daftar iklan mgid

Museum Fotografi Kediri

Salah satu wisata edukasi menarik di Jawa Timur yang wajib dikunjungi adalah museum fotografi Kediri. Meskipun bukan museum yang berisi koleksi benda-benda kuno yang berkaitan dengan dunia fotografi, namun di museum ini menyimpan sejarah kota Kediri yang diabadikan dalam bentuk seni fotografi.

Museum Fotografi Kediri

Museum Fotografi Kediri

Di Museum Fotografi Kediri pengunjung bisa melihat foto-foto yang jumlahnya lumayan banyak berkaitan dengan perjalanan sejarah kota Kediri yang dimulai dari abad 18 hingga abad 21. Sehingga pengunjung bisa belajar dan tahu perkembangan Kota Kediri dari waktu ke waktu dalam bentuk foto.

Tempat wisata edukasi Museum Fotografi ini berlokasi di Jalan Kapten Piere Tendean No.60/160, Ngronggo, Kota Kediri. Sebenarnya tempat ini merupakan rumah pribadi dengan bentuk bangunan lawas. Karena sang pemilik rumah memiliki hobi fotografi dan traveling maka rumah tersebut dibuat museum kecil untuk sedikit bercerita tentang wajah Kota Kediri di masa lalu.

Dalam perkembangannya, selain sebagai koleksi foto-foto juga dijadikan tempat koleksi berbagai tipe kamera, mulai dari kamera antik, kamera saku, hingga kamera DSLR dari masa ke masa. Nah, jika ada orang yang ingin belajar atau memiliki hobi dunia fotografi, sepertinya wajib untuk datang ke tempat wisata satu ini.

Untuk pengunjung yang berasal dari luar kota Kediri, tidak perlu khawatir dengan masalah penginapan. Banyak hotel di Kediri yang bisa menjadi pilihan untuk akomodasi selama di Kediri, mulai dari harga hingga fasilitas yang diinginkan.

Wisata Museum Fotografi Kediri yang dibuka sejak 2010 silam, memang belum terlalu hits. Bahkan warga Kediri sendiri pun masih jarang untuk datang. Apalagi tiket masuk dianggap relatif mahal bagi sebagian orang. Padahal banyak bule yang berkunjung serta fasilitas yang disediakan Museum Fotografi Kediri lumayan lengkap seperti toilet, mushola, parkir luas dan juga ada rumah makan.

Bagi yang ingin belajar atau menambah pengetahuan, barangkali tiket harga masuk bukan menjadi masalah karena akan mendapatkan edukasi dan wawasan lebih tentang fotografi juga sejarah masa lampau kota Kediri.

Untuk yang suka foto selfie, tempat ini bisa menjadi background yang menarik dan unik dengan menggunakan koleksi foto-foto klasik. Apalagi tidak ada larangan untuk berfoto-foto di area museum ini.

Jika ingin berkunjung ke Museum Fotografi Kediri ini, perlu diperhatikan bahwa museum hanya buka hari Sabtu dan Minggu atau hari-hari besar mulai pukul 10.00 – 17.00 wib.

Wisata Sejarah Kediri

Selain Museum Fotografi, masih banyak wisata edukasi lainnya di Kediri. Seperti kita ketahui bahwa dahulu, kawasan Kediri merupakan sebuah kerajaan besar bernama Kerajaan Medang yang diperintah oleh Prabu Airlangga, yang kemudian terbagi menjadi dua bagian dengan dibatasi Sungai Brantas.

Bagian Kerajaan Medang sebelah timur sungai menjadi Kerajaan Jenggala dengan rajanya Raden Jayengrana. Sedangkan bagian barat sungai diberi nama Kerajaan Kadiri dengan rajanya Raden Jayanagara. Dengan demikian banyak tempat petilasan atau peninggalan yang ada di sekitar kota Kediri yang menjadikannya sebagai obyek wisata saat ini.

Wisata Sejarah Kediri

Beberapa tempat wisata sejarah di Kediri, antara lain:

Museum Airlangga di Jl. Mastrip 1, Kawasan Wisata Selomangleng, Kediri yang menyimpan koleksi arca-arca batu seperti; Arca Siwa dan benda-benda peninggalan purbakala dari jaman kejayaan kerajaan Mataram Hindu, Kerajaan Kediri hingga kerajaan Majapahit.

Gua Selomangleng di Mojoroto, kaki Gunung Klotok yang merupakan tempat pertapaan “Sanggrama Wijayatunggadewi”  atau tempat bertapa Dewi Kilisuci, putri mahkota Raja Erlangga yang menolak menjadi pewaris tahta kerajaan.

Candi Surawana terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kediri yang merupakan candi Syiwa dan diperkirakan dibangun pada abad 14 untuk memuliakan Bhre Wengker, seorang raja dari Kerajaan Wengker yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Candi Tegawangi terletak di Desa Tegawangi, Kecamatan Plemahan, Kediri, bercorak Hindu diperkirakan dibangun pada akhir abad ke-14 atas perintah Raja Hayam Wuruk.

Candi Dorok yang terletak di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kediri, sebuah situs peninggalan sejarah yang berada dibawah permukaan tanah diakibatkan tertimbun material letusan abu vulkanik letusan gunung kelud.

Untuk berkunjung dan melihat tempat wisata sejarah secara mendetail tentu tidak cukup dalam sehari. Namun tidak perlu cemas karena di Kediri banyak hotel yang bisa menjadi sarana akomodasi. Bila ingin menginap, langsung pesan kamarnya di tiket.com karena bayak penawaran menarik untuk mendapatkan harga akomodasi terbaik.

 

Museum Fotografi Kediri

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *