Pengertian Teks Prosedur (Jenis, Ciri, Struktur dan Kaidah Bahasa)

Posted on

Pengertian teks prosedur (procedure text) adalah tulisan yang berisi langkah-langkah untuk melakukan sesuatu. Dengan adanya teks prosedur dapat diperoleh petunjuk, tahapan maupun penjelasan yang harus ditempuh sebelum melakukan sesuatu. Teks prosedur bisa disebut juga instruksi manual.

Teks prosedur juga dapat digunakan untuk menjelaskan bagaimana melakukan aktivitas tertentu disertai peraturannya. Selain itu, teks prosedur dapat digunakan untuk menjelaskan soal sifat atau kebiasaan manusia. Dengan adanya teks prosedur akan tahu langkah-langkah apa yang harus dilakukan sebelum melakukan sesuatu yang ingin sehingga tidak akan ragu-ragu dalam melakukannya.

Contoh Teks Prosedur

 

Jenis Teks Prosedur

1. Teks prosedur kompleks yaitu teks yang menjelaskan langkah-langkah secara lengkap, jelas dan terperinci  tentang cara melakukan sesuatu. Biasanya berisi banyak langkah atau tahapan yang ditulis sangat berurutan dan disertai sub-sub langkah. Contoh teks prosedur kompleks: panduan membuat jurnal, cara membuat blog, petunjuk perawatan mobil, dll.

2. Teks prosedur sederhana atau singkat yaitu teks yang hanya berisi prosedur atau petunjuk ringan karena hanya berisi dua atau tiga tahapan atau langkah saja. Contoh teks prosedur sederhana: resep membuat masakan, petunjuk pengoperasian kompor gas, cara mengajukan permohonan SIM, dll.

Ciri-ciri Teks Prosedur

Teks prosedur mempunyai sejumlah ciri dilihat dari isi, yaitu:

  1. Berisi definisi produk atau kegiatan.
  2. Berisi bahan atau persiapan melakukan atau membuat sesuatu.
  3. Berisi langkah-langkah sistematis melakukan atau membuat sesuatu.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Dalam teks prosedur kompleks terdapat struktur seperti halnya teks yang lain. Untuk membentuk teks prosedur, struktur yang telah ditetapkan meliputi:

  1. Tujuan. Berisi pengantar berkaitan dengan petunjuk yang akan dikemukakan pada bagian pembahasan.
  2. Langkah-langkah.  Berisi pembahasan tentang petunjuk pengerjaan sesuatu yang disusun secara sistematis agar tercapai tujuan.
  3. Penutup.  Berisi kalimat-kalimat yang seperlunya, namun bukan berupa kesimpulan

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Seperti teks yang lainnya, teks prosedur kompleks juga memiliki ciri kaidah kebahasaan sendiri, yaitu:

Penggunaan Kalimat yang terdiri dari 3 macam jenis kalimat yaitu:

  1. Kalimat berisi perintah dan berfungsi untuk meminta dan melarang seseorang untuk melakukan sesuatu (Kalimat Imperatif).
  2. Kalimat yang berisi pernyataan dan berfungsi untuk memberikan informasi atau berita mengenai sesuatu (Kalimat Deklaratif).
  3. Kalimat yang berisi pertanyaan dan berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu (Kalimat Interogatif).

Penggunaan Kata atau Frasa

  • Pada teks prosedur kompleks menggunakan kata konjungsi temporal (kata penghubung) yang menyatakan waktu kegiatan dan bersifat kronologis, seperti: kemudian, selanjutnya, kemudian, lalu, dan setelah itu.
  • frasa atau kata kerja imperatif  (kata perintah) yang menyatakan perintah-perintah maupun larangan yang harus ditaati dalam pelaksanaan teks prosedur, seperti: segera, jangan lupa, masukkan, hindari, dll.
  • Teks prosedur menggunakan kata atau frasa nomina yang merujuk pada nama seseorang, tempat atau benda.
  • Teks prosedur menggunakan verba atau kata kerja yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Jenis kata ini umumnya menjadi predikat dalam suatu frasa atau kalimat.
  • Teks prosedur terdapat bilangan sebagai penanda urutan.

 

Pengertian Teks Prosedur (Jenis, Ciri, Struktur dan Kaidah Bahasa)

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *