Pemahaman Dasar Olahraga Diving dan Tips Diving

Olahraga Diving

Hampir semua olahraga air yang ada, memang membutuhkan lebih dari sekedar semangat saja untuk melakukannya. Karena aktifitas yang ada di darat dan dilaut sangatlah berbeda. Selain membutuhkan teknik dan skill perlu juga latihan yang rutin dalam melakukannya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika melakukannya. Demikian juga untuk olahraga Diving atau menyelam.

Pemahaman Diving

Pengertian Diving atau menyelam secara umum adalah bertahan di bawah air dan bukan renang. Menyelam  merupakan kegiatan bawah air yang dapat dilakukan untuk tujuan rekreasi, penelitian atau olahraga. Ini terdiri dari memasukkan air dan menenggelamkan seluruh tubuh. Itulah sebabnya, secara umum, kegiatan diving dikembangkan dengan bantuan beberapa jenis peralatan yang memungkinkan penyelam tidak harus naik ke permukaan untuk bernafas.

Diving adalah salah satu cabang olahraga yang sudah ada sejak zaman dahulu. Dalam pengertian cabang olahraga, selam dapat dikategorikan sebagai berikut: menyelam tanpa alat bantu pernapasan, misalnya selam permukaan dan selam bebas menyelam dengan alat bantu pernapasan, misalnya selam skuba dan surface supplied diving

Oleh karena itu diving juga memerlukan latihan dan kemampuan yang mumpuni untuk melakukannya. Karena jika terjadi kesalahan di dalam persiapan dan ketika melakukannya akan berakibat fatal bagi si penyelam itu sendiri, karena posisi si penyelam yang bukan lagi di daratan tetapi di lautan dan perlu penanganan yang berbeda dengan yang di darat.

Tips Olahraga Diving

Berikut akan kami paparkan beberapa tips yang dibutuhkan ketika anda melakukan diving di laut.

1. Mengenal Pemahaman Dasar

Mengenal pemahaman dasar tentang diving sangat diperlukan. Dengan memahami berbagai hal mendasar dalam diving diharapkan mampu membulatkan tekad dan niat anda dalam melakukan olahraga ini.

2. Latihan Dengan Ahlinya

Setelah niat anda sudah bulat akan melakukan olahraga ini. Berlatihlah dengan orang-orang yang benar-benar mengetahui dan mampu secara teknik dan skill dalam menyelam karena jika anda salah dalam memilih instruktur maka hal itu bisa berbahaya bagi keselamatan anda sendiri.

3. Atur Jadwal

Pengaturan jadwal yang tepat juga mampu memberikan kenyamanan bagi anda sendiri dalam melakukan olahraga ini. Usahakan anda benar-benar sudah terbebas dari segala urusan pekerjaan lainnya karena jika masih ada pekerjaan yang belum selesai maka konsentrasi dan pikiran anda tidak akan fokus dengan kegiatan diving anda.

4. Lakukan Pemanasan

Olahraga ini sama juga dengan olahraga lainnya yang membutuhkan pemanasan karena jika kita tidak melaksanakan pemanasan yang benar bisa-bisa kita mengalami kram otot ketika sedang melakukannya. Baca Latihan Teknik Pernafasan

5. Memilih Peralatan

Peralatan yang akan anda gunakan juga berpengaruh terhadap performa anda dalam melakukan penyelaman. Alat yang sesuai standar penyelaman sangat diperlukan agar anda tidak mengalami kendala yang berarti ketika sedang menyelam.

6. Penentuan Lokasi

Menentukan lokasi juga menentukan hasil dari penyelaman anda usahakan lokasi yang akan anda pilih benar-benar sudah aman dan sudah sering Dilakukan penyelaman sebelumnya di daerah itu. Hal ini bertujuan demi keselamatan anda sendiri yang sedang menyelam.

7. Lakukan Perlindungan

Aktivitas diving yang dilakukan di laut juga memerlukan perlindungan terutama kulit anda usahakan anda sudah memakai sunscreen agar kulit anda tidak terbakar oleh sengatan sinar matahari langsung. Selain itu perlindungan yang lain adalah anda mengajak orang-orang yang sudah berpengalaman dalam melakukan penyelaman. Karena mereka yang sudah berpengalaman memiliki cara-cara tersendiri dalam menghadapi segala ancaman yang akan ada ketika anda menyelam

Setiap olahraga yang ekstrim, termasuk diving, jika masih pemula memang tidak boleh dilakukan secara sendirian perlu orang-orang yang sudah ahli dalam melakukannya.

 

Pemahaman Dasar Olahraga Diving dan Tips Diving

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.