daftar iklan mgid

5 Strategi Memotivasi Anak Untuk Belajar Matematika

“Anak susah belajar matematika? Atau bahkan Si Kecil tidak menyukai matematika? Strategi apa saja yang harus dilakukan agar anak bisa menguasai materi matematika?”

Anak akan gemar belajar matematika jika dilakukan dengan langkah yang menyenangkan
Image credit: Freepik

Memotivasi Anak Untuk Belajar Matematika

Matematika adalah ilmu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Semua unsur kehidupan ini bisa diukur dan dihitung dengan menggunakan matematika. Namun mengapa sangat sulit mempelajarinya?

Beberapa pertanyaan di atas menjadi pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh Keluarga Kiddo di Indonesia yang kesulitan dalam proses belajar matematika anak. Sudah bukan rahasia lagi jika matematika menjadi pelajaran yang sulit bagi kebanyakan anak di sekolah, tetapi ternyata hal ini bisa diatasi dengan beberapa strategi yang akan memotivasi anak untuk belajar matematika.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini Kiddo.id akan membahas berbagai informasi mengenai strategi atau langkah yang tepat untuk membuat Si Kecil termotivasi belajar matematika. Penasaran apa saja informasinya? Yuk simak di bawah ini.

5 Langkah Dalam Membuat Belajar Matematika Anak Semakin Menyenangkan

Mama dan Papa bisa melakukan beberapa cara di bawah ini sebagai metode pembelajaran matematika yang menarik bagi Si Kecil. Yuk intip informasinya berikut ini.

1. Perlihatkan Semangat dalam Mengajar

Strategi pertama yang bisa Mama Papa lakukan untuk membuat Si Kecil gemar belajar matematika adalah dengan menunjukan bahwa Mama dan Papa bersemangat untuk mengajar Si Kecil. Hal ini sangat mempengaruhi semangat belajar matematika anak karena jika Mama menunjukan ekspresi yang tidak antusias, maka Si Kecil pun akan ikut tidak semangat dan begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, pastikan selalu menunjukan semangat di depan Si Kecil saat belajar matematika.

2. Temukan Cara yang Menarik

Meskipun terbilang sulit dipahami, ternyata matematika juga menjadi pelajaran yang sangat menyenangkan jika dilakukan dengan cara yang menyenangkan pula. Papa bisa mulai dengan mencari hal-hal yang menarik dalam belajar matematika dan praktekkan pada Si Kecil. Dengan menggunakan metode yang menyenangkan, Si Kecil pun tidak akan mudah bosan dan akan selalu semangat belajar matematika.

Mama bisa memulai dengan mengajarkan perkalian dengan jari atau sejenisnya. Menghitung perkalian dengan jari akan lebih terasa menyenangkan bagi Si Kecil dibandingkan dengan menggunakan metode tertulis. Belajar matematika anak dengan metode yang menarik memang belum dilakukan oleh banyak Keluarga Kiddo karena kurangnya informasi yang tersedia. Namun, bersama Kiddo.id semua bisa dilakukan.

3. Gunakan Contoh Nyata

Matematika memang sangat membantu bagi kehidupan, oleh karena itu Mama dan Papa bisa mulai dengan menemukan berbagai contoh nyata yang menggunakan matematika bagi Si Kecil. Dalam belajar matematika anak, Si Kecil akan lebih tertarik jika dibarengi dengan contoh yang ada dan semangat belajar matematika pun tidak akan kendor.

Dengan memberikan contoh matematik yang nyata. Si Kecil akan lebih memahami bahwa matematika adalah ilmu yang bermanfaat dan bisa digunakan untuk apapun. Selain itu, Si Kecil juga akan lebih mudah paham terhadap setiap pembelajaran yang diberikan jika dibarengi dengan contoh yang ada di kehidupan.

4. Ubah Pola Pikir Si Kecil

Banyak anak yang menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Hal inilah yang membuat banyak anak tidak terlalu menyukai matematika karena materinya yang terbilang ribet dan sulit dipecahkan. Untuk mengubah pola pikir tersebut, Mama dan Papa harus bisa mengubah pikiran Si Kecil menjadi lebih positif. Mama bisa mulai mengenalkan bahwa matematika adalah tantangan bukan rintangan, dan motivasi lainnya.

5. Beri Jeda

Anak pastinya selalu menginginkan kebebasan dan melakukan berbagai kegiatan yang mereka inginkan. Nah untuk itu, Keluarga Kiddo harus bisa menyeimbangkan antara belajar matematika dan bermain. Kebutuhan Si Kecil dalam bermain harus tetap terpenuhi agar kreativitas mereka semakin meningkat. Jadi, Mama dan Papa harus memberi jeda antara belajar dan bermain bagi Si Kecil.

Kiddo.id menyarankan waktu belajar bagi Si Kecil di pagi hari karena suasana otak yang masih fresh. Beda halnya jika Mama dan Mama melakukan belajar matematika di siang hari, suasana hati dan pikiran Si Kecil akan sulit untuk mencerna setiap informasi yang diberikan, belum lagi jika Si Kecil yang rewel ingin bermain di tengah hari bersama teman-temannya.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai apa saja strategi dalam membuat belajar matematika anak menjadi lebih menyenangkan. Meskipun dalam mengajar matematika kepada Si Kecil terbilang sulit, tetapi Mama dan Papa harus memiliki semangat yang tinggi dan jangan menyerah dalam membimbing mereka.

Jika Mama dan Papa masih kesulitan dalam mengajar matematika bagi Si Kecil, Keluarga Kiddo bisa berkunjung langsung ke laman kiddo.id untuk mendapatkan berbagai informasi parenting lengkap lainnya. Apa itu Kiddo.id?

Kiddo.id adalah sebuah platform yang menyediakan berbagai informasi penting mengenai parenting dan ilmu bermanfaat lainnya yang akan mendukung Mama dan Papa dalam memaksimalkan potensi Si  Kecil. Di situs Kiddo.id terdapat ribuan informasi parenting dan juga edukasi yang sangat bermanfaat dan bisa menjadi acuan bagi Keluarga Kiddo dalam mendidik Si Kecil.

Kiddo.id juga menyediakan banyak kegiatan kursus pilihan yang sudah banyak membantu Mama Papa lainnya untuk membuat potensi yang dimiliki oleh Si Kecil tumbuh dengan baik. Beberapa kegiatan yang bisa dipesan melalui Kiddo.id adalah workshop anak, privat, les, hingga layanan pijat untuk ibu dan bayi.

Selain belajar matematika anak, ternyata Kiddo.id memiliki banyak pilihan kegiatan bermanfaat lainnya. Tidak heran sudah banyak Keluarga Kiddo.id yang mempercayakan anaknya untuk tumbuh kembang bersama. Nah sekarang giliran Mama!

Sumber:

  • https://www.ruangguru.com/blog/7-strategi-untuk-memotivasi-siswa-belajar-matematika
  • https://www.sekolahdasar.net/2019/08/strategi-untuk-memotivasi-siswa-belajar-matematika.html
  • https://www.prestasiglobal.id/5-strategi-memotivasi-murid-untuk-belajar-matematika/

 

5 Strategi Memotivasi Anak Untuk Belajar Matematika

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *