Pengertian Atletik dan Sejarahnya

Pengertian Atletik

Atletik merupakan cabang olahraga yang melibatkan lari, lompat, dan lempar. Jenis kompetisi atletik yang paling umum adalah lintasan dan lapangan, seperti lari di jalan raya, lari lintas alam, dan jalan cepat. Salah satu cabang olahraga atletik yang paling populer di dunia adalah lari maraton.

Pengertian Atletik

Atletik dan olahraga terkait erat dan sering dikaitkan sebagai sinonim. Namun sebenarnya, ada perbedaan antara kedua istilah ini. Olahraga adalah aktivitas fisik yang melibatkan pergerakan tubuh manusia yang sengaja dilakukan untuk meningkatkan kesehatan atau mempertahankannya. Sementara itu, atletik adalah suatu cabang olahraga yang melibatkan perlombaan di mana para pesertanya berlari, lemparkan, dan lompat dengan tujuan untuk mendapatkan hasil tertinggi.

Atletik adalah cabang olahraga yang melombakan sejumlah acara yang berbeda. Melompat, berlari, melempar, dan lain-lain. Atletik juga termasuk obstalase course, yaitu acara di mana atlet menghadapi rintangan seperti jurang, sungai, dan pagar dalam perlombaan.

Banyak atlet yang sangat bagus dalam satu atau beberapa acara tertentu, tetapi ada juga atlet yang dapat bersaing dalam seluruh serangkaian acara. Jadi, dalam atletik Anda akan menemukan orang-orang dalam sepak bola, tetapi juga orang-orang dalam renang, lari cepat, jarak jauh dan lain-lain.

Istilah Atletik sendiri berasal dari kata Yunani, yaitu “athlos” yang berarti “pertandingan”. Olahraga ini berkembang di Universitas Oxford dan Cambridge pada abad ke-19. Sebagian besar atlet lari berasal dari Inggris, dengan jarak pertandingan sejauh 1 mil (1.609 km).

Sejarah Atletik

Atletik tergolong dalam olahraga yang menyediakan berbagai macam cabang perlombaan, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Sejarahnya berasal dari Yunani Kuno, yakni zaman pemerintahan seorang raja bernama Heracles, dan perkembangan pertandingannya mengalami peningkatan di era Konstantinus Agung.

Sejarah atletik dimulai dari masa pra-sejarah. Zaman ini adalah era sebelum adanya kedaulatan negara dan peradaban manusia. Pada zaman ini manusia mulai melakukan aktivitas fisik untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Aktivitas ini meliputi berburu, berladang, berjalan kaki dan lari.

Sejarah olahraga atletik dimulai pada tahun 776 SM, ketika lari jarak jauh adalah salah satu perlombaan acara pada Olimpiade Pertama di Olympia, Yunani. Di era modern ini, cabang-cabang utama olahraga atletik adalah Marathon, Lompat Tinggi, Lompat Jauh, Lompat Triplo Jauh dan Lari 110 Meter Berliku-liku (Hurdle Race).

Dalam era kuno, atletik diatur oleh badan olahraga yang disebut Panathenaic Games. Acara ini diadakan tiap 4 tahun sekali dan merupakan acara kebanggaan bagi orang Yunani. Sementara itu, perkembangan atletik modern dimulai ketika Baron Pierre De Coubertin mendirikan Federasi Internasional Olahraga Modern (FIMO) dan Kongres Olahraga Modern dunia pada 1897 silam.

Sementara itu, Olimpiade Pertama di Era Modern ini atletik menjadi salah satu cabang olahraga yang diselenggarakan secara resmi untuk pertama kalinya di Olimpiade Modern di Athena, Yunani pada tahun 1896. Dalam acara tersebut, Marathon adalah acara penutupnya

Konsep penyelenggaraan Olimpiade dimulai dari era ancient Greece ini. Olimpiade Dimulai setelah 4 tahun demi menghargai Plato Pharaoh Iosephus. Atletik juga menjadi cabang olahraga utama di Asian Games yang pertama diselenggarakan di New Delhi, India pada tahun 1951.

