5 Cara Mudah Untuk mengobati Sakit mata, Dijamin Ampuh !

Sakit mata

Sakit mata umumnya menimbulkan gejala seperti mata merah, gatal, berair, nyeri, dan bengkak. Sakit mata biasanya disebabkan oleh iritasi, alergi, infeksi virus, bakteri, atau bahkan jamur atau parasit.Meskipun mungkin hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu, sakit mata tentu saja mengganggu kehidupan sehari-hari Anda. Oleh karena itu, sakit mata harus segera diobati. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan bahan-bahan alami yang Anda miliki di rumah.

Cara Mengobati Sakit Mata

Di sini ada beberapa cara  yang telah dirangkum dari indozone untuk mengobati sakit mata dengan cepat dan alami, sehingga Anda tidak perlu minum obat. Obat sakit mata alami ini membantu mengurangi mata bengkak, membersihkan mata merah, dan meredakan bengkak.

1. Gunakan daun sirih

Daun sirih

Daun sirih adalah obat yang sangat mujarab untuk mata merah dan konjungtivitis. Ini karena antioksidan dalam daun sirih dapat membantu melawan infeksi bakteri dan jamur.

Sebuah penelitian di American Journal of Clinical and Experimental Immunology menemukan bahwa daun sirih sebenarnya membantu membunuh stafilokokus dari usapan mata pada pasien konjungtivitis.

  1. Ambil beberapa lembar daun sirih, cuci bersih
  2. Rebus daun sirih dan bumbui dengan sedikit garam
  3. Biarkan rebusan daun sirih dingin
  4. Gunakan untuk membersihkan ketiga kalinya dalam sehari

2. Kompres dengan kantong teh

Ilustrasi Kantong teh

Kafein dalam teh mengandung antioksidan yang meningkatkan aliran darah ke kulit.

Selain itu, kafein membantu menghilangkan penumpukan cairan yang menyebabkan kembung. Berikut langkah-langkah mengobati sakit mata secara alami dengan teh celup:

  1. Siapkan teh celup yang baru diseduh
  2. Dinginkan di lemari es selama beberapa menit
  3. Letakkan kantong teh dingin di atas mata
  4. Biarkan selama 15-30 menit

3. Letakkan irisan mentimun

Mentimun untuk obat mata
Mentimun untuk obat mata (pixabay/No-longer-here)

Mentimun mengandung sifat antibakteri yang dapat melawan infeksi mata. Zat anti-inflamasi dalam mentimun juga mengurangi pembengkakan dan nyeri mata. Oleh karena itu, mentimun sering digunakan sebagai obat alami sakit mata dan sangat efektif.

  1. Iris tipis mentimun
  2. Rendam sebentar dalam air dingin
  3. Oleskan ke kelopak mata tertutup

4. Teteskan larutan saline

Larutan saline untuk obat mata
Larutan saline untuk obat mata (medicalnewstoday.com)

Saline adalah cairan yang mengandung 0,9% NaCl. Saline juga biasa disebut dengan saline. Seperti garam, garam bersifat antibakteri dan dapat melawan agen infeksi. Saline tersedia di apotek tanpa resep. Cara cepat mengobati sakit mata dengan garam:

  1. Oleskan larutan garam ke mata yang sakit
  2. Biarkan kering sebentar
  3. Lap dengan tisu
  4. Oleskan 3-4 kali sehari

5. Kompres es batu

Es batu untuk obat sakit mata
Es batu untuk obat sakit mata (pixabay/Hans)

Salah satu cara untuk mengobati sakit mata adalah dengan menggunakan es batu yang ditekan di sekitar mata. es batu mengurangi peradangan dan membantu sirkulasi darah bekerja dengan lancar. Kesejukan es batu juga menenangkan kulit kelopak mata yang bengkak dan memungkinkan air mengalir.

  1. Buang es batu sampai bersih
  2. Tutup dengan handuk atau kain
  3. Letakkan es batu pada mata yang sakit

Diamkan selama 15 menit Inilah beberapa cara cepat dan alami untuk mengobati sakit mata tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Untuk penanganan lebih lanjut, segera konsultasikan ke dokter.

 

5 Cara Mudah Untuk mengobati Sakit mata, Dijamin Ampuh !

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *