daftar iklan mgid

Cara Menggunakan LinkedIn sebagai Alat Digital Marketing

Media sosial merupakan salah satu alat digital marketing yang sangat efektif. Sebagian besar menggunakan Instagram dan Facebook untuk mempromosikan bisnis mereka, namun sebenarnya masih banyak media sosial lain yang bisa dicoba untuk mengembangkan bisnis, salah satunya LinkedIn.

LinkedIn sebagai Alat Digital Marketing

LinkedIn sebagai Alat Digital Marketing

LinkedIn merupakan tempat berkumpulnya para profesional, berbeda dengan media sosial lain yang lebih sering digunakan sebagai ajang mencari teman. LinkedIn merupakan media sosial yang dapat digunakan untuk mencari kerja, membangun relasi dan kemitraan, serta meningkatkan branding dan dapat digunakan sebagai alat digital marketing.

Baca juga: Pandangan Tentang Manusia Oleh Para Pemikir

Melalui LinkedIn, Anda dapat membuat jejaring baru dan mendapatkan koneksi baru dengan beragam profesi. Hal ini tentu meningkatkan peluang Anda mendapatkan calon pelanggan potensial yang baru untuk mengembangkan bisnis Anda.

Tertarik untuk mencobanya? Berikut cara menggunakan LinkedIn sebagai alat digital marketing yang efektif:

Buat Profil Usaha

Buat profil khusus tentang usaha Anda yang berisi tentang deskripsi bidang usaha, jenis layanan dan produk yang ditawarkan, waktu berdirinya perusahaan, dan berbagai informasi lain yang berkaitan dengan bidang usaha Anda.

Cara membuat akun bisnis pada LinkedIn sangat mudah, semudah membuat akun personal di LinkedIn. Anda bisa menemukannya di laman utama LinkedIn. Selanjutnya cari fitur Business Service, Anda akan diarahkan untuk mengisi berbagai informasi penting yang berkaitan dengan perusahaan Anda.

Manfaatkan Fitur Polling

Anda dapat memanfaatkan fitur polling LinkedIn untuk membuat perusahaan Anda semakin populer di LinkedIn. Fitur ini dapat membantu Anda memilih target konsumen, serta mendapatkan jangkauan yang lebih luas dengan mendistribusikannya melalui platform lain.

Buat Konten yang Menarik dan Istimewa

LinkedIn bisa menjadi kanal yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda jika Anda memanfaatkannya secara tepat. Salah satu caranya yaitu dengan mengunggah konten yang menarik dan istimewa. Beberapa jenis konten yang cocok diunggah pada LinkedIn antara lain:

  1. Konten tentang insight di bidang industri.
  2. Tulisan berbentuk list post.
  3. Sertakan link pada unggahan Anda. Tautan dapat Anda arahkan ke halaman bisnis Anda. Anda dapat melakukan sewa domain murah dan hosting dan mencari tahu bagaimana cara membuat blog yang nantinya juga perlu dipromosikan langsung melalui LinkedIn.
  4. Gambar atau pertanyaan yang dapat menimbulkan engagement.
  5. Video.

Selain membagikan konten yang telah Anda buat, Anda disarankan untuk membagikan juga konten milik orang lain yang relevan. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan relasi dan koneksi.

Untuk LinkedIn perusahaan, Anda disarankan melakukan unggahan konten sekitar 3 hingga 4 konten per hari. Anda juga bisa menautkan dengan blog. Sewa domain murah untuk efektivitas biaya. Lalu, bangun keterikatan dengan pengikut Anda melalui komentar pada unggahan Anda. Ubah header setidaknya setiap 6 bulan sekali untuk memberikan kesan up to date.

Bangun Relasi

LinkedIn dapat menjadi alat digital marketing yang efektif jika Anda dapat membangun relasi yang luas. Anda harus proaktif  untuk mendapatkan koneksi yang potensial dan relevan dengan bisnis Anda. Anda dapat membangun koneksi tidak hanya dengan orang yang Anda kenal, Anda dapat membuat koneksi dengan siapapun yang masuk ke dalam radar bisnis Anda.

Berpartisipasi Aktif di Dalam Grup

Jika Anda tergabung di dalam sebuah grup, berpartisipasi aktiflah di dalam grup. Grup bisa menjadi lahan yang efektif untuk mendengar pendapat orang lain mengenai sesuatu, sekaligus menjadi tempat berinteraksi atau menawarkan saran dengan sisipan promosi tentang usaha Anda.

Membuat Grup

Selain berpartisipasi aktif di grup milik orang lain, Anda juga dapat membuat grup sendiri untuk meningkatkan branding usaha Anda. Grup dapat berisi forum komunikasi sesama pelaku usaha maupun grup yang menjadi tempat saling bertukar informasi.

Gunakan Fitur Pembaruan Status

Anda dapat menggunakan fitur pembaruan status untuk membagikan pengumuman yang dapat meningkatkan engagement dengan para pelanggan Anda, misalnya pengumuman promosi, giveaway, rilis produk baru dan lainnya.

Minta Rekomendasi dari Pelanggan

Mintalah rekomendasi atau testimoni dari pelanggan Anda. Ulasan yang diberikan oleh para pelanggan akan muncul di bawah profil perusahaan. Semakin banyak ulasan bagus yang ditinggalkan oleh para pelanggan di profil Anda, tentu meningkatkan brand perusahaan Anda dan membuat calon pelanggan baru yakin dengan profil perusahaan Anda.

Personalisasi Tautan Url LinkedIn

Setiap pengguna LinkedIn tentu memiliki tautan url masing-masing. Anda dapat membagikan tautan url Anda atau saling bertukar tautan url LinkedIn dengan klien potensial yang Anda temui di kalangan profesional.

Beriklan

Anda juga dapat memacu laju marketing Anda di LinkedIn dengan memanfaatkan iklan. Anda dapat beriklan dengan menggunakan fitur Linkend DirectAds. Anda akan diminta mengisi beberapa data terkait usaha yang ingin Anda iklankan saat menggunakan fitur ini. Beberapa data yang diperlukan antara lain target iklan berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, skala industri, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Bagaimana? Tertarik untuk mulai memanfaatkan LinkedIn untuk digital marketing perusahaan Anda? Jangan lupa sewa domain murah untuk situs laman bisnis Anda untuk memudahkan pelanggan menemukan bisnis Anda. Selamat mencoba.

 

Cara Menggunakan LinkedIn sebagai Alat Digital Marketing

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *