Lagu dan Lirik Mars KORPRI

Posted on

Lagu mars KORPRI merupakan lagu Korps Pegawai Republik Indonesia yaitu sebuah organisasi profesi dengan anggotanya yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil di lingkungan kementerian maupun lembaga pemerintah Indonesia.

Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971 tertanggal 29 November 1971. Tujuan dibentuknya Korpri adalah dalam rangka upaya meningkatkan kinerja, pengabdian dan netralitas pegawai negeri, sehingga dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari dalam melayani rakyat, lebih tepat sasaran dengan segala kompetensinya.

Untuk menyatukan visi, misi dan semangat anggota Korpri, maka ditetapkan lagu mars Korpri dalam Musyawarah Nasional VI Korpri yang diselenggarakan di Jakarta pada 28 – 30 Nopember 2004, dengan surat keputusan Nomor Kep-09/MUNAS/2004 tanggal 30 Nopember 2004. Namun, Lagu Mars KORPRI tersebut diberikan kewenangan kepada DPP KORPRI apabila akan melakukan penyesuaian dengan menghubungi penciptanya.

Lagu dan Lirik Mars KORPRI
partitur mars korpri

 

Lirik Lagu Mars KORPRI

E.L. Pohan
E.L. Pohan

Lagu mars KORPRI diciptakan oleh E.L. Pohan (Epaphroditus Laurentius Pohan-Siahaan) guru vokal, pencipta lagu, penggubah lagu, tokoh musik nasional sekaligus salah satu pendiri Yayasan Musik Gereja (Yamuger) bersama Alfred Simanjuntak (pencipta lagu Bangun Pemudi Pemuda), dan rekan lainnya. Tidak banyak yang mengulas tentang sosok EL Pohan yang berasal dari tanah Batak, lahir tahun 1917 dan meninggal pada tahun 1993 ini.

Berikut lirik lagu Mars KORPRI (versi yang paling banyak dinyanyikan saat ini) menggunakan tempo di Marcia Con Vigore yang merupakan tempo semangat seperti yang banyak dipakai pada lagu mars.

 

Mars KORPRI

Ciptaan EL Pohan

 

Satukan irama langkahmu
Bersatu tekad menuju ke depan
Berjuang bahu membahu
Memb’rikan tenaga tak segan

Membangun Negara yang jaya
Membina bangsa besar sejahtera
Memakai akal dan daya
Membimbing, membangun, mengemban

Berdasar Pancasila dan Undang-undang Dasar Empat Lima
Serta dipandukan oleh haluan Negara
Kita maju terus

Di bawah Panji KORPRI, Kita mengabdi tanpa pamrih
Di dalam Naungan Tuhan yang Maha Kuasa
KORPRI Maju terus

 

Lagu dan Lirik Mars KORPRI

Rekomendasi Artikel

loading...
Gambar Gravatar

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *