daftar iklan mgid

Inilah Cara Kerja Data Center yang Harus Diperhatikan

Data center merupakan sebuah fasilitas NEX yang dirancang sedemikian rupa untuk menempatkan server komputer dan perangkat jaringan komputer yang terhubung ke jaringan internet. Pada kamus Bahasa Indonesia data center bisa diartikan sebagai pusat data.

Data Center NEX

Data center tersebut digunakan sebagai media penyimpanan server, manajemen dan pengelolaan, hingga penyebaran data serta informasi yang bisa diakses melalui jaringan internet. Sehingga, karena hal ini tempat data center haruslah dilengkapi dengan perangkat jaringan komputer yang nantinya dapat dihubungkan dengan jaringan internet.

Selain sebagai fasilitas server, data center juga mempunyai beberapa ruangan lain yang ditujukan untuk mensupport server supaya tetap uptime dan dapat terhindar dari risiko-risiko kerusakan lainnya.

Cara Kerja Data Center NEX Yang Harus Diperhatikan

Mungkin seringkali timbul pertanyaan tentang bagaimana sebuah data dari penyimpanan data center dapat tersedia pada komputer masing-masing user. Pada umumnya ada beberapa langkah dalam proses transfer data seperti data yang tersimpan pada data center akan disalurkan melalui kabel jaringan ke Internet Service Providers atau biasa disingkat dengan ISP. Data yang disalurkan melalui ISP tadi selanjutnya disalurkan pada masing-masing modem dan router lalu kemudian data bisa diterima oleh komputer user.

Cara kerja serta kinerja dari sebuah data center sangatlah tergantung dari sumber daya yang dimilikinya, mulai dari perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software, keamanan IT dan fisik. Sehingga sumber daya manusia beserta staf teknik yang menanganinya.

Supaya data center bisa berjalan dengan baik serta maksimal, maka perlu didukung dengan berbagai macam faktor yang dapat menjadi penentunya. Selain sebagai fasilitas dan keamanan hardware serta software, jenis dan lokasi sangat mempengaruhi data center.

Loading...

Unsur-Unsur data Center

Berikut beberapa kriteria sebagai unsur bagi sebuah bangunan data center:

Lokasi bangunan atau gedung data center harus berada pada wilayah tertentu yang memiliki rasio bencana alam seperti tanah longsor, banjir, gunung meletus yang relatif kecil dan minim risiko gempa bumi. Oleh karena itu, sebelum Anda memilih bangunan untuk dijadikan tempat data center yang tepat, sebaiknya Anda terlebih dahulu benar-benar memperhatikan beberapa wilayah yang mempunyai jenis tanah yang kurang baik, sehingga sangat riskan untuk mendirikan bangunan atau gedung di atasnya.

Suatu bisnis atau sebuah perusahaan besar yang mempunyai data center serta server sendiri, harus memiliki server utama yang lebih dari satu, seperti lebih dari dua data center serta server cadangan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika salah satu data center atau server yang dimiliki mati atau bahkan rusak. Maka perusahaan masih memiliki backup serta cadangan data center serta server. Dengan begini data yang disimpan tetap aman dan dapat diakses dengan stabil.

Skalabilitas merupakan tingkat pengaturan skala penggunaan server. Data center yang mempunyai tingkat pengaturan fleksibilitas dalam pelayanan kepada user harus mempunyai beberapa pilihan penggunaan server dan juga data center yang sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Oleh karena itu, efisiensi dan kemudahan sangat dibutuhkan. Stabil dan cepat dengan didukung jaringan internet berbentuk fiber optic. Karena data center haruslah tetap uptime, sebab down akan memberikan pengaruh yang kurang baik bagi para pengguna maupun staf IT yang menanganinya.

Sudah sepantasnya untuk memperhatikan cara  untuk menghindari kemungkinan kerusakan demi menjaga data agar tetap aman. Melihat bagaimana cara kerja data center NEX yang harus diperhatikan, tidak heran jika kebanyakan orang menggunakan jasa layanan nextdatacenter.com.

 

Cara Kerja Data Center

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (2)