Pengertian Belanja Online dan Keuntungan Belanja di Toko Online

Keuntungan Belanja di Toko Online

Pengertian belanja online adalah proses jual-beli barang dan jasa maupun lain-lain yang dilakukan melalui jaringan internet dan perangkat pendukungnya tanpa bertemu langsung antara penjual dan pembeli. Belanja online atau online shopping merupakan salah satu bentuk kegiatan e-commerce (electronic commerce) yang memiliki beberapa keuntungan baik itu bagi penjual maupun pembeli.

Belanja di Toko Online

Seiring dengan terjadinya perubahan perekonomian dan globalisasi, membuat perubahan dalam perilaku berbelanja pada masyarakat. Perilaku yang berubah dalam hal berbelanja pada masyarakat merupakan konsekuensi logis dari tuntutan kehidupan yang dipicu dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.

Pada awalnya penjualan barang dilakukan secara konvensional (offline), yaitu antara penjual dan pembeli bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi jual beli.Seiring dengan kemajuan teknologi internet penjualan bisa dilakukan secara online.

Saat belanja online (online shopping) konsumen secara langsung dapat membeli barang-barang maupun jasa dari seorang penjual secara interaktif dan real-time melalui media perantara internet dan perangkat pendukung seperti komputer, laptop, tablet dan smartphone.

Online shopping atau belanja online via internet ini memungkinkan pembelian atau penjualan barang dan jasa tanpa harus bertatap muka antara pihak penjual dan pihak pembeli secara fisik (langsung).

Untuk mendukung belanja online, maka tersedia toko virtual atau toko online yang dapat diakses melalui website maupun aplikasi belanja online, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari baik itu kebutuhan pribadi, rumah tangga, kantor maupun lainnya. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli produk atau jasa dibatasi oleh toko atau mall.

Keuntungan Belanja di Toko Online

Proses belanja tanpa batasan dari penjual ke pembeli ini dinamakan belanja online Business-to-Consumer (B2C). Sedangkan jika pebisnis membeli dari pebisnis yang lain dinamakan belanja online Business-to-Business (B2B). Keduanya adalah bentuk e-commerce (electronic commerce).

Toko online tersedia selama 24 jam sehari, yang membuat lebih banyak konsumen yang mengakses lewat internet kapan dan di mana pun. Toko online menjelaskan produk yang dijual dengan baik, melalui teks, foto dan file multimedia.

Toko virtual atau toko online juga menyediakan informasi produk, prosedur keselamatan, saran, dan cara penggunaannya, fasilitas untuk berkomentar, memberi nilai pada barangnya, akses meninjau situs lain, fasilitas real-time menjawab pertanyaan pelanggan, sehingga mempercepat mendapat kata sepakat pembelian dari berbagai vendor pemilik toko online.

Kelebihan toko online dibandingkan toko konvensional adalah:

  1. Modal untuk membuka toko online relatif kecil.
  2. Biaya operasional sebuah toko konvensional lebih besar dibandingkan toko online.
  3. Toko online buka 24 jam dan dapat diakses dimana saja.
  4. Konsumen dapat mencari dan melihat katalog produk dengan lebih cepat.
  5. Konsumen dapat mengakses beberapa toko online dalam waktu bersamaan.

Keuntungan Belanja Online bagi Pembeli

Keuntungan toko online bagi pembeli antara lain, sebagai berikut:

  1. Menghemat biaya, apalagi jika barang yang ingin dibeli hanya ada di luar kota.
  2. Barang bisa langsung diantar ke rumah.
  3. Pembayaran dilakukan secara transfer, maka transaksi pembayaran akan lebih aman.
  4. Harga lebih bersaing.

 

Pengertian Belanja Online dan Keuntungan Belanja di Toko Online

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.