Setelah itu, atletik telah mengalami banyak perkembangan. Berbagai perlombaan dan event internasional telah diciptakan untuk meningkatkan popularitas atletik dan memacu para atlet untuk berprestasi lebih baik.

Cabang-cabang olahraga Atletik

Atletik adalah cabang olahraga yang mengadopsi kompetisi lari, lempar, lompat, dan tolak peluru. Selain itu, di dunia atletik juga dikenal istilah lari estafet. Lari estafet adalah gaya lari dimana seorang atlet menerima baton dari teman sejawatnya, kemudian menyerahkannya kembali setelah melewati garis finish.

Cabang atletik yang menempati peringkat tertinggi dalam olimpiade adalah lari cepat, dengan lari maraton menduduki peringkat kedua. Lari cepat dan lari maraton termasuk dalam kategori cabang atletik dasar.

Cabang Olahraga Atletik: Lari

  • Lari Jarak Pendek: 100 m, 200 m, dan 400 m.
  • Lari Jarak Jauh: 3 km, 5 km, 10 km, dan lebih dari 10 km.
  • Lari Estafet: 4×100 m dan 4×400 m.
  • Lari Maraton: 21 km hingga 42 km.
  • Lari Gawang: Berlari sambil melewati rintangan berupa palang rendah. 100 m (putri), 110 m (putra), dan 400 m (putra dan putri).

Cabang Olahraga Atletik: Lompat

  • Lompat Jauh
  • Lompat Tinggi
  • Lompat Galah
  • Lompat Jangkit

Cabang Olahraga Atletik: Lempar

  • Tolak Peluru: Berat mulai dari 2,76 kg hingga 7,26 g.
  • Lempar Lembing: panjang lembing 2,6-2,7 m untuk pria dengan minimum berat 800 gr. Sedangkan untuk putri 2,2 m-2,3 m dengan minimum berat 600 g.
  • Lempar Cakram: untuk pria memiliki berat 2 kg dengan diameter 22 cm, sedangkan wanita 1 kg dengan diameter 18 cm.
  • Lempar Martil: Berat bola 7,26 kg untuk pria dan 4 kg untuk wanita.

Cabang Olahraga Atletik Lainnya

  • Jalan Cepat: 20 km hingga 50 km.
  • Panahan: kelompok individu atau beregu.
  • Decathlon gabungan dari 10 cabang olahraga atletik yang dilakukan satu atlet pria yaitu lari (pendek, menengah, jauh), lompat jauh, lompat tinggi, tolak peluru, lempar cakram, lompat galah, dan lempar lembing.
  • Heptathlon penggabungan 7 cabang olahraga atletik untuk putri, yaitu lari (pendek, menengah), lompat tinggi, tolak peluru, lompat jauh, dan lempar lembing.

Kesimpulan

Atletik adalah salah satu cabang olahraga yang sangat populer. Atletik adalah olahraga yang mencakup berbagai kegiatan yang melibatkan berlari, lempeng, dan lompatan. Kata “atletik” berasal dari bahasa Yunani kuno, athletikos, yang berarti “pertandingan”.

Dimulai sebagai perlombaan jarak jauh di era Yunani Kuno, atletik telah berkembang menjadi sebuah cabang olahraga Olympian dengan berbagai macam lomba, dari 100 meter hingga maraton. Bahkan sekarang ini, atletik telah berkembang menjadi sebuah olahraga profesional yang diikuti oleh ribuan orang di seluruh dunia.

Atletik adalah salah satu olahraga rakyat dan olahraga paling populer di dunia. Di Amerika Serikat, atletik menduduki peringkat pertama dalam hal jumlah orang yang terlibat dalam olahraga, menurut Survei Olahraga Amerika 2015–2016, yang dilakukan oleh Asosiasi Olahraga dan Rekreasi Nasional (NRPA).

 

Pengertian Atletik dan Sejarahnya

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.