6 Agama Besar di Indonesia Beserta Tempat Ibadah dan Hari Besarnya

6 Agama Besar di Indonesia

Tahukah anda di setiap negara yang ada di dunia pastinya memiliki keagamaan dan sistem kepercayaan yang berbeda beda terhadap penciptanya. Indonesia sendiri menurut laman indozone memiliki beberapa keagamaan dan sistem kepercayaan sendiri di setiap daerah berdasarkan sejarahnya masing- masing.

6 Agama Besar di Indonesia

Saat ini ada 6 Agama Besar di Indonesia. Adanya perbedaan agama di Indonesia didasari oleh Pasal 28E ayat (1) UUD 1945, setiap warga negara bebas memeluk agama dan beribadah sesuai agamanya.

Pada awalnya, pemerintah Indonesia hanya mengakui 5 agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha. Namun, setelah era reformasi, ditandai dengan Keputusan Presiden (Keppres) No. 6/2000, pemerintah memperbolehkan agama taau kepercayaan konghucu Kembali masuk ke Indonesia.

1. Islam

Islam adalah agama terbesar di Indonesia, Islam pun tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. sejarah islam yang kental dan penyebaran yang cepat menyebabkan mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama islam.

Jumlah pemeluk agama ini sekitar 87,2% atau lebih dari 207 juta orang. Hari raya agama Islam adalah Idul Fitri dan Idul Adha. Sedangkan, tempat ibadahnya merupakan masjid.

2. Protestan

Protestan muncul setelah protes Marthin Luther pada tahun 1517. Di Indonesia sendiri, pemeluk agama Protestan ada sebanyak 6,9% dengan kitab suci bernama Al-Kitab atau Injil.

3. Katolik

Katolik merupakan salah satu agama di Indonesia yang denominasi (suatu kelompok keagamaan yang dapat diidentifikasikan di bawah satu nama, struktur, dan/atau doktrin) dalam agama Kristen. Agama ini pertama kali muncul di Indonesia saat bangsa Portugis sampai di kepulauan Maluku.

Orang Maluku pun menjadi orang beragama Katolik pertama di Indonesia. Hari besar agama di Indonesia ini adalah Natal atau Kelahiran Yesus Kristus.

4. Hindu

Agama Hindu saat ini memiliki jumlah 1,7% penganut dengan daerah penganut hindu terbesarnya yaitu pulai Bali. Agama Hindu selalu melakukan persembahyangan di pura.

Penganut agama Hindu memiliki kitab suci bernama Weda. Untuk hari raya Umat Hindu, adalah Nyepi, Kuningan, dan Galungan.

5. Buddha

Agama Buddha awalnya berasal dari India dan menjadi salah satu agama tertua di dunia serta Indonesia. Saat ini, jumlah pemeluk agama Buddha di Indonesia mencapai 0,7%.

Para penganut Buddha selalu bersembahyang ke Vihara saat perayaan upacara keagamaan, seperti Waisak. Kitab suci agama Buddha adalah Tripitaka.

6. Khonghucu

Urutan agama di Indonesia yang terakhir adalah Khonghucu. Agama ini berasal dari orang-orang Tionghoa yang berdatangan ke Indonesia. Saat ini agama Khonghucu di Indonesia berjumlah 0,05% dengan kitab suci bernama Shishu Wujing.

Hari besar Konghucu yang sering kita dengar yaitu Tahun baru Imlek, Festival Ching Ming, dan ulang tahun konfusius.

Sumber artikel lainya yang menjelaskan tentang agama agama di Indonesia juga dapat anda baca di Indozone.id.

 

6 Agama Besar di Indonesia Beserta Tempat Ibadah dan Hari Besarnya

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.