Pengertian Majas, Macam Dan Contoh Majas

Posted on

Pengertian majas adalah gaya bahasa yang menggunakan persamaan, perbandingan serta kata-kata kiasan lainnya untuk memperjelas penyampaian maksud dan tujuan.  Terkadang kalimat-kalimat maupun ucapan yang disampaikan penulis maupun pembicara belum begitu jelas, perlu dipertegas atau untuk menambah estetika, diperlukan majas. Secara singkat penggunaan majas tertentu dalam gaya bahasa dapat mengubah serta menimbulkan konotasi tertentu dengan membandingkan suatu benda atau hal tertentu dengan benda atau hal lain yang lebih umum.

Pengertian Majas Dan Macam Majas

Sering kali majas dianggap sinonim (persamaan atau padanan kata) dari gaya bahasa. Namun sebenarnya majas merupakan bagian dari gaya bahasa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan bahwa majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain; kiasan.

Majas termasuk dalam tataran semantik yaitu cabang linguistik yang mempelajari arti/makna yang terkandung pada suatu bahasa, kode, atau jenis representasi lain, karena hanyalah suatu kasus khusus dari fungsi implisit (dalam metafora, metonimi, sinekdok, litotes, ironi, dan lain-lain).

Secara internasional majas merupakan a figure of speech (stylistic device atau rhetorical device) yaitu salah satu teknik untuk memberikan tambahan makna, gagasan, atau perasaan dengan menggunakan sebuah kiasan (perangkat gaya atau perangkat retoris ) untuk memberikan penekanan, kesegaran ekspresi, atau kejelasan.

 

Macam-macam Dan Contoh Majas

Banyak macam majas yang ada, baik itu digunakan untuk tuturan maupun tulisan. Namun secara umum, gaya bahasa majas diklasifikasikan menjadi empat macam, yaitu

  1. Majas penegasan (gaya bahasa perulangan);
  2. Majas perbandingan (gaya bahasa perbandingan);
  3. Majas sindiran (gaya bahasa pertautan);
  4. Majas pertentangan (gaya bahasa pertentangan).

Berikut beberapa majas yang sering digunakan beserta contohnya.

Majas berdasarkan urutan abjad, halamana [A – I] dan halaman [K – T]

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *