Latihan Dasar Untuk Visualisasi

Posted on

Tujuan Latihan Dasar Untuk Visualisasi adalah untuk melatih tingkat kejelasan gambaran mental yang diciptakan, dan tingkat penguasaan (kontrol) terhadap instruksi-instruksi yang diberikan.

Materi ini disampaikan atau dibacakan instruktur kepada siswa dengan memilih tempat yang tenang dan nyaman, serta kondisi tubuh dan pikiran harus sudah dalam keadaan kendur, tenang, dan rileks.

Latihan Dasar Untuk Visualisasi

 

Teknik Dasar Visualisasi

Latihan Pertama

Tutup mata anda (kamu).

Rasakan anda ada dalam keadaan rileks. Dalam keadaan rileks tersebut, bayangkan suatu tirai polos berwarna putih. Pada tirai tersebut visualisasikan/ bayangkan satu lingkaran penuh berwarna biru: warna biru yang indah dan sejuk.

Sekarang, biarkan lingkaran biru itu secara bertahap berubah warna menjadi hijau. Kemudian, biarkan lingkaran hijau itu berubah warna secara bertahap menjadi kuning: warna kuning yang indah, terang, dan mengkilat

Kemudian perhatikan warna kuning yang terang tersebut berangsur-angsur berubah menjadi kuning tua, oranye, kemerah-merahan, lalu menjadi warna merah yang benar-benar pekat.

Bubuhkan beberapa tetes cairan berwarna biru ke warna merah tersebut, dan perhatikan warna biru bercampur dan melumat ke dalam warna merah, sedikit demi sedikit merata tapi pasti menjadi warna keungu-unguan.

Sekarang, amati warna ungu menjadi lebih gelap – lebih gelap lagi sampai akhirnya berubah warna menjadi hitam: menjadi lingkaran berlubang tanpa dasar yang hitam dan kelam.

Sekarang lihat dengan jelas, sejelas-jelasnya, lingkaran hitam tersebut perlahan-lahan berubah menjadi sebuah kotak persegi panjang.

Selanjutnya perhatikan kotak berwarna hitam tersebut lambat-lambat berubah warna menjadi abu-abu. Kemudian secara bertahap menjadi lebih terang, lebih terang lagi, sampai warna abu menjadi putih, warna yang sama yang ada saat awal anda berimajinasi.

Latihan Kedua

Bayangkan diri anda memegang bola tenis.

Perhatikan baik-baik bola tersebut: warnanya, ukurannya, tekstur atau permukaan bolanya, dan setiap detil/ hal-hal rinci yang bisa anda bayangkan dari bola tenis tersebut. Bisakah anda sekarang membayangkan dengan gambaran mental yang anda ciptakan tersebut – sebuah bola tenis dengan amat mendetil?

Sekarang lihat diri anda sendiri meletakkan bola tenis tersebut dengan tangan kiri, ditengah-tengah raket yang anda pegang horisontal dengan tangan kanan dan tangan kiri membantu tangan kanan anda memegang raket, dengan bola tetap berada di tengah.

Lihat dengan jelas bola tenis itu tetap berada di tengah-tengah raket. Rasakan keseimbangan sempurna yang anda ciptakan, bola tidak bergeming, tetap berada di tengah raket. Rasakan begitu baiknya keseimbangan dan kontrol anda sehingga bola tidak bergeser sedikitpun. Rasakan dan dengarkan suara nafas anda yang halus dan terkontrol.

Lihat diri anda menggerakkan raket, bola terlempar sedikit ke atas, lalu jatuh kembali ke atas senar raket, dan anda berusaha sebaik-baiknya mengontrol kembali gerakan bola di atas senar raket anda. dan lihat, anda berhasil dengan baik, bola tersebut kembali ke posisi semula, di tengah-tengah raket, dalam keadaan diam.

Anda benar-benar mampu mengendalikan/mengontrol gerakan-gerakan anda. Anda memiliki rasa keseimbangan yang sempurna.

 

Latihan Dasar Untuk Visualisasi – Padamu Negeri

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *