daftar iklan mgid

Tips Mudah Agar Jago Ngomong Bahasa Inggris

Apakah kamu masih merasa kesulitan untuk berbicara dalam bahasa Inggris? Padahal bahasa Inggris itu merupakan bahasa internasional serta bahasa yang banyak digunakan oleh orang sedunia. Maka sangat penting sekali untuk bisa berbahasa tersebut di era globalisasi ini.

Jago Ngomong Bahasa Inggris

Tips Jago Ngomong Bahasa Inggris

Well, Admin www.monilando.com mau berbagi tips mudah agar lancar berbicara dalam bahasa Inggris, berdasarkan pengalamannya.

Saya sudah memakai tips ini dari SMA dan tips ini membantu banget dari saya yang awalnya terbata-bata berbicara dalam bahasa Inggris menjadi seorang English debater saat SMA. Bahkan juri saat semifinal lomba debat tingkat provinsi berkata, “Your grammar is perfect,”

Here we go

Atur timer di ponselmu selama semenit. Ya, 60 detik. Lalu, tantang dirimu untuk mengobrol tentang satu hal dalam waktu 60 detik (tentu dalam bahasa Inggris ya!). Biarkan mengalir bebas. Anything. Nggak usah memikirkan grammar dulu. Pokoknya asal kamu bisa ngobrol dalam bahasa Inggris dalam semenit. Asal ngomong dulu. Bisa?

Ayo kita coba!

Let’s talk about book in a minute!

Mungkin pada awalnya kita akan loading alias mikir terlebih dahulu. Satu menit akan sedikit berbicara tentang buku seperti ini,

Mmm, book is…. Something that I love… I love reading book… My favorite genre is romance because I am a romantic person…. My favorite book is Twillight..”

Setelah itu, coba satu menit lagi. Masih tentang buku. Kali ini tentu akan lebih banyak yang kita bicarakan atau lebih berbobot yang kita bicarakan karena kita sudah tahu temanya.

Well, now let’s talk about books. Book is a window to the world. From books we can explore anything. When we read a novel, we feel like we are the characters. From the encyclopedia, we can learn science. From biographies, we can learn about the life stories of great people.The more we read book, the more open minded we’ll be. Therefore, reading is very important to be our daily habit,”

Begitu terus. Berulang-ulang. Practice makes perfect.

Awalnya, satu menit terasa lama karena kita masih berpikir apa yang akan kita bicarakan dan bagaimana mengucapkannya dalam bahasa Inggris. Namun, semakin sering kita berlatih maka akan semakin banyak yang kita bicarakan dan semakin lancar kita berbicara.

Latih terus satu tema semisal buku tadi sebanyak mungkin hingga dalam satu menit banyak hal yang kita bicarakan dengan lancar. Selanjutnya, ganti tema. Apapun. Pilih tema yang kamu suka atau kamu kuasai.

Satu tema untuk satu menit. Repeat.

Ulangi terus sampai kamu merasa bosan. Sampai dalam satu menit, banyak hal yang bisa kamu obrolkan seperti halnya ketika kamu berbincang dengan teman. Natural.

Jangan dituliskan ya. Mengalir saja. Ngomong apapun tentang tema tersebut meskipun melantur kemana-mana tidak apa-apa. Jika kesulitan dengan sebuah tema, kamu bisa berbicara tentang hal yang lebih mudah misalnya tentang keluarga atau paling mudah adalah berbicara tentang dirimu.

Misalnya kamu bisa berbicara tentang adikmu yang menggemaskan. Little brother.

Hi, my name is Andy. I have a little brother named Donny. He’s five year old. He’s very cute and adorable. He loves to imitate the way my mother speaks. He likes eating and swimming, like me. He follows me wherever I go. I really love him,”

Atau tentang dirimu.

“Hi, my name is Andy. I am seventeen-year old. I will graduate from high school this year. I am so excited because I will be college student. I like Mathematics so much that I want to pursue higher education in that field. Besides studying, I love football and swimming. My favorite football player is Mohamed Salah,”

Lakukan terus menerus dan kamu akan semakin jago ngomong dalam bahasa Inggris. English speaking is a skill that the more you practice, the more fluent you’ll become.

Awalnya terbata-bata lalu semakin lancar. Awalnya ngomong asal tanpa grammar, lama-lama akan merasa ada yang salah ketika menggunakan grammar yang tidak tepat.

Teruslah berlatih sehingga berbicara dalam bahasa Inggris terasa sama mudahnya dengan berbicara dalam bahasa Indonesia. ini Contoh Percakapan Bahasa Inggris Menjadi Guru.

Nah, demikian tips jago ngomong bahasa Inggris. Jadi, sudah siap berlatih?

 

Tips Mudah Agar Jago Ngomong Bahasa Inggris

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *