidak melanggar aturan dan hukum yang berlaku.

Nah ada banyak topik yang bisa Anda buat mulai dari kesehatan, finance, kuliner, wisata & travel, teknologi, game online, edukasi, otomotif, dan masih banyak lagi. Karena tidak ada aturan khusus Anda mau membuat apa sesuka hati maka ada baiknya untuk fokus pada satu niche blog terbaik yang Anda sukai. Karena dengan satu niche atau topik pembahasan blog Anda akan terlihat lebih profesional.

2.  Pilih Platform Blog Yang Tepat Untuk Anda

Platform Blog

Saat ini untuk membuat blog atau website sangat mudah karena adap berbagai platform yang bisa Anda gunakan seperti WordPress.org, WordPress.com, Blogger, Drupal, Joomla!, Tumblr, dan lain sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan CMS WordPress.org karena hingga saat ini platform WordPress menjadi yang terbaik dan paling populer di dunia.

WordPress menjadi platform terbaik dan paling populer dengan pengguna terbesar di dunia. Platform ini terkenal karena memiliki fitur pendukung yang lengkap dari SEO, keamanan, backup dan lain sebagainya. Untuk penggunaanya juga terbilang mudah karena Anda hanya tinggal klik dan instal jika ingin menambahkan plugin yang dibutuhkan.

3.  Tentukan Nama Domain 

Nama Domain

Domain menjadi bagian penting dalam proses membuat blog atau website. Domain sendiri adalah alamat situs Anda dengan ekstensi .COM, .ID, .NET dan lain sebagainya, dengan adanya domain ini maka website Anda bisa di akses oleh orang di internet.

Saat Anda membeli domain yang pertama kali harus dilakukan adalah menentukan nama alamat website Anda misalnya mantrabisnis.com, inetmetro.com, blogpraktis.com, dan lain sebagainya, silakan tentukan sesuai keinginan Anda, tentunya nama domain harus tersedia untuk bisa menggunakannya. Untuk itu cek terlebih dahulu ketersediaan domain murah di

4.  Memilih Penyedia Layanan Web Hosting Murah Terbaik

Layanan Web Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan berbagai kebutuhan website Anda mulai dari file, data, gambar, audio, video, dan lain sebagainya. Nah untuk membeli hosting ada banyak pertimbangan sebelum membelinya sebagai berikut:

  • Kualitas Performa Server Uptime 9%
  • Layanan fast response 24 jam
  • Garansi 30 hari uang kembali
  • Hosting termurah se-Indonesia
  • Teknologi dan fitur cangging

Idwebhost adalah penyedia layanan web hosting murah terbaik dengan teknologi canggih no.1 yang telah dipercaya lebih dari 100 ribu pelanggan saat ini.

5.  Instalasi Blog Self-hosted Dengan Platform WordPress 

Blog Self-hosted

Setelah Anda membeli hosting murah dari IDwebhost nantinya Anda akan diberikan akses ke member area disana ada informasi tentang domain dan hosting yang Anda miliki.

  1. Login ke cpanel Anda. Untuk akses ke cPanel bisa melalui domainanda.com/cpanel atau bisa dengan melalui member area hosting idwebhost.com. Setelah login cPanel cari menu Softaculous dan klik.
  2. Setelah Anda klik akan muncul platform CMS yang bermacam-macam kemudian klik CMS
  3. Akan muncul beberapa pilihan yaitu Install, Demo dan Selanjutnya silakan klik Install
  4. Setelah klik Install maka Anda akan mengisikan beberapa form yang tersedia:
  • Pada kolom “IN DIRECTORY” HAPUS tulisan “WP”
  • Form Login silahkan isikan sesuai keinginan Anda
  • Mengisi Password Anda
  • Mengisi Admin Email Anda
  • Setelah dirasa sudah sesuai kemudian scroll ke bagian paling bawah lalu klik Install. Tunggu proses instalasi sampai
  1. Setelah proses selesai Anda tinggal masuk ke dashboard admin anda : domainanda.com/wp-admin atau com/wp-login.php untuk melakukan posting, editing, ubah theme, dan lain sebagainya.

6. Tulis Konten Artikel Pertama Anda

Konten Artikel

 Karena website WordPress Anda sudah selesai terinstal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengisi konten yang ingin Anda buat. Konten menjadi salah satu bagian penting dari sebuah blog atau website.

Saat Anda membuat blog tentunya juga mengisi konten pada blog tersebut. Konten yang berkualitas adalah konten yang juga menerapkan optimasi SEO. SEO sendiri adalah teknik untuk optimasi website agar mendapatkan peringkat atas pada mesin pencari seperti Google, Bing, dan lain sebagainya.

Langkah membuat artikel berkualitas SEO: 

  1. Lakukan Riset Kata Kunci
  2. Tulis Artikel yang Berfokus
  3. Sebar Kata Kunci Sewajarnya
  4. Sisipkan Internal Link dan External Link
  5. Optimasi Gambar
  6. Gunakan Heading dan Subheading
  7. Usahakan Panjang Artikel Optimal
  8. Pastikan Tak Ada Kesalahan Penulisan
  9. Konsisten Menerbitkan Artikel
  10. Jangan Lupa Promosikan Artikel

Jika Anda adalah pemula yang tidak paham tentang SEO maka jangan berkecil hati, karena teknik SEO ini bisa dipelajari seiring berjalannya waktu. Saat Anda terjun di bidang websitemaka Anda akan terus berkembang dalam penulisan dan juga penerapan teknik SEO dengan sendirinya. Yang paling penting adalah konsisten untuk selalu rutin menerbitkan artikel blog Anda. Dengan demikian blog akan semakin kaya dengan konten yang lengkap.

Bonus “Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google” Masuk Ke Google Search Console

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Nah setelah membuat blog dan artikel konten diatas maka selanjutnya adalah memasukkan pada Google search. Fungsinya adalah agar konten yang Anda buat bisa lebih cepat terindex pada mesin pencari.

  1. Buka halaman Google Search Console
  2. Login menggunakan akun Google
  3. Pilih add property
  4. Pilih Domain Anda
  5. Masukkan nama website
  6. Salin kode verifikasi
  7. Buka halaman penyedia domain
  8. Tempel kode verifikasi ke DNS Configuration
  9. Klik Verify

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mencari tutorialnya di Google agar lebih mudah dalam memasukkan konten pada search console Google ini.

 

Cara Membuat Blog dengan Praktis Untuk Pemula

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *