daftar iklan mgid

Promosi dan Strategi Jualan di Instagram

Saat ini, untuk membuat dan melakukan bisnis online semakin mudah. Selain melalui marketplace yang sudah ada maupun membuat website toko online sendiri, bisa juga melalui media sosial (medsos) seperti facebook, instagram, dan lain sebagainya. Berbagai fitur dan kemudahan yang ditawarkan medsos dapat dimanfaatkan untuk berjualan online. Dan salah satu medsos yang kini semakin dilirik oleh pebisnis online sebagai promosi jualan adalah Instagram atau yang sering disingkat dengan IG.

Promosi dan Strategi Jualan di Instagram

Instagram (IG) dianggap mempunyai kekuatan yang luar biasa sebagai sarana bisnis online oleh para pebisnis. Data pengguna Instagram di Indonesia saat ini diperkirakan berjumlah 157.5 juta dan akan terus meningkat seiring peningkatan jumlah pengguna internet yaitu sekitar 202 juta dan pengguna HP Android sekitar 160 juta orang.

Promosi di Instagram

Promosi adalah bagian dari strategi marketing, termasuk juga untuk bisnis online. Bisnis online dapat memanfaatkan media sosial sebagai kanal marketing digital untuk mempromosikan produk.

Salah satu media sosial yang dapat digunakan adalah Instagram yang terbukti efektif sebagai media promosi dengan menggunakan strategi jualan yang tepat. Instagram, menurut sebagian besar pebisnis online, dianggap memiliki jenis konten visual yang lebih menarik. Sehingga tingkat engagement Instagram lebih tinggi dibandingkan media sosial lainnya.

Awalnya Instagram dibuat sebagai aplikasi jejaring sosial untuk berbagi foto dan video yang digunakan pada ponsel pintar. Setelah diakuisisi Facebook pada tahun 2012, fitur layanan baru mulai disematkan agar dapat berinteraksi dengan para pengguna Instagram lainnya. Misalkan Instagram Stories, Instagram Direct, Instagram Question. Jadi, tidak lagi sebagai tempat untuk membagikan foto dan video saja.

Seiring jumlah pengguna semakin meningkat, maka Instagram pun menambahkan fitur-fitur untuk para pelaku bisnis, seperti iklan berbayar maupun posting organik dan berbagai fitur-fitur lainnya sebagai penunjang bisnis. Terlebih saat ini peran video sangat penting dalam menunjang keberhasilan bisnis.

Namun, cara promosi di Instagram diperlukan juga strategi maupun trik-trik tertentu yang mungkin berbeda dengan media lain. Untuk itu, ada beberapa trik dan strategi dasar cara berjualan di Instagram yang perlu diketahui, terutama bagi pebisnis online Instagram pemula.

Strategi Jualan di Instagram

Layaknya semua bisnis yang memiliki strategi penjualan, bisnis online melalui Instagram pun juga memiliki sebuah strategi jualan. Meskipun ada berbagai fitur dan kemudahan, namun trik dan strategi jualan di Instagram tetap diperlukan, agar penjualan berjalan efektif dan sesuai harapan. Nah, bagaimana strategi yang tepat tersebut?

Berikut rangkuman trik dan strategi dasar cara berjualan yang terbukti berhasil dilakukan oleh pebisnis online melalui instagram.

1. Buat Akun Khusus Jualan

Jika ingin bisnis online menggunakan Instagram, maka buat akun khusus jualan. Bedakan dengan akun pribadi, agar bisnis terlihat lebih profesional.

Strategi jualan di Instagram adalah dengan menggunakan nama akun jualan yang mengandung kata kunci atau keyword terhadap barang yang dijual beserta lokasinya. Misalkan: @bajumurah_surabaya, @gudegenak_DIY, dll.

Dengan menggunakan nama akun dengan mengandung keyword, akan memudahkan orang untuk menemukan akun di pencarian Instagram.

