daftar iklan mgid

Cara Mudah Membuat Landing Page Dengan Beaver Builder di WordPress

Apakah landing page itu? Apakah perbedaan antara landing page dengan homepage biasa pada sebuah website? Bagaimana membuat landing page yang menarik? Serta bagaimana cara membuat landing page dengan mudah dan praktis di wordpress? Baca terus uraian dibawah ini.

landing page

Pengertian Landing page adalah halaman khusus di website yang didesain untuk tujuan marketing. Lewat landing page, kalian bisa menjual satu produk khusus atau mengumpulkan leads. Karena itu, landing page berbeda dengan homepage.

Sedangkan Homepage umumnya dipakai untuk menunjukkan semua informasi pada satu halaman. Homepage juga berisi beberapa link yang mengarahkan user ke halaman lainnya.

Setelah tahu bedanya landing page dan homepage, kalian juga perlu tahu kalau ada dua macam landing page, yaitu:

1. Lead Generation Landing Page.

Lead Generation Landing Page merupakan sebuah halaman yang digunakan untuk mengumpulkan nama, email, nomor telpon, dan semua informasi penting dari klien potensial atau biasa disebut leads. Sebagai gantinya, klien akan mendapatkan ebook, free trial, konsultasi gratis, dan semacamnya.

2. Click-Through Landing Page.

Click-Through Landing Page merupakan sebuah halaman yang dibuat khusus untuk para pengunjung web agar mereka melakukan pembelian produk. Dalam satu halaman click through landing page berisikan satu jenis produk dan juga detail dari produk tersebut.

Membuat Landing Page di WordPress

Sebagai salah satu platform website yang populer, wordpress mendukung pembuatan landing page dengan mudah yaitu menggunakan plugin page builder, atau menggunakan theme yang sudah berisi menu landing page.

Banyak banget plugin page builder yang bisa kamu pakai. Tapi, untuk tutorial kali ini, menggunakan plugin Beaver Builder. Namun sebelumnya saya asumsikan kalian sudah berlangganan hosting dan memiliki domain sendiri. Tenang aja saat ini berlangganan hosting dan domain itu murah kok, silahkan cek domain murah.

Begini cara membuat landing page dengan mudah di WordPress.

1. Masuk ke dasbor wordpress

Beaver Builder

  • Install dan aktifkan dulu plugin Beaver Builder di WordPress.
  • Buka menu Pages dan klik Add New.
  • Klik Launch Beaver Builder. Selanjutnya, kalian akan melihat tampilan landing page yang masih perlu didesain.

2. Menyusun Layout halaman Landing Page

Beaver Builder layout

  • Caranya dengan klik tombol + di pojok kanan atas. Lalu, pilih tab Rows. Di sana, ada banyak pilihan layout yang bisa digunakan.
  • Sekarang, susun layout yang kalian mau. Caranya klik salah satu pilihan, tarik ke posisi yang diinginkan, lalu lepaskan. Lakukan ini berulang-ulang sampai kalian mendapatkan layout halaman yang kalian mau

3. Mengisi Konten Landing Page

BeaverBuilder publish

Isi halaman dengan konten Landing Page yang kalian inginkan. Caranya, pilih tab Modules. Di sini ada lima pilihan konten yang bisa kamu tambahkan: Audio, Photo, Video, HTML, dan text Editor. Klik Photo, seret ke posisi, dan lepaskan. Akan muncul kotak pengaturan secara otomatis.

Kalian bisa tambahkan gambar dari komputer atau lewat URL saja. Kalian juga bisa juga bisa tambahkan caption dan link, sesuai tampilan gambar, dan tata ulang jarak antara gambar. Kalau sudah, klik Save.

Sekarang, kamu tinggal tambahkan konten lain yang kamu inginkan. Caranya sama persis dengan yang di atas. Pilih konten, taruh di halaman, dan isi kotak pengaturan yang ada.

4. Save dan Publish

Jika langkah-langkah di atas sudah dikerjakan, kalian bisa tekan tombol Done. Kalau kalian belum ingin mempublikasikan landing page, klik Save Draft. Semisal sudah yakin ingin mem-publish landing page, langsung saja klik Publish.

Begitulah caranya membuat landing page di Beaver Builder versi gratisan.

Tips Membuat Landing Page Menarik

Sekarang, saatnya berbagi tips cara membuat landing page yang menarik.

  • Buat header semenarik mungkin. Lalu, manfaatkan header untuk menampilkan info paling penting. Misalnya, promo diskon atau rilis produk terbaru.
  • Tampilkan trust signal dalam bentuk testimoni, liputan media massa, atau daftar klien yang menggunakan produk.
  • Buat form yang pendek saja. Kalau banyak-banyak, bisa jadi calon pelangganmu malah malas mengisinya.
  • Samakan isi landing page dengan iklan. Supaya calon pelanggan nggak bingung atau merasa dibohongi.
  • Yang terakhir, buat landing page mobile friendly. Saat ini hampir 90% orang membuka website via handphone. Jadi, landing page juga harus bisa dilihat dengan mudah lewat handphone.

Jadi, begitulah serba-serbi cara membuat landing page dengan mudah dan menarik di wordpress.

 

Membuat Landing Page Dengan Beaver Builder di WordPress

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *