Tips Memilih Hosting Untuk Website Pendidikan

Memilih Hosting Untuk Website

Saat sebuah lembaga pendidikan seperti sekolah, madrasah, perguruan tinggi, maupun tempat kursus memiliki website, maka itu artinya lembaga tersebut berkeinginan untuk menjangkau seluruh anggota lembaga tersebut, mulai dari siswa, pendidik, pengurus hingga orang tua, dari jarak yang sangat jauh secara online dan selalu aktif selama 24 jam penuh.

Oleh karena itu, akan dibutuhkan web hosting sebagai server yang aman untuk media penyimpanan file atau pun data lembaga pendidikan tersebut seperti tulisan, gambar atau video, nantinya dapat diakses dalam sebuah website secara online melalui browser.

Pengertian Web Hosting

Pengertian web hosting adalah sebuah perangkat komputer yang tersambung dengan layanan internet dan berfungsi untuk menyimpan data-data website agar dapat diakses siapa saja secara online dengan web browser.

Penyedia layanan web hosting umumnya disediakan oleh perusahaan hosting yang memberikan jasa layanan server dengan membangun sebuah infrastruktur komputasi backend khusus untuk mengakomodasi dan pemeliharaan situs web dan layanan terkait, yang dapat disewa oleh individu atau organisasi.

Kualitas hosting yang dipilih sangat menentukan sukses atau tidak website yang akan dibangun nantinya. Maka dari itu, pilihlah hosting murah, namun berkualitas, dan memiliki garansi untuk website pendidikan yang nantinya akan diakses dengan cepat oleh seluruh anggota lembaga dan masyarakat luas.

Tips Memilih Hosting Untuk Website Pendidikan

Jika website pendidikan belum dibuat atau masih dalam rencana, tidak ada salahnya mencoba layanan web hosting berjenis shared hosting (Hosting Berbagi Pakai) dimana layanan web hosting ini digunakan bersama dengan penyewa lain.

Selain harga sewa yang cukup murah dan cocok bagi yang pertama kali membuat website, layanan shared hosting memiliki banyak pilihan fitur unggulan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan website nantinya.

Lalu bagaimana memilih hosting yang tepat untuk Website Pendidikan?

1. Pertimbangkan Bandwidth Dan Kecepatan Server

Ketika akan memilih web hosting untuk website pendidikan, maka pertimbangan kecepatan server yang ditawarkan oleh penyedia web hosting menjadi sebuah hal yang utama.Dengan server yang cepat dan stabil, sudah tentu akan memberikan kepuasaan terhadap pengunjung ketika sedang mengakses website tersebut.

2. Sesuaikan Dengan Kebutuhan Visitor

Dalam memilih web hosting sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan visitor atau pengunjung web. Misalnya jika website visitornya lebih banyak berasal dari Indonesia, maka server yang terbilang cocok untuk website tersebut adalah server lokal Indonesia atau yang dekat dengan Indonesia, seperti server Singapore.

3. Mempertimbangkan Resource dan Teknologi

Dalam memilih web hosting perlu memperhatikan dan mempertimbangkan teknologi (fitur). Pastikan teknologi web hosting yang dipilih sudah menggunakan teknologi yang terbaru. Web hosting yang sudah menggunakan teknologi terbaru umumnya sudah memiliki fitur monitoring terhadap Disk Space, RAM, CPU, dan Inode.

4. Keamanan Data

Selain beberapa hal yang sudah dibahas diatas, hal lain yang perlu kita perhatikan dan pertimbangkan ketika akan memilih web hosting adalah keamanan data. Yang dibutuhkan adalah sebuah layanan server yang benar-benar memberikan keamanan data.

5. Harga Yang Terjangkau

Soal harga kadang kala menjadi sebuah pertimbangan apakah akan memilih layanan web hosting dengan harga murah atau layanan web hosting dengan harga yang mahal. Layanan web hosting yang mahal pun, belum tentu memberikan layanan yang berkualitas dan memuaskan.

Namun untuk urusan hosting kita bisa sewa melalui DomaiNesia, sebab DomaiNesia menawarkan layanan web hosting dengan harga yang terjangkau dan berkualitas sehingga website dapat diakses sangat cepat oleh pengunjung.

Fitur Unggulan Web Hosting DomaiNesia

Shared hosting DomaiNesia memiliki banyak pilihan fitur unggulan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan website. Pengguna akan mendapat:

  • Bandwith unlimited (tak terbatas).
  • Instant Deploy, fitur instalasi aplikasi website sekali klik. Instant Deploy mendukung aplikasi website Content Management System (CMS) seperti WordPress, Joomla, Drupal, PrestaShop, Bootstrap, CodeIgniter, Moodle, Laravel.
  • Selain itu, fitur hosting murah DomaiNesia lainnya WordPress Accelerator, Page Speed, dan Redis untuk menjamin kecepatan website.
  • Dari sisi keamanan, website akan dilindungi dengan Anti-virus, Anti-malware, dan Imunify360.
  • Untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan, DomaiNesia menggunakan control panel cPanel. Selain mudah digunakan, tidak dikenakan biaya tambahan bila menggunakan panel kontrol cPanel ini.
  • DomaiNesia memberikan gratis domain dan gratis SSL dengan membeli minimal paket Hosting Super dengan siklus 1 tahun. Sedangkan untuk Paket Hosting Bisnis Anda bisa mendapat domain gratis selamanya. Gratis domain ini hanya berlaku untuk ekstensi domain tertentu. Untuk SSL gratis, akan mendapat SSL Lets Encrypt.

Ada 7 pilihan paket hosting murah DomaiNesia.

Hosting Extra sesuai untuk yang baru pertama kali membuat website atau blog personal. Untuk Hosting Super dan Hosting Monster tersedia fitur akses SSH dan bisa menampung unlimited website (addon domain). Tersedianya akses SSH, bisa lebih mudah mengelola website.  Apabila ingin membuat toko online, website company profile, atau website forum bisa memilih Paket Hosting Bisnis. Mulai dari Hosting Mikro sampai dengan Hosting Exa. Karena Paket Hosting Bisnis memiliki spesifikasi CPU Core dan RAM yang tinggi.

 

Tips Memilih Hosting Untuk Website Pendidikan

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.