Ketombe Basah dan Kering, Apa Bedanya?

Ketombe Basah dan Kering

Permasalahan ketombe kini sudah biasa dan sering terdengar di kalangan masyarakat. Bahkan, sudah banyak juga dari beberapa halaman internet yang memberikan informasi mengenai cara mengatasi ketombe.

Akan tetapi, sebelum mengatasi ketombe lebih baik pahami terlebih dahulu jenis ketombe. Untuk jenis ketombe dibedakan menjadi dua yaitu basah dan kering. Perbedaan lebih lengkapnya Anda bisa simak penjelasan di bawah ini.

Penjelasan Perbedaan Ketombe Basah dan Kering

Ketombe yang muncul pada bagian kepala bisa saja disebabkan karena mikroba yang yang disebut dengan Malassezia Globosa. Untuk jenis mikroba tersebut memang sudah ada disetiap kulit kepala manusia.

Setiap manusia mempunyai persentase 50% terkena serangan Malassezia Globosa atau sering disebut dengan ketombe. Munculnya ketombe inilah bisa membuat kulit kepala menjadi gatal dan bau.

Bahkan, kandungan satu mikroba tersebut bisa menjadi penyebab munculnya ketombe kering maupun basah. Untuk gejala munculnya ketombe kering biasanya muncul serpihan rambut di bagian bahu.

Sedangkan, untuk ketombe jenis basah bisa disebabkan akibat produksi sebum dari kelenjar minyak yang berlebihan. Maka dari itu, dengan hal tersebut bisa membentuk sisik berminyak di bagian kulit kepala dan menyebabkan infeksi.

Pada hal tersebut adalah gejala munculnya ketombe yang paling umum dan tampak. Akan tetapi, ada juga beberapa gejala munculnya ketombe lain yang harus diketahui. Untuk beberapa gejala lainnya adalah gatal, kekeringan dan kulit kepala berubah menjadi warna kemerahan atau iritasi.

Gejala kulit kepala yang bau dan gatal akibat dari ketombe kering atau basah ini bisa diatasi secara cepat dengan menggunakan zinc pyrithione. Dengan menggunakan cara tersebut sudah terbukti bisa membersihkan rambut dari segala jenis ketombe.

Tidak hanya itu saja, pada kandungan zinc pyrithione juga bisa melembabkan kulit kepala. Untuk Anda yang menggunakan secara rutin, maka bisa menghilangkan atau mengusir butiran ketombe dan mengatasi iritasi yang disebabkan oleh ketombe.

Perbedaan Bentuk Ketombe Basah dan Kering

Pada ketombe kering berbentuk seperti serpihan kecil dan tekstur berwarna keputihan. Selain itu, untuk Anda yang mempunyai banyak gerak bisa membuat ketombe kering mudah berjatuhan pada bagian bahu. Serpihan ketombe kali ini bisa menyebabkan gatal dan inflamasi pada bagian kulit kepala.

Sedangkan, ketombe basah mempunyai bentuk seperti serpihan kulit yang mengelupas dan ditandai dengan sisik berukuran besar. Pada saat disentuh untuk ketombe basah biasanya memberikan kesan berminyak dan lengket. Warna dari ketombe basah biasanya kuning. Munculnya ketombe basah bisa menyebabkan rasa gatal yang berlebih.

Perbedaan Cara Perawatan Ketombe Basah dan Kering

Ketombe kering bisa dirawat dengan menggunakan beberapa jenis pelembab yang mempunyai bahan ringan. Untuk cara penggunaan pelembab tersebut juga sangat mudah yaitu dengan mengoleskan pada setiap bagian kulit kepala sebelum tidur. Anda bisa mendapatkan rekomendasi produk perawatannya di pickybest.id atau situs sejenis.

Sehingga, dengan hal tersebut bisa membuat kandungan produk perawatan rambut atau emollient bekerja secara maksimal di sepanjang malam. Pada keesokan harinya, bisa membilas rambut sampai dengan bersih.

Jenis ketombe basah mempunyai cara perawatan rambut dengan cara selalu mengkondisikan kepala selalu higienis. Setidaknya, Anda bisa melakukan keramas secara rutin dan benar.

Cara tersebut bisa mengurangi produksi minyak dan kotoran yang menempel pada bagian kulit kepala. Selain itu, dengan hal tersebut bisa menghindari munculnya penyebab jamur yang menjadi penyebab munculnya ketombe.

Perbedaan Solusi Pengobatan Ketombe Basah dan Kering

Pada ketombe basah dan kering mempunyai solusi pengobatan yang berbeda-beda. Ketombe kering bisa dilakukan pengobatan secara psoriasis yang sudah banyak digunakan untuk menyembuhkan ketombe. Bahkan, dengan pengobatan psoriasis juga digunakan untuk meredakan rasa gatal.

Ketombe basah mempunyai solusi pengobatan dengan menggunakan pemilihan shampo anti ketombe yang tepat. Paling tidak shampo yang Anda pilih mempunyai kandungan bahan kimia aktif.

Itulah dia perbedaan ketombe basah dan kering yang harus Anda ketahui. Semoga adanya penjelasan diatas bisa memberikan informasi kepada Anda yang sedang mengalami permasalahan pada ketombe jenis basah dan kering.

 

Ketombe Basah dan Kering, Apa Bedanya?

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.