daftar iklan mgid

Ketahuilah 5 Tugas Pokok Human Capital Management Dalam Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan, terdapat berbagai elemen yang sangat penting. Contohnya adalah Human Capital Management atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan sumber daya manusia. Ya, manusia menjadi salah satu aset yang sangat berharga dalam sebuah perusahaan karena menjadi penggerak dalam segala bidang.

Human Capital Management

Pengertian Human Capital Management

Menurut seorang ahli yang bernama Chatzkel, Human Capital Management adalah sebuah usaha untuk mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia. Tujuannya adalah untuk mencapai tingkatan tinggi yang penting secara kinerja.

Dari pengertian tersebut dapat terlihat pentingnya sumber daya manusia. Oleh karenanya, diperlukan Human Capital Management System yang tepat untuk mencapai tujuan.

Tugas Pokok Human Capital Management

Kehadiran Human Capital Management memang sangatlah penting karena menjalankan tugas yang dibutuhkan perusahaan. Jika tugas tugas tersebut dijalankan dengan baik, maka perusahaan akan bisa berjalan dengan baik. Namun, jika kurang terlaksana dengan baik, bisa saja terjadi kekacauan dalam perusahaan. Berikut merupakan beberapa tugas pokok tersebut.

1. Merekrut Karyawan Baru

Tugas pertama adalah melakukan proses perekrutan karyawan baru. Jadi, tugasnya dimulai sejak awal proses perekrutan hingga akhirnya mendapatkan karyawan baru.. Contohnya saja mulai dari memasang iklan lowongan kerja, menyeleksi calon karyawan, interview dan tes tertulis. Bahkan, pengurangan karyawan karena pensiun, habis kontrak atau PHK juga merupakan tugas Human Capital Management.

2. Memberikan Job Description

Dalam Human Capital Management System, mendapatkan penjelasan mengenai job description merupakan proses selanjutnya setelah rekrutmen. Nah, bagian ini juga merupakan tugas dari seorang Human Capital Management. Tujuannya supaya karyawan baru semakin memahami tugas mereka sesuai posisinya di perusahaan.

3. Menentukan Beban Tugas Setiap Karyawan

Beban tugas karyawan akan berbeda setiap waktu bergantung kondisi perusahaan. Contohnya saat perusahaan sedang berkembang, tugas karyawan jelas akan semakin bertambah. Disini skill Human Capital Management diperlukan untuk menentukan keputusan akan menambah karyawan atau cukup dengan menambah jam kerja karyawan.

4. Validasi Data

Suatu perusahaan tentunya mempunyai banyak sekali data yang harus dijaga atau diolah setiap saat. Contohnya saja data data berupa klaim jaminan sosial, form gaji karyawan, surat permohonan cuti dari karyawan dan beberapa data lainnya. Disini Human Capital Management harus mengecek serta melakukan validasi untuk memastikan tidak ada kesalahan.

5. Mengatur Gaji Karyawan

Gaji adalah sebuah upah dan bentuk apresiasi dari perusahaan kepada setiap karyawan atas kerja kerasnya. Oleh sebab itu, Human Capital Management harus memastikan setiap karyawan rutin mendapatkan gaji yang layak sesuai kerjanya. Jika jumlah karyawannya sangat banyak, diperlukan Human Capital Management System yang pas untuk meminimalisir kesalahan dalam memberikan gaji.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai tugas Human Capital Management yang penting bagi sebuah perusahaan. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda mengenai salah satu bagian penting perusahaan tersebut.

 

Tugas Pokok Human Capital Management

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts