Mengenal dan Memahami Seni Keramik

Posted on

Keramik merupakan perabotan rumah tangga dengan bentuk sederhana seperti kendi, piring, mangkuk, dan gelas. Namun seiring perkembangannya seni keramik melahirkan inovasi-inovasi dengan berbagai macam bentuk dan fungsinya.

Keramik sudah ada sejak jaman purba di Indonesia. Konon katanya telah ditemukan benda purbakala yang terbuat dari bahan dasar keramik. Pengertian keramik sendiri awalnya mengacu pada satu kata, “Seramos” yang artinya tanah liat yang dibakar. Kata tersebut berasal dari Yunani kemudian berkembang di Indonesia sejak jaman nenek moyang yang dahulu sudah mengenal keramik sebagai salah satu bentuk seni rupa.

Dilihat dari bentuk dan fungsinya, keramik bermula hanya sebagai perabotan rumah tangga yang memiliki fungsi serta bentuk yang sederhana. Namun seiring perkembangannya keramik sangat maju dan berkembang, pasalnya di Indonesia begitu banyak pabrik-pabrik keramik dan jenis-jenis tanah tertentu yang menghasilkan bentuk, fungsi, serta kualitas yang berbeda.

Seni Keramik

 

Industri Seni Keramik

Di Indonesia sendiri mungkin orang lebih mengenal kasongan atau gerabah. Perlu diketahui Industri keramik di era sekarang bukan hanya sebuah seni saja tetapi telah memasuki era bisnis yang memiliki nilai jual tinggi. Banyak pengrajin keramik yang sudah mahir dalam membuatnya dengan berbagai macam inovasi dari bentuk-bentuk keramik. Keramik dapat berkembang menjadi nilai seni yang mempunyai nilai jual tinggi dari berbagai macam bentuk dan fungsinya

Salah satunya adalah Rumah Keramik Tanah Baru, Beji, Depok yang merupakan sebuah wadah penghasil keramik yang juga tempat belajar membuat keramik. Ditempat ini diajarkan bagaimana teknik membuat keramik dari mulai bahan dasar hingga menjadi sebuah keramik. Tujuannya adalah mengenalkan seni keramik pada anak sejak usia dini. Agar kreatifitas terus terlatih dalam membuat keramik dengan berbagai macam bentuk yang dihasilkan

Dalam membuat keramik yang pertama adalah kemauan, dan membuat keramik itu harus rapih dan padat. Hampir semua orang mengira membuat keramik itu mudah apalagi dengan teknik cetak, pada kenyataannya membuat keramik itu sulit dan tidak mudah melainkan butuh teknik, seperti menekannya, mengeluarkannya dan cara finishingnya.

Keramik yang paling bagus adalah, yang tekanannya padat dan rapih, sehingga dapat menghasilkan kesempurnaan. Mungkin semua orang bisa membuat keramik, tapi belum tentu menghasilkan yang sempurna.

Melihat kreasi dan tingkat kesulitannya, tentunya seni keramik harus tetap dilestarikan, agar tidak punah dan tergeser dari banyaknya kerajinan tangan plastik yang telah marak di jaman moderen ini. Karena seni keramik adalah warisan dari nenek moyang yang layak untuk terus dilestarikan.

 

Seni Keramik – Padamu Negeri

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *