daftar iklan mgid

Contoh Parafrase Puisi Ke Prosa

Seperti yang telah disebutkan dalam artikel sebelumnya tentang pengertian parafrasa yang pada dasarnya mengubah atau mengalihkan suatu bentuk bahasa menjadi bentuk bahasa yang lain tanpa mengubah pengertian atau kandungan artinya. Dengan kata lain parafrasa adalah pengungkapan kembali suatu tuturan menjadi tuturan yang lain tanpa mengubah pengertian.

Parafrase Puisi Ke Prosa

Contoh Parafrase Puisi Ke Prosa

Membuat parafrase puisi artinya mengubah puisi menjadi bentuk prosa/narasi yang tunduk pada aturan-aturan prosa, namun tidak mengubah makna isi puisi tersebut.

Untuk membentuk sebuah prosa dari puisi perlu diketahui isi puisi tersebut. Artinya yang melakukan parafrase (penulis) harus menemukan gagasan pokok pada kalimat utamanya. Tujuan untuk mencapai hal tersebut. penulis perlu memilih kata atau kalimat yang sesuai atau yang sepadan dan efektif dan mudah dipahami.

Berikut ini contoh parafrase puisi menjadi prosa.

Puisi Nelayan

Nelayan setiap hari kau pergi
Ke laut untuk mencari ikan
Untuk memenuhi kebutuhan keluarga
Walau ada badai dahsyat kau tak peduli.

Bentuk Parafrase puisi ke prosa

Nelayan setiap hari pergi ke laut untuk mencari ikan tanpa kenal lelah. Dia melakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga di rumah yang selalu menanti dengan penuh kecemasan.Walau ada badai dahsyat yang menerpa, namun dia tetap tak peduli demi kelangsungan hidup sehari-hari.

Puisi Kerbau

Kerbau
berekor dan bertanduk
membantu petani membajak sawah
Kerbau
berwarna abu-abu
membantu petani sepanjang hari
tanpa lelah letih
Kerbau
berekor dan bertanduk
menemani petani
hingga panen tiba

Bentuk Parafrase puisi ke prosa:

Kerbau mempunyai ekor, tanduk, dan berwarna abu-abu. Kerbau membantu petani di sawah. Kerbau berguna untuk membajak sawah. Kerbau membajak sawah sepanjang hari tanpa mengenal lelah dan letih. Setelah membajak sawah, kerbau tetap setia menemani petani hingga masa panen tiba.

Puisi Tangisan Air mata Bunda

Dalam Senyum kau sembunyikan letihmu
Derita kala siang dan malam menimpamu
tak sedetik pun menghentikan langkahmu
Untuk bisa Memberi harapan baru bagiku

Bentuk Parafrase puisi ke prosa:

Ibu tetap tersenyum walaupun dalam kondisi letih. Meskipun bekerja keras ketika siang dan malam, tidak pernah sedetik saja ia menyerah. Untuk tetap bisa memberikan harapan baru bagi anaknya.

Puisi Aku (Chairil Anwar)

Kalau sampai waktuku
‘Ku mau tak seorang ‘kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu

Bentuk Parafrase puisi ke prosa

Kalau si aku meninggal, ia menginginkan jangan ada seorangpun yang bersedih, bahkan juga kekasih atau istrinya.Tidak perlu juga ada sedu sedan yang meratapi kematian si aku sebab tidak ada gunanya.

 

Contoh Parafrase Puisi Ke Prosa

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *