daftar iklan mgid

Tahapan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Tujuan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (information communication technology) yang saat ini memainkan peranan penting dalam kehidupan manusia dan organisasi sebagai alat penggerak ekonomi berbasis digital, termasuk juga dalam sektor pendidikan.

UNTAN Menuju Cyber University

Teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan merupakan teknologi yang berkaitan dengan input, penyimpanan, pemrosesan, menghasilkan, mengambil kembali informasi secara elektronik.

Dalam buku “Megatrend 2000” karya John Naisbett dan Aburdene, disebutkan bahwa pada abad 21 akan terjadi masyarakat informasi yang ditandai dengan ekonomi dunia digital yang disokong oleh teknologi canggih. Keadaan ini memaksa semua bentuk organisasi, salah satunya adalah lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi untuk menggunakan ICT (Information Communication Technology) sebagai pendukung operasional maupun strateginya.

Perkembangan teknologi khususnya dalam teknologi informasi ini akan mengubah cara pandang, cara kerja dan sekaligus implementasi dalam bidang pendidikan. Hal ini ditandai dengan munculnya istilah-istilah baru, seperti e-Book, e-learning, cyber university dan lain sebagainya.

Terkait dengan penggunaan istilah cyber university yang memiliki akar kata cybernetics, yang artinya tentang “cara untuk mengendalikan (robot) dari jarak jauh”. Dengan demikian kata cyber berkaitan dengan “pengendalian” dan “jarak jauh”.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Membangun ekosistem digital menuju Cyber University adalah melakukan pengembangan menuju arah kampus digital. Kata pengembangan secara gramatikal berasal dari kata sifat kembang, yang berarti mekar, terbuka atau membentang, menjadi besar dan menjadi tambah sempurna. Jadi menurut istilah, pengembangan berarti proses, cara, perbuatan mengembangkan.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University maksudnya adalah proses perubahan dari komponen-komponen sistem kearah yang lebih baik atau lebih sempurna dengan memanfaatkan Teknologi informasi (TI) dan komunikasi atau ICT (information communication technology), yaitu dari kampus tradisional menjadi kampus digital.

Oleh karena itu, sebagai salah satu Perguruan Tinggi, Universitas Tanjungpura atau yang sering dikenal dengan sebutan UNTAN akan melangkah dengan menerapkan seperti distance learning, cyber campus, virtual university, e-education, e-classes dan bentuk kelas jarak jauh lainnya yang memberikan gelar (degree) kepada mahasiswanya.

Dengan demikian nantinya UNTAN cyber university akan lebih banyak memakai komputer dan internet untuk melaksanakan kegiatan atau fungsinya, yang berbeda dengan konsep pembelajaran jarak jauh tradisional seperti sebelumnya.

Namun, tahapan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University tidak semudah dengan apa yang dibayangkan. Perlu manajemen dan perencanaan strategis yang bukan hanya sekedar dalam teknologi informasi dan komunikasi, pemasangan infrastruktur dan aplikasi-aplikasinya, akan tetapi menyangkut juga nilai-nilai manusia, sosial, budaya, kebijakan, struktur organisasi, prosedur, sistem pelayanan, politik organisasi, manajemen perubahan, arah tujuan, perubahan sistem birokrasi dan strategi pencapainya.

 

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *