daftar iklan mgid

Apa Itu Nitrogen? Keunggulan Isi Angin Dengan Nitrogen

Saat kita sedang melakukan pengisian angin di SPBU tentu saja kita akan mengisi ban kita dengan angin Nitrogen, karena memang di SPBU sendiri penggunaan angin Nitrogen memang dipakai untuk pengisian angin ban.

pompa angin nitrogen

Sebenarnya apa itu Nitrogen? kenapa SPBU menggunakan Nitrogen dalam pengisian angin pada ban kendaraan kita?

Tentu saja penggunaan Nitrogen pada pengisian angin ban bukan tanpa alasan. Hal ini karena Nitrogen memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan pengisian angin biasa. Apa saja keunggulan Nitrogen dibandingkan pengisian angin biasanya?

Apa Itu Nitrogen? 6 Keunggulan Nitrogen

Apa itu Nitrogen? Nitrogen adalah gas yang tersedia di alam yang tidak memiliki sifat merusak. Udara yang saat ini sedang kita hirup memiliki kandungan Nitrogen sebesar 78%, malah sisanya yaitu Oksigen hanya 21%. Nitrogen dulu awalnya hanya digunakan untuk ban MotoGp atau F1 karena memiliki sifat yang tidak mudah terbakar dan tidak merusak. Namun saat ini Nitrogen digunakan untuk semua kendaraan darat lainnya.

Kenapa Nitrogen banyak digunakan saat ini? kenapa tidak menggunakan pengisian angin biasa saja? Berikut dibawah ini adalah beberapa keunggulan isi angin dengan Nitrogen.

1. Nitrogen Memiliki Molekul Lebih Besar

Nitrogen mempunyai molekul yang lebih besar dibandingkan pengisian angin biasanya. Dengan molekul yang lebih besar ini tentu saja akan membuat kita nyaman saat berkendara. Kemudian selain itu molekul yang terdapat pada Nitrogen ini tidak akan mudah menguap karena panas. Dengan begitu ban motor menjadi lebih awet. Berbeda dengan pengisian angin biasa.

2. Lebih Jarang Menambah Angin

Seperti yang saya katakan diatas jika mengisi angin ban dengan Nitrogen tentu saja bisa bermanfaat agar kita tidak mudah menambah angin lagi. Penggunaan Nitrogen untuk pengisian ban motor tentu saja bukan tanpa alasan, sebab Nitrogen sendiri tidak mudah menguap sehingga ban motor menjadi tidak mudah kempes dan kekurangan angin.

3. Nitrogen Lebih Dingin

Loading...

Pada dasarnya Nitrogen ini memiliki sifat yang dingin. Berbeda dengan pengisian angin biasa yang mudah memuai ketika suhu di sekitar naik. Nah mungkin Anda pernah menjumpai sebuah kasus dimana ban motor meletus saat dipakai atau saat terjemur dibawah terik matahari, itu karena penggunaan angin biasa saat melakukan pengisian angin. Berbeda dengan menggunakan Nitrogen yang memiliki sifat lebih dingin.

Dengan menggunakan Nitrogen untuk ban motor tentu saja masalah ban motor yang meletus tidak akan Anda alami, sebab seperti yang sudah saya katakan tadi jika Nitrogen sendiri memiliki sifat yang dingin sehingga tidak gampang memuai ketika suhu udara di sekitar naik.

4. Tekanan Ban Menjadi Stabil

Penggunaan Nitrogen untuk ban motor juga bisa membawa dampak pada tekanan ban dan juga daya cengkram ban di aspal loh. Dengan menggunakan Nitrogen sebagai isi dari ban, daya cengkram ban di aspal menjadi lebih kuat jika dibandingkan dengan pengisian angin biasa. Selain itu karena sifat Nitrogen yang tidak mudah memuai karena suhu udara di sekitar, tentu saja akan membuat tekanan ban menjadi tetap stabil dibandingkan pengisan angin biasa.

5. Anti Karat

Air menjadi salah satu sumber masalah bagi bikers. Mengapa demikian? karena terkadang air bisa menimbulkan karat pada velg yang kita pakai. Penggunaan angin biasa untuk mengisi ban yang mengandung air terkadang bisa menjadi penyebab velg menjadi berkarat loh. Di pagi hari, biasanya udara akan mengeluarkan embun. Nah inilah yang bisa merusak velg motor.

Informasi 5 Tips Memilih Spare Part Motor Yang Asli

6. Tarikan Motor Jadi Lebih Ringan

Keunggulan Nitrogen berikutnya adalah bisa membuat tarikan motor menjadi lebih ringan dibanding pengisian angin biasa. Hal ini karena Nitrogen memiliki molekul yang besar dan padat sehingga bisa dengan mudah mengisi ruang dan membuat bentuk ban dalam kondisi maksimal. Nitrogen akan menawarkan fitur pengisian yang sempurna.

Pengisian angin dengan Nitrogen bisa membuat ban menjadi tidak keras, sehingga saat digunakan tarikan motor bisa berubah menjadi lebih ringan jika dibandingkan dengan pengisian angin biasa.

Nah itulah pembahasan mengenai apa itu Nitrogen, dan apa saja keunggulan Nitrogen dibandingkan pengisian angin biasa. Semoga bermanfaat.

 

Keunggulan Isi Angin Dengan Nitrogen

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *