Implementasi Pendekatan Perangkat Pembelajaran

Posted on

Secara umum, pengertian pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang dan disusun untuk memfasilitasi siswa dalam belajar dengan memiliki unsur-unsur manusia, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi, agar supaya dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Dengan demikian, dalam suatu proses pembelajaran agar tercapai tujuan belajar dibutuhkan suatu perangkat pembelajaran. Oleh karