daftar iklan mgid

Tips Menulis Artikel yang Baik untuk Menempati Rangking 1 di Google

Segala usaha telah dilakukan untuk menempati rangking 1 di Google. Banyak keuntungan yang didapatkan jika website Anda bisa menempati posisi tersebut. Namun, tentu tidak mudah. Salah satu hal yang harus terpenuhi adalah konten atau artikel yang di-posting merupakan artikel yang berkualitas.

artikel seo

Berikut tips menulis artikel yang baik dan berkualitas.

1. Jangan Terlalu Fokus pada SEO

Kebanyakan blogger pasti menerapkan SEO pada setiap konten yang dibuatnya agar bisa terbaca oleh Google dan menempati peringkat pertama. Padahal, cara ini sudah ketinggalan zaman. Sekarang ini, Google telah beralih dari SEO-friendly menjadi human-friendly. Jadi, Anda tidak perlu lagi fokus pada panjang artikel, keyword density, penggunaan subheader dan lain sebagainya.

Sekarang ini, peringkat hasil pencarian ditentukan oleh perilaku manusia, seperti berapa lama pengunjung membaca artikel tersebut, seberapa sering pengunjung berkunjung ke website, dan lainnya sehingga akan lebih baik jika menulis artikel yang berkualitas tanpa batasan SEO.

2. Pelajari Karakter Target Blog

Menentukan target pengunjung blog atau website sangat penting dalam tips menulis artikel  untuk blog karena bisa memengaruhi bagaimana artikel akan dibuat. Isi dan gaya bahasa artikel untuk anak muda tentu akan berbeda jika targetnya orang tua.

Sebelum menulis artikel, Anda harus tahu karakter pengunjung blog Anda, apakah anak muda, orang tua, pelajar dan lain sebagainya. Apabila pengunjung Anda sebagian besar anak muda, maka gaya bahasa yang dipakai bisa lebih santai dan konten yang dibuat lebih kekinian.

Baca juga : pakai SSL murah untuk blog

3. Judul yang Menggugah

Judul menjadi bagian yang paling penting untuk memikat hati pengguna Google. Judul yang baik adalah judul yang mampu membuat orang penasaran dan ingin membuka atau membaca lebih lanjut isi dari artikel tersebut.

Untuk mendapatkan judul yang baik, pemilihan katanya harus tepat. Sekarang ini, orang-orang lebih suka dengan judul yang mengandung kata jaminan, seperti cara mudah, cara praktis, tips ampuh dan lain sebagainya. Namun, pastikan jika judul yang Anda buat sejalan dengan isi dari artikel tersebut.

4. Hindari Paragraf Terlalu Banyak Kata

Dari dulu, mungkin kita diajarkan untuk menulis 5-6 kalimat untuk membentuk paragraf. Namun, hal ini rasanya kurang efektif untuk penulisan artikel web. Sebagian besar pengunjung web, akan membaca artikel dengan cepat sesuai yang dibutuhkan. Padahal, kita ingin pengunjung berlama-lama di web Anda.

Oleh karena itu, buatlah paragraf dengan 2-3 baris saja agar tidak terlalu banyak kata. Selain itu, menerapkan penulisan piramida terbalik juga bisa dilakukan, yaitu dengan mengawali tulisan dengan manfaat dari membaca artikel ini.

5. Menggunakan Format Tulisan yang Tepat

Bukan hanya isi konten, tapi format tulisan pada artikel juga memengaruhi minat pembaca untuk terus berada di website atau blog Anda. Sayangnya, banyak orang yang kurang memperhatikan format penulisan artikel ini.

Format tulisan yang bisa menarik pembaca adalah menggunakan format yang mudah dibaca, line-height 1.5-2cm, ukuran font 14-22px, margin di bawah paragraf 1.5-2cm dan lebar horizontal 480-720px. Selain itu, Anda bisa menggunakan banyak gambar, list, atau subheader agar lebih menarik.

6. Tulislah Artikel yang Berbobot

Kualitas artikel sangat penting untuk diperhatikan sebagai tips menulis artikel. Jika kita membahas artikel yang sepele atau semua orang tahu, maka akan sedikit orang yang tertarik untuk mengunjungi web Anda. Berbeda jika artikel yang ditulis membahas banyak hal terkait tema Anda.

Misalnya, Anda ingin membahas tentang lidah buaya, maka Anda bisa menuliskan pengertian, jenis lidah buaya, pemanfaatan dan lain sebagainya. Artikel yang berbobot biasanya lebih panjang, tapi artikel panjang belum tentu berkualitas.

7. Gunakan Keyword LSI

Dalam menulis artikel di web atau blog, Anda juga perlu memperhatikan keyword LSI. Manfaat dari penggunaan keyword LSI adalah mampu meningkatkan ranking dan relevansi untuk keyword utama serta mendapatkan ranking untuk sejumlah long tail keyword.

Tak perlu bingung menentukan keyword LSI karena Anda hanya perlu melakukan pencarian di Google dengan menuliskan keyword utama. Setelah muncul hasil pencarian, scroll ke bawah hingga Anda menemukan beberapa keyword berwarna biru. Anda tinggal memilih salah satu atau beberapa sebagai keyword LSI.

8. Periksa Tata Bahasa dan Ejaan

Tata bahasa yang baik akan membuat pembaca lebih mudah memahami isi artikel. Begitu juga sebaliknya, jika ada kalimat yang sumbang atau pemilihan kata yang tepat, maka makna dari artikel pun bisa berbeda sehingga bacalah tulisan Anda terlebih dahulu sebelum posting.

Selain tata bahasa, Anda juga harus memperhatikan ejaan. Ada salah dalam pengetikkan mungkin manusiawi, tapi sebenarnya Anda bisa menghindari hal ini dengan menggunakan software atau aplikasi KBBI pada penulisan artikel sehingga akan ada tanda jika terjadi kesalahan penulisan.

Itulah tadi informasi mengenai beberapa tips menulis artikel yang bisa Anda lakukan untuk membuat artikel yang berkualitas dan menarik banyak pengunjung. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berkarya!

 

Tips Menulis Artikel untuk Menempati Rangking 1 di Google

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *