Mengenal Apa Itu Asuransi TLO dan All Risk, Pilih yang Mana?

Asuransi TLO dan All Risk

Tidak bisa dipungkiri, kesadaran masyarakat Indonesia terhadap risiko kecelakaan di jalan semakin tinggi kian hari.

Terbukti, saat ini banyak polis asuransi mobil yang ditawarkan di Indonesia untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengemudi. Apakah Anda salah satu yang membutuhkannya?

Bagi Anda yang masih kebingungan memilih asuransi mobil yang tepat, segera kunjungi duitpintar.com/asuransi/mobil/ dan temukan beragam jenis produk asuransi terbaik yang sudah dipercaya masyarakat Indonesia selama puluhan tahun dan pastinya sangat layak untuk dipertimbangkan.

Alasan Mengapa Asuransi Mobil Sangat Penting

Menurut WHO, kecelakaan lalu lintas merupakan pembunuh terbesar ketiga di Indonesia. Tidak hanya berasal dari kita, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh orang lain. Mau berkendara ugal-ugalan atau tertib, siapa saja bisa menjadi korban lalu lintas.

Memang risiko terluka atau kematian bisa diminimalisir dengan meningkatkan keamanan. Namun risiko kerusakan mobil tidak bisa dihindarkan. Sudah pasti, pada kondisi ini semua orang butuh untuk mengasuransikan mobilnya agar menutupi biaya perbaikan.

Tidak hanya kecelakaan, begal dan pencurian kendaraan juga semakin meningkat dan menjadi alasan tambahan mengapa sebagian besar pemilik mobil memutuskan untuk membeli polis asuransi mobil. Tentu semua orang tidak ingin kehilangan mobilnya bukan?

Jika Anda ingin membeli polis asuransi mobil, Anda pasti akan dibingungkan dengan pilihan asuransi TLO atau All Risk.

Maka dari itu, penting bagi Anda dan semua orang mengetahui perbedaan antara kedua jenis polis asuransi mobil ini. Sebagai informasi tambahan, pastikan Anda menyimak ulasan apa itu TLO asuransi dan All Risk asuransi berikut ini.

Perbedaan TLO dan All Risk asuransi

Asuransi mobil dibagi menjadi dua kategori, berikut ini ulasannya untuk Anda.

1. Asuransi TLO

Asuransi TLO (Total Loss Only) artinya jenis asuransi yang akan menanggung biaya perbaikan apabila mobil rusak total. Singkatnya biaya perbaikan mobil yang bisa di klaim sama dengan atau lebih dari 75 persen harga mobil.

Artinya, perusahaan asuransi hanya menjamin biaya kerugian karena kerusakan parah atau pencurian di mana mobil sudah tidak bisa digunakan lagi.

2. Asuransi All Risk

All Risk asuransi ialah pertanggungan biaya pada segala jenis kerusakan mobil. Apakah itu kerusakan kecil maupun besar dari penyok hingga rusak total atau kehilangan mobil semua ditanggung oleh jenis asuransi ini.

Dikarenakan manfaat pertanggungan asuransi All Risk lebih luas, premi asuransi mobil All Risk biasanya dikategorikan lebih mahal dibandingkan asuransi TLO.

Kabar baiknya, saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan polis asuransi terbaiknya. Namun, pastikan Anda telah mempertimbangkan dengan bijak untuk menemukan polis asuransi paling tepat sebagai partner kerja sama.

Tips Tepat Memilih Asuransi Mobil yang Bagus

Sangat penting menyesuaikan kebutuhan nasabah dengan produk asuransi mobil yang tepat. Setidaknya terdapat beberapa poin penting yang wajib dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan membeli polis asuransi mobil, yaitu:

1. Pilih jenis asuransi All Risk

Memang asuransi TLO preminya lebih murah, hanya saja risiko kerugian yang ditanggung polis asuransi ini sangat terbatas. Sangat berbeda dengan asuransi All Risk yang menawarkan proteksi mobil lebih lengkap.

2. Jangan lupa bandingkan produk polis asuransi dari berbagai perusahaan

Seperti yang diketahui saat ini ada banyak perusahaan asuransi mobil di Indonesia. Sebaiknya Anda membandingkannya terlebih dahulu secara detail dengan mengisi leadform perbandingan. Pastikan pula pilihan Anda memiliki reputasi yang baik.

3. Pilih perusahaan terpercaya

Ingat jika Anda sudah selesai membuat perbandingan, pilihlah perusahaan asuransi terpercaya yang telah terdaftar secara resmi di OJK.  Lebih bagus jika perusahaan asuransi menyediakan promo dan premi terbaik.

4. Pilih perusahaan yang memiliki bengkel kerja sama yang luas

Jika diperhatikan secara umum perusahaan asuransi memiliki kerjasama dengan kurang lebih 400 bengkel yang tersebar di Indonesia.

Meski demikian, ada juga perusahaan yang bisa bekerjasama hingga 500-an bengkel rekanan. Beberapa di antaranya ialah asuransi mobil Sinar Mas, Garda Oto dan lain sebagainya.

Dengan begini, saat terjadi kerugian Anda lebih mudah untuk mengajukan klaim di semua bengkel rekanan perusahaan asuransi.

Besar kemungkinan Anda mendapatkan bengkel rekanan yang lokasinya paling dekat dengan domisili Anda.

 

Mengenal Apa Itu Asuransi TLO dan All Risk, Pilih yang Mana?

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.