2. Cari Followers Sebanyak Mungkin

Jumlah followers di instagram akan menciptakan peluang penjualan bisa lebih tinggi. Semakin banyak followers akan semakin banyak peluang produk akan laris. Oleh karena itu carilah followers sebanyak mungkin yang nantinya bisa menjadi pelanggan setia.

Trik yang dapat dilakukan di Instagram adalah me-follow akun yang tertarik dengan jenis produk yang sama dengan produk yang Anda jual. Misalkan ada akun yang suka kuliner, kemudian di-follow, dan kemungkinan bisa menjadi pelanggan jika produk yang Anda jual adalah makanan. Anda juga bisa follow akun Instagram rekan-rekan Anda, kerabat dan kemudian mempromosikan jualan Anda.

Perlu diketahui bahwa Engagement Rate Instagram, lebih banyak ditentukan oleh beberapa faktor seperti like, share, comment, view, dan repost. Semakin tinggi Engagement Rate sebuah postingan di Instagram, maka dapat menarik followers lainnya untuk ikut berkomentar, sehingga semakin besar kemungkinan terjadinya transaksi penjualan. Jika ingin mendapatkan lebih follower yang nantinya like, share, comment, view, dan repost, bisa gunakan jasa RajaKomen.

situs rajakomen.com
homepage rajakomen.com

 

3. Upload Foto dan Video Produk dengan Keterangan Menarik

Barangkali Anda bisa upload foto dan video apa adanya di akun pribadi. Namun sebaiknya jangan dilakukan di akun jualan Instagram. Bagaimanapun juga foto atau video bisa menggambarkan atau mewakili produk yang Anda jual.

Strategi yang dapat dilakukan adalah dengan meng-upload foto dan video yang terbaik dengan menambahkan keterangan atau caption yang singkat dan jelas tentang keunggulan produk yang dijual. Termasuk harga yang ditawarkan.

4. Hashtag Produk Jualan

Salah satu yang paling menonjol di Instagram adalah penggunaan tagar atau hashtag (simbol #). Dengan menyertakan hashtag di foto dan video produk jualan, maka nanti semua update postingan yang telah dibuat akan lebih terorganisir dan terkelompok dengan baik.

Selain itu, menurut beberapa sumber, tagar atau hashtag juga dapat menambah jumlah followers dan kepopuleran, untuk memudahkan pencarian lokasi, untuk akses promosi produk di Instagram, dan untuk mempermudah menemukan suatu event.

Untuk itu, strategi jualan di Instagram adalah menggunakan tagar atau hashtg sesuai dengan produk jualan, misalkan #Bajumurahsurabaya, #Makananenakhalal, dll.

5. Upload Testimoni dan GiveAway

Dalam marketing penjualan, testimonial dapat diartikan pernyataan tertulis atau ucapan seseorang yang memuji keutamaan suatu produk. Dengan adanya testimoni ini banyak pelanggan maupun calon pelanggan akan menjadi tertarik dan lebih yakin dan percaya kepada produk yang dijual.

Strategi jualan di Instagram dengan meng-upload testimoni dalam bentuk screenshot chat real, merupakan langkah tepat agar penjualan semakin meningkat. Selain itu, program giveaway dengan membagikan produk secara gratis sebagai hadiah kepada pelanggan dengan persyaratan tertentu bisa juga menaikkan omzet.

Bila Meski cara jualan di Instagram ini terbilang mudah, namun Anda tetap memerlukan konsultasi dengan ahli digital marketing yang tepat. Tujuannya agar promosi digital yang dilakukan bisa berjalan dengan efektif.

Itulah promosi dan strategi jualan di Instragram yang perlu diketahui oleh pebisnis online. Namun, bila ingin sukses tidak ada salahnya menggunakan jasa konsultan bisnis, ikut forum bisnis online maupun belajar kepada pebisnis di Instagram yang telah sukses. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi para pelaku bisnis online pemula.

 

Promosi dan Strategi Jualan di Instagram

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *