daftar iklan mgid

Perlunya Doktes Spesialis Anak di SehatQ.com

Mengapa perlu dokter spesialis anak? Apakah tidak cukup jika yang menangani si kecil hanya dokter umum saja? Ataukah membawa anak ke dokter umum terlebih dulu sebelum membawa si kecil ke dokter spesialis anak? Mungkin banyak orang tua memiliki pertanyaan serupa di atas, tatkala si buah hati sakit.

Doktes Spesialis Anak

Doktes Spesialis Anak

Sebelum membahas perlunya dokter spesialis anak, terlebih dahulu mengenal siapakah dokter spesialis anak itu.

Dokter Spesialis Anak adalah seorang ahli pediatrik (pediatrician) yaitu seorang tenaga kerja di bidang kesehatan yang memiliki fokus pada kesehatan fisik, emosional, mental, tumbuh kembang khusus kepada anak-anak.

Pengertian Pedriatik atau pediatrician dalam Bahasa inggris adalah “penyembuh anak-anak”. Istilah ini berasal dari dua kata dalam Bahasa Yunani: παῖς (pais “anak”) dan ἰατρός (iatros “dokter, penyembuh”).

Seperti halnya dokter spesialis lainnya, untuk menjadi seorang dokter spesialis anak atau ahli pediatri harus menempuh pendidikan setidaknya selama 7 (tujuh) tahun di Fakultas Kedokteran. Bahkan pendidikan yang harus ditempuh bisa lama lagi jika ingin menjadi dokter sub-spesialis anak.

Untuk dokter spesialis sub-spesialis anak akan lebih fokus lagi untuk mendalami sebuah bidang di dalam spesialisasinya seperti gastroenterologi untuk ilmu penyakit perut anak, kardiologi untuk ilmu jantung anak, atau endokrinologi untuk ilmu hormon anak, dan lain sebagainya.

Bila Si Kecil Sakit

Jika anak tiba-tiba sakit, tentunya para orang tua akan panik dan berusaha mengatasi sedini mungkin. Namun terkadang usaha pertama untuk memberi berbagai pengobatan untuk meredakan sakit Si Kecil, tidak kunjung membaik. Jika usaha tidak berhasil, maka membawa anak ke dokter tentu menjadi pilihan terbaik bagi orang tua.

Hanya saja, seperti di kalimat awal tulisan ini, Apakah cukup membawa si kecil dokter umum, atau membawa langsung ke dokter spesialis anak?

Bagaimanapun juga seorang dokter spesialis pastinya berawal dari dokter umum yang kemudian menempuh pendidikan spesialis. Dan tugas utama seorang dokter adalah menyelesaikan masalah kesehatan yang terkait dengan penyelamatan, pengobatan, perawatan pada orang yang sakit.

Sedangkan perbedaan yang umum atau mendasar antara seorang dokter umum dengan dokter spesialis adalah pemberian layanan kesehatan yang komprehensif kepada si pasien. Dengan demikian dokter umum memiliki peran penting dalam perawatan medis awal dan membuat rujukan pasien ke dokter spesialis yang sesuai jika diperlukan.

Oleh karena itu, orang tua tidak perlu panik untuk memilih dokter yang tepat untuk anak. Dokter umum atau spesialis. Anak dengan keluhan penyakit yang tidak serius atau penyakit yang umum terjadi pada anak, cukup ditangani oleh dokter umum. Namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk membawa anak ke dokter spesialis anak.

Kapan ke Dokter Spesialis Anak?

Untuk bayi yang baru lahir membawa ke dokter spesialis anak sangat disarankan untuk mendapatkan kepastian kesehatannya sangat baik.

Dokter umum pastinya akan merekomendasikan ke dokter spesialis anak jika ada keluhan terhadap Si Kecil cukup serius atau perlu dimonitor oleh dokter spesialis.

Seperti halnya pada orang tua, anak perlu dokter spesialis jika memiliki masalah kesehatan serius sehingga perlu mendapatkan penanganan khusus.

Dokter umum merupakan dokter yang paling banyak dijumpai, bahkan ada hingga di pelosok daerah. Dan dokter umum memiliki peran penting dalam perawatan medis awal serta sering berhadapan dengan kesehatan keseharian, termasuk juga kesehatan anak. Dan yang pasti, jika diperlukan dokter umum akan merujuk pasien ke dokter spesialis yang sesuai.

Doktes Spesialis Anak di SehatQ.com

SehatQ hadir untuk membantu mengelola kesehatan keluarga Indonesia. Perjalanan kesehatan dimulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit, dan perawatan setelah sembuh. Kebutuhan masing-masing individu berbeda, bergantung kepada riwayat keluarga, lingkungan tempat beraktivitas, dan kondisi individu tersebut.

Tim SehatQ menyiapkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel, menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya, dan chat dokter untuk menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan.

Perlunya Doktes Spesialis Anak di SehatQ.com

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *