daftar iklan mgid

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan yang Ampuh dan Efektif

Bau badan memang kerap menjadi masalah baik pada pria maupun wanita. Oleh sebab itu, diperlukan cara mengatasi bau badan agar tidak mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Penyebab bau badan pada dasarnya bukan berasal dari keringat melainkan pada bakteri yang bersarang pada tubuh. Jutaan bakteri yang ada pada tubuh manusia sebenarnya juga memiliki peran penting sebagai pertahanan alami kulit.

Cara Mengatasi Bau Badan

Nah, untuk bertahan hidup, bakteri-bakteri baik tersebut berkembang biak di area yang lembab dan kaya nutrisi seperti pada ketiak manusia. Bakteri-bakteri tersebut juga memakan keringat manusia lalu memprosesnya dalam sistem metabolisme tubuh bakteri. Proses metabolisme yang terjadi inilah yang menyebabkan munculnya bau badan yang sangat mengganggu.

Cara Mengatasi Bau Badan

Sebenarnya ada banyak cara mengatasi bau badan agar tubuh tidak menimbulkan bau yang sangat menyengat. Tidak perlu repot-repot membeli berbagai macam produk anti bau badan karena beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar Anda juga bisa menjadi solusinya. Namun, jika telah menggunakan cara alami tapi tetap gagal maka Anda juga bisa mencobanya dengan langkah medis.

6 Cara Mengatasi Bau Badan yang Ampuh dan Efektif

Berikut ini merupakan beberapa cara alami dan juga treatment medis untuk membantu Anda dalam mengatasi bau tidak sedap pada tubuh.

1. Daun Sirih

Salah satu bahan alami yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi bau badan ialah daun sirih. Sejak dulu daun sirih memang telah dipercaya mampu menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh. Adapun cara mengolah daun sirih ini ialah dengan cara direbus. Anda cukup merebus beberapa lembar daun sirih saja dengan takaran dua gelas air. Kemudian, setelah mendidih, tuanglah air rebusan daun sirih tersebut ke dalam bak mandi. Gunakanlah air rebusan daun sirih tersebut untuk mandi setidaknya dua kali dalam sehari.

2. Cuka Sari Apel

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau tak sedap pada tubuh ialah dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel juga dipercaya berkhasiat untuk mengatasi bau badan secara cepat. Anda cukup mengoleskan cuka sari apel tersebut ke ketiak beserta lipatan-lipatan tubuh lainnya lalu diamkan selama kurang lebih lima belas menit sebelum mandi. Jangan lupa untuk menggunakan sabun saat mandi karena bekas cuka sari apel tidak mudah hilang jika hanya sekedar membasuh atau membersihkan tubuh Anda hanya dengan menggunakan air. Untuk hasil yang maksimal silahkan melakukan cara ini setiap hari sebelum mandi.

3. Baking Soda

Cara mengatasi bau badan selanjutnya ialah dengan menggunakan baking soda. Baking soda termasuk bahan alami yang bisa menetralkan sifat asam dan basa sehingga kemampuannya tersebut dipercaya mampu menghilangkan bau badan secara cepat. Untuk menggunakannya, silahkan mengaplikasikan baking soda tersebut langsung pada bagian tubuh yang Anda anggap memiliki  banyak keringat.

4. Memangkas Bulu Ketiak

Jika beberapa cara alami yang telah disebutkan sebelumnya masih belum ampuh mengatasi bau badan. Mungkin Anda bisa mencoba treatment waxing pada bulu ketiak Anda. Seperti yang telah diketahui, jika rambut yang tumbuh di area ketiak memang menjadi sarang berkembangnya bakteri penyebab bau badan. Oleh karena itu memangkas bulu ketiak bisa menjadi solusi yang tepat untuk mencegah munculnya bau badan yang berlebihan.

5. Botulinum Toxin

Medical treatment yang juga dikenal ampuh sebagai cara mengatasi bau badan ialah dengan melakukan botox atau juga dikenal dengan sebutan botulinum toxin. Untuk melakukan treatment ini maka tubuh Anda harus siap disuntik botox pada bagian yang memiliki jumlah keringat yang berlebihan. Treatment botox ini pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk satu kali treatment. Meskipun cukup lama tapi hasil botox ini bisa bertahan selama 8 bulan.

6. Pengangkatan Kelenjar Keringat

Jika beberapa treatment sebelumnya belum dirasa berhasil, mungkin Anda bisa mencoba proses pengangkatan kelenjar keringat. Pengangkatan kelenjar keringat ini pada umumnya bertujuan untuk mengurangi produksi keringat berlebihan pada tubuh Anda. Akan tetapi, sebelum mencoba metode treatment yang satu ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter Anda.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara mengatasi bau badan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *