daftar iklan mgid

Alat-Alat Latihan Dalam Olahraga Tinju

Ketika kita berbicara tentang sebuah olahraga kita tak akan pernah lepas dari yang namanya alat latihan dalam olahraga. Alat latihan dalam olahraga bisa beraneka ragam jenis merek dan coraknya. Harga yang ditawarkan pun bermacam-macam mulai harga yang ratusan ribu bahkan ada yang mencapai jutaan rupiah. Tak terkecuali dengan alat-alat latihan dalam dunia tinju.

Alat-Alat Latihan Olahraga Tinju

Alat-Alat Latihan Olahraga Tinju

Merek serta model alat yang ada dalam latihan olahraga tinju memang sangat beragam dan beraneka jenis macamnya. Yuk kita intip alat-alat apa saja yang biasa digunakan dalam latihan tinju:

1. Samsak

Samsak merupakan alat yang harus dimiliki dalam latihan tinju. Alat ini mempunyai beragam jenis dan model tergantung dengan selera masing-masing petinju. Yang jelas kualitas ukuran serta bahan yang ada di dalam samsaklah yang menjadikan harga dari samsak itu sendiri berbeda-beda. Samsak memang snagat diperlukan dalam latihan tinju karena samsak sebagai salah satu alat yang dijadikan sasaran dari pukulan dan latihan dalam olahraga tinju.

2. Tali Skipping

Tali skipping sangat diperlukan dalam olahraga tinju terutama dalam melatih stamina, kelenturan tubuh dan juga otot-otot sang petinju. Bagi seorang petinju memiliki alat ini merupakan salah satu kewajiban yang harus dimiliki. Alat ini bisa tergolong tidak mahal mungkin untuk tali skipping dengan kualitas yang bagus bisa di beli hanya dengan uang seratus ribu rupiah. Selain melatih stamina alat ini juga berfungsi untuk menambah daya kelincahan seorang petinju ketika berada diatas ring.

3. Punch Mitt

Punch mitt merupakan salah satu alat yang biasa dipakai oleh para pelatih tinju. Alat ini mirip dengan bantal namun posisinya berada di tangan seorang pelatih. Fungsi alat ini adalah untuk mengarahkan pukulan dari seorang petinju.

4. Head Guard

Head guard memang terbilang sangat jarang dipakai untuk tinju kelas professional, yang sering kita lihat head guard dipakai oleh para petinju amatir yang ada di Indonesia. Head guard merupakan alat latihan standar yang sering dipakai oleh para petinju. Fungsi utama alat ini adalah mengurangi resiko cidera yang akan diderita oleh para petinju ketika sedang latihan.

5. Hand Wrap

Alat ini mirip dengan kain panjang yang dililitkan di atas lengan seorang petinju alat ini bisa terbilang sangat sederhana namun wajib dimiliki oleh seorang petinju. Alat ini berfungsi untuk mengurangi resiko dari pergeseran tulang dan otot seorang petinju.

6. Sarung Tinju

Sarung tinju digunakan setelah seorang petinju menggunakan hand wrap. Sarung tinju sendiri terbagi menjadi dua ada yang tebal dan ada yang tipis. Untuk sarung tinju yang tipis digunakan untuk latihan setiap hari sedangkan untuk sarung tinju yang tebal digunakan untuk pertandingan supaya tidak mudah terkena benturan ketika melakukan pukulan dalam pertandingan.

Demikian sekilas tentang peralatan wajib yang harus dimiliki oleh seorang petinju. Semoga bermanfaat.

 

Alat-Alat Latihan Dalam Olahraga Tinju

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *