daftar iklan mgid

5 Tips Sukses Usaha Kuliner Online dengan Cloud Kitchen Indonesia

Bisnis kuliner merupakan industri yang tak akan pernah mati karena menjadi kebutuhan utama masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi pula, bisnis kuliner online menjadi solusi belanja yang efisien dan cepat. Pelaku usaha kuliner online perlu menerapkan sejumlah giat sukses, salah satunya dengan menggunakan cloud kitchen Indonesia.

Kuliner Online dengan Cloud Kitchen

Usaha Kuliner Online dengan Cloud Kitchen

Pasar digital diprediksi akan terus berkembang, sehingga semua sektor harus bergerak jika tak ingin ketinggalan. UMKM saat ini pun, sebagian besar telah bekerjasama dengan perusahaan Gojek atau Grab agar menjangkau lebih banyak konsumen. Selain itu, pebisnis juga perlu menerapkan sejumlah tips di bawah ini:

1. Optimalkan Promosi Digital

Seperti namanya, usaha kuliner berbasis digital mengandalkan pengguna internet dan media sosial sebagai pasar potensial mereka. Karena itu, keterlibatan seluruh platform wajib untuk meningkatkan penjualan.

Sebagai awal, gunakan seluruh fitur bisnis semisal pada aplikasi agar meningkatkan brand awareness. Jika hal ini tercapai maka penjualan otomatis akan meningkat.

2. Lengkapi Profil Produk dan Perusahaan

Jika menggunakan aplikasi layanan pesan antar, pasti tersedia profil mengenai deskripsi makanan dan profil perusahaan.

Gunakan semua fitur tersebut untuk melengkapi data terutama detail produk dari foto, harga, deskripsi menu hingga manfaatnya. Profil ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen mengenai kualitas serta layanan dari perusahaan.

3. Perhatikan Rating sebagai Evaluasi

Masih mengenai aplikasi pesan antar, dimana rating merupakan salah satu fitur untuk memberi penilaian terhadap sebuah restaurant langsung dari konsumen. Jangan menyepelekan rating rendah meski hanya sedikit. Biasanya konsumen akan menulis deskripsi berdasarkan penilaiannya, jika memang kesalahan terdapat pada rasa, kemasan atau layanan maka segera lakukan evaluasi secara keseluruhan.

Bagaimanapun, rating akan menjadi pertimbangan penting bagi sebuah restaurant online jika ingin bertahan. Rating standar untuk aplikasi sebesar 4.5 bintang, angka ini terbilang ideal karena mencakup penilaian atas rasa, kemasan, tampilan dan layanan. Semakin baik kualitasnya maka semakin tinggi pula peluang konsumen kembali, termasuk pembeli baru.

4. Maksimalkan First Impression

First impression adalah bagian penting dari sebuah usaha, terlebih kuliner. Jika mereka merasa tidak puas dengan kualitas restaurant baik dari segi rasa atau pelayanan maka besar kemungkinan konsumen mereka tak akan kembali untuk membeli. Karena itulah customer feedback perlu menjadi perhatian khusus agar mempertahankan pelanggan loyal.

Sebagai pendatang baru misalnya, perhatikan semua aspek yang bisa berpengaruh terhadap penilaian. Terutama rasa, kebersihan dan pelayanan, ketiga point ini adalah komponen paling penting untuk dilihat. Anda bisa membuat kuisioner digital khusus sebagai acuan jika ingin melakukan evaluasi.

5. Ciptakan Dapur Multi fungsi yang Efisien dengan Everplate

Karena tidak menyediakan tempat makan, usaha kuliner berbasis online tentu mengandalkan dapur sebagai tempat produksi utama. Melalui tempat inilah proses produksi, pengemasan hingga pengiriman keluar. Karena itu, gunakan dapur multi fungsi sekaligus efisien dalam satu waktu

Fungsi mencakup keseluruhan alat, ruang yang cukup hingga tempat khusus pengiriman makanan. Setiap area harus memiliki fungsi agar setiap tempat bisa berguna, dengan begitu Anda bisa melakukan efisiensi biaya dan tenaga namun di waktu bersamaan tetap menunjang kualitas produk. Dapur multi fungsi dan efisien tersebut bisa didapatkan dengan menggunakan Everplate, virtual kitchen profesional yang memenuhi standar kebersihan dan kualitas alat hingga tempat strategis.

Berbagai fitur juga menarik untuk digunakan, yakni software khusus pengelolaan pesanan konsumen sehingga lebih muda dalam pendataan. Software cloud kitchen Indonesia ini akan membantu proses pemesanan, produksi hingga distribusi langsung ke tangan konsumen sesuai estimasi.

 

Kuliner Online dengan Cloud Kitchen

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *