daftar iklan mgid

Cara Melakukan Pembukuan yang Tepat dan Mudah

Para pebisnis pemula pasti sudah mengetahui akan pentingnya sebuah pembukuan keuangan untuk bisnis mereka sehingga membutuhkan aplikasi pembukuan. Dengan melakukan pembukuan yang benar merupakan kunci sebuah keberhasilan bisnis untuk skala kecil maupun besar.

aplikasi laporan keuangan gratis

Dalam perusahaan yang sudah besar, pembukuan dijalankan dengan memakai jasa akuntan. Sebab laporan keuangan bukan hanya berfungsi sebagai penghitung untung dan rugi, akan tetapi juga menjadi sumber informasi dalam mengambil sebuah kebijakan. Persaingan bisnis yang sangat ketat seperti saat ini mengharuskan dalam pengambilan keputusannya wajib sesuai dengan fakta dan data yang ada.

Berbeda dengan pebisnis pemula, pembukuan yang sederhana dapat bertujuan agar usaha bisa memiliki arah yang jelas dan dapat berkembang secara optimal. Para pemula bisa menggunakan aplikasi laporan keuangan gratis agar tidak kesulitan dalam melakukan pembukuan untuk bisnisnya.

Cara Melakukan Pembukuan yang Tepat dan Mudah

Untuk lebih jelas berikut penjelasan tahapan demi tahapan yang harus Anda lakukan dalam membuat pembukuan yang sederhana.

1. Membuat buku catatan pengeluaran

Dengan adanya catatan pengeluaran, Anda akan tahu besarnya modal usaha yang sudah dikeluarkan, sehingga untuk menetapkan target dan merencanakan kapan modal akan kembali sangatlah mudah.

2. Buatlah buku catatan pemasukan

Selain pengeluaran yang dicatat, pemasukan juga wajib dicatat secara tertib sehingga Anda akan mengetahui keuntungan yang didapat dalam seharinya.

3. Membuat buku kas utama

Buku kas utama dibuat dengan , menggabungkan transaksi buku kas pemasukan dan pengeluaran dengan tujuan agar bisa mengetahui keuntungan dan kerugian. Selain itu juga dengan adanya buku kas utama Anda juga dapat menentukan besaran anggaran dari perusahaan yang terkait uang masuk keluar.

4. Menambahkan buku stok barang

Buku stok barang dapat mempermudah dalam memantau persediaan barang dalam bisnis Anda. Serta dapat membantu dalam menghindari kecurangan yang mungkin dilakukan supplier ataupun pegawai bisnis Anda.

5. Buku inventaris barang

Dengan adanya buku inventaris barang dapat memberi kemudahan bagi Anda dalam menjaga asset bisnis supaya tetap terkendali.

6. Membuat buku laba dan rugi

Untuk para bisnis pemula buku laba rugi dapat dibuat secara sederhana agar mudah dalam memahaminya. Buku laba rugi juga dapat digunakan sebagai referensi untuk mengevaluasi strategi maupun langkah yang akan Anda lakukan untuk bisnis dalam periode yang mendatang.

7. Buatlah laporan perubahan ekuitas

Laporan perubahan ekuitas memuat semua perubahan yang terjadi dari ekuitas dalam sebuah periode.

8. Buatlah neraca keuangan

Neraca keuangan adalah bagian terpenting dalam menyusun pembukuan yang sederhana. Dengan adanya neraca keuangan Anda akan mengetahui posisi keuangan pada periode tertentu.

Menyusun pembukuan sederhana yang tepat dan mudah dapat Anda buat tanpa menggunakan istilah yang sulit dalam akuntansi yaitu dengan aplikasi pembukuan. Aplikasi yang cocok untuk Anda gunakan yaitu BukuKas, yang dapat membantu untuk melakukan pembukuan, sehingga Anda dapat mengetahui kesehatan bisnis yang sedang dijalankan.  

 

Cara Melakukan Pembukuan yang Tepat dan Mudah

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *