Apakah Alat Penghemat BBM Aman?

Alat Penghemat BBM

Saat ini banyak beredar di pasaran alat atau pun bahan penghemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bagi kendaraan. Banyak produk yang bermunculan, mulai dari alat yang dipasang pada mesin hingga cairan yang meningkatkan kandungan oktan sehingga diklaim mampu menghemat konsumsi BBM.

Alat Penghemat BBM

Pada dasarnya efisiensi BBM sangat bergantung pada tiga hal utama yakni kualitas kendaraan, cara mengemudi dan kondisi jalan yang dilalui.

Saat ini, banyak principal otomotif yang berlomba menciptakan mobil hemat bahan bakar seperti jenis hybrid, gas dan listrik. Di dalam negeri sudah ada mobil hijau yang dikenal dengan low cost and green car (LVGV) ini merupakan mesin yang mengkonsumsi bahan bakar yang lebih rendah dan harga murah.

Cara mengemudi juga sangat menentukan. Pengemudi yang tergesa-gesa biasanya akan menghasilkan konsumsi lebih hemat.

Kondisi jalan yang berliku-liku, penuh tanjakan, jalan rusak, atau macet juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar, sehingga dapat disimpulkan penggunaan alat atau bahan penghemat BBM tidak merata mampu dalam kasus ini.

Sejauh ini, tidak banyak pihak produsen mobil belum melakukan analisis khusus terhadap kebenaran fungsi dari beberapa alat atau bahan yang diklaim dapat menambah tenaga atau menghemat BBM seperti octan booster, octan polishing, piggy back, dan lain sebagainya.

Memang pada beberapa kasus yang pernah dihadapi pemilik kendaraan, efek samping penggunaan octan booster adalah mesin mati mendadak dan kehilangan tenaga.

Pada beberapa kasus, pompa bahan bakar atau saringan bahkan menjadi berkarat dan rusak. Beberapa kasus lain memperlihatkan injector dan ruang bahan bakar memiliki banyak endapan berupa arang akibat penggunaan bahan penghemat BBM tersebut.

Terkait dengan garansi mobil, apabila pihak diler menemukan penyebab mesin mati atau rusak adalah akibat penambahan alat atau bahan penghemat BBM tersebut, otomatis garansi akan hilang karena pada dasarnya garansi kendaraan diberikan apabila tidak ada modifikasi atau penambahan komponen.

Untuk mengurangi risiko biaya tinggi jika kendaraan rusak maka Asuransi MAG sangat direkomendasikan karena ada pilihan polis Total Loss Only (TLO) yang menanggung kerugian total dan all risk (comprehensive) yang menanggung segala jenis kerugian pada kendaraan yang diasuransikan serta memiliki lebih dari 500 bengkel rekanan yang tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Tip Menghemat BBM

Semua pilihan dikembalikan kepada konsumen. Namun, pihaknya memberikan tip yang dapat dicoba dibandingkan menggunakan alat atau bahan penghemat BBM yang tidak jelas kebenarannya.

Pertama, pilihlah kendaraan yang memiliki mesin dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Kualitas produk akan berpengaruh besar terhadap tingkat konsumsi BBM.

Kedua, pelajari kebiasaan mengemudi anda. Apabila anda mengemudi cenderung cepat seperti pembalap dengan kecepatan yang naik turun, ubahlah kebiasaan tersebut dengan mengemudi dalam kecepatan konstan dan tenang.

Selain itu, hal-hal sederhana terkadang juga sering dilupakan. Salah satu contohnya adalah kebiasaan menunggu penumpang lain dalam keadaan mesin menyala.

Menunggu istri berbelanja atau rekan lainnya di dalam mobil dengan mesin menyala dapat meningkatkan konsumsi BBM. Pada kasus tertentu, tindakan tersebut bahkan berbahaya karena gas karbon monoksida (CO) berpotensi masuk kabin dan menyebabkan kematian jika pengemudi tidak sadar karena tertidur.

Cara mengemudi yang hemat bahan bakar adalah dengan mengendalikan putaran mesin yang tidak berlebihan. Triknya adalah melakukan perpindahan gigi pada putaran 2.500 rpm—3.000 rpm untuk mengkonsumsi bensin.

Ketiga, pelajari dan siasati kondisi jalan yang akan dilalui. Misalnya, jangan menyetir pada saat jam sibuk agar tidak terjebak macet karena saat kondisi mobil tidak bergerak dan mesin menyala, maka konsumsi BBM tetap tinggi.

Tidak ada salahnya membeli polis asuransi kendaraan untuk berjaga-jaga jika mobil mengalami kerusakan mesin, seperti Asuransi Adira yang memberikan perlindungan berupa santunan dari risiko kerusakan mekanis atau elektris pada mesin kendaraan. Polis asuransi ini akan memberikan perlindungan untuk mesin mobil agar tetap berada dalam performa optimal.

 

Apakah Alat Penghemat BBM Aman?

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.