Hukum Meninggalkan Salah Satu dari 5 Rukun Islam

Seperti yang telah diketahui bahwa menjalankan setiap rukun Islam adalah kewajiban bagi setiap muslim. Hal ini karena rukun Islam merupakan landasan dasar bagi setiap orang dalam menjalankan kehidupannya sebagai seorang muslim.

Hukum Meninggalkan Salah Satu dari 5 Rukun Islam

Ada 5 rukun Islam yang harus dijalankan mulai dari membaca dua kalimat syahadat, melaksanakan sholat 5 waktu, menunaikan zakat, menjalankan puasa Ramadhan dan menunaikan ibadah haji di tanah suci.

Kelima rukun tersebut harus dijalankan sebagai tanda bagi seorang muslim yang sebenarnya. Perbedaan 5 Rukun Islam dan 6 Rukun Iman.

Hukum Meninggalkan Salah Satu dari 5 Rukun Islam

Jika kita melihat dari realita yang ada, banyak sekali orang yang mengaku muslim tetapi tidak menjalankan salah satu atau bahkan lebih rukun Islam yang ada.

Lalu, bagaimana hukum dari seseorang yang meninggalkan satu dari 5 rukun Islam? Simak ulasannya sebagai berikut :

1. Syahadat

Syahadat merupakan hal pertama yang harus dijalankan oleh setiap orang muslim. Pasalnya, tanda bagi seseorang yang dinyatakan sebagai seorang muslim adalah sudah mengucapkan dua kalimat syahadat sebagai bentuk kesaksian bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang disembah dan Muhammad adalah utusan-Nya.

Jika syahadat tidak ada, maka orang tersebut sudah tidak bisa dinyatakan sebagai seorang muslim.

2. Shalat

Shalat merupakan ibadah wajib bagi seseorang yang sudah mengucapkan syahadat. Lalu, bagaimana jika seorang muslim ada yang meninggalkan shalat? Ada beberapa hadits yang menyatakan bahwa seseorang yang meninggalkan shalat maka bisa disebut sebagai seorang kafir.

Salah satu hadits yang menyatakan hal tersebut adalah Hadits Riwayat Muslim no.82. Hal ini kecuali bagi seseorang yang meninggalkan shalat karena lupa atau tertidur bisa shalat saat ia ingat.

3. Puasa

Puasa juga merupakan salah satu dari rukun Islam yang harus dijalankan. Bagi seseorang yang dengan sengaja meninggalkan puasa, maka ia bisa mendapatkan dosa besar.

Hal ini juga berlaku bagi seseorang yang meninggalkan zakat dan haji.

Melihat betapa besarnya hukuman yang diberikan kepada seseorang yang meninggalkan salah satu dari 5 rukun Islam, maka kita harus menghindari perbuatan tersebut. Kita wajib menjalankan semua rukun Islam karena di dalamnya terkandung banyak hikmah yang bisa kita dapatkan.

Sumber: https://islamexplored.org/

 

Hukum Meninggalkan Salah Satu dari 5 Rukun Islam

Loading...

About the Author: Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *