Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)

Video ajar kali ini tentang “Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)” dalam sebuah animasi. Pengertian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro atau disingkat PLTMH adalah pembangkit listrik skala kecil dengan memanfaatkan tenaga air. Sesuai namanya, Mikro hidro berasal dari kata micro yang berarti kecil dan hydro artinya air.

Tenaga air berasal dari aliran sungai atau danau yang dibendung kemudian dialirkan dari ketinggian tertentu untuk menggerakkan turbin yang berfungsi mengubah energi potensial air menjadi energi mekanik dalam menggerakkan generator listrik. PLTMH ini dapat menghasilkan energi listrik sampai dengan 500 KW. Jika lebih besar dari itu biasa disebut dengan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

Komponen PLTMH

Beberapa komponen yang digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro hidro baik komponen utama maupun bangunan penunjang antara lain:

  1. Bendungan Pengalih (intake) berfungsi untuk mengalihkan air melalui sebuah pembuka di bagian sisi sungai ke dalam sebuah bak pengendap.
  2. Bak Pengendap (Settling Basin) digunakan untuk memindahkan partikel-partikel pasir dari air. Fungsi dari bak pengendap adalah sangat penting untuk melindungi komponen-komponen berikutnya dari dampak pasir.
  3. Saluran Pembawa (Headrace) mengikuti kontur dari sisi bukit untuk menjaga elevasi dari air yang disalurkan.
  4. Bak penenang (Forebay) yang berfungsi untuk mecegah turbulensi air sebelum diterjunkan melalui pipa pesat
  5. Pipa Pesat (Penstock) dihubungkan pada sebuah elevasi yang lebih rendah ke sebuah roda air, dikenal sebagai sebuah turbin.
  6. Turbin berfungsi untuk mengkonversi energi aliran air menjadi energi putaran mekanis.
  7. Pipa Hisap, (draft tube) berfungsi untuk menghisap air, mengembalikan tekanan aliran yang masih tinggi ke tekanan atmosfer.
  8. Generator berfungsi untuk menghasilkan listrik dari putaran mekanis.
  9. Panel kontrol berfungsi untuk menstabilkan tegangan.
  10. Pengalih Beban (Ballast load) berfungsi sebagai beban sekunder (dummy) ketika beban konsumen mengalami penurunan. Kinerja pengalih beban ini diatur oleh panel kontrol.

Penggunaan beberapa komponen disesuaikan dengan tempat instalasi (kondisi geografis, baik potensi aliran air serta ketinggian tempat) serta budaya masyarakat.

Video Animasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)

Teknologi PLTMH sangat berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia, terutama untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di daerah terpencil. Namun agar teknologi tersebut dapat dikembangkan dengan nilai keekonomian optimal untuk mencapai hasil yang maksimal, maka perlu adanya data awal yang lengkap mengenai kondisi geografis dan sosial masyarakat di lokasi yang akan dibangun PLTMH.  Baca selengkapnya tentang PLTMH Solusi Penyediaan Listrik di Lokasi Terpencil.

 

Video Ajar Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)

Loading...
loading...

About Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *