Download Aplikasi Dapodik

Posted on

Aplikasi Dapodik adalah aplikasi penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Entitas data pokok tersebut meliputi sekolah termasuk sarana dan prasarana, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Peserta Didik dan Proses Pembelajaran di dalam rombongan belajar (Rombel). Aplikasi Dapodik untuk jenjang Pendidikan Dasar (Dapodik SD/SMP/SLB) dan jenjang Pendidikan Menengah (Dapodik SMA/SMK).

Berdasarkan Permendikbud Nomor 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah digabung menjadi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Perubahan struktur ini turut memengaruhi kegiatan pendataan yang telah berjalan pada Dapodikdas dan Dapodikmen. Sehingga, penyatuan kegiatan pendataan menjadi suatu keniscayaan. Akhirnya, Dapodikdasmen menjadi sistem pendataan yang terintegrasi dan mencakup tiga entitas pendidikan jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.

Integrasi sistem pendataan memberi harapan baru bagi kualitas pendataan yang lebih baik. Program-program unggulan Kemendikbud berbasis Dapodik seperti Bantuan Operasional Sekolah, penyaluran tunjangan guru, dan Program Indonesia Pintar diharapkan berjalan lebih baik.

Download Aplikasi Dapodik 2016

Mengapa sekolah wajib menggunakan Aplikasi Dapodik?

Berdasarkan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 serta Surat Edaran Menteri mengenai aplikasi pendataan di lingkungan Kemendikbud, dinyatakan bahwa Aplikasi Dapodikdasmen merupakan aplikasi resmi yang digunakan untuk menjaring data pokok pendidikan dasar dan menengah.

Data dari Aplikasi Dapodikdasmen akan digunakan sebagai acuan data dalam program-program Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar seperti: pemberian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), tunjangan guru, Ujian Nasional, dan programprogram lainnya. Oleh karena itu sekolah harus berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendataan Dapodikdasmen.

Apa akibatnya jika sekolah menolak menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen?

Data Aplikasi Dapodikdasmen digunakan sebagai acuan data dalam programprogram Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Apabila sekolah tidak berpartisipasi aktif, maka sekolah akan rugi karena data milik mereka tidak akan sampai ke Kemendikbud. Sekolah tersebut otomatis tidak akan tersentuh program-program Kemendikbud. Selain itu, Dapodik terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain sehingga akan menyulitkan proses.

Apakah Madrasah Ibtidaiyah(MI) Tsanawiyah (MTs) Aliyah (MA) dapat menggunakan Aplikasi Dapodik?

MI dan MTs berada di bawah naungan Kementerian Agama sehingga tidak dapat menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen.

Jenjang sekolah mana saja yang didata dalam Aplikasi Dapodik?

Jenjang pendidikan dasar yaitu SD, SDLB, SMP, SMPLB, dan SLB (Dapodikdasmen). Adapun untuk jenjang menengah ada di naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Dapodikmen).

Apakah termasuk sekolah terpencil dan luar negeri?

Ya, tidak terkecuali.

Bagaimana tahapan update aplikasi?

Aplikasi Dapodik akan terus diupdate minimal setiap ajaran baru untuk memperbaiki kinerja aplikasi maupun penambahan dan pembaruan fitur-fitur yang ada.

Dimana Download Aplikasi Dapodik?

Aplikasi Dapodik yang baru, dapat di download pada laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan

Selain download aplikasi Dapodik melalui server kemendikbud, Jika mengalami kesulitan mengunduh Aplikasi Dapodik dapat gunakan beberapa link alternatif yang telah disedikan.

Apakah Aplikasi Dapodik Gratis?

Ya. Aplikasi Dapodik gratis namun hanya dapat digunakan oleh sekolah yang telah memiliki kode registrasi.

 

Download Aplikasi Dapodik  – Padamu Negeri

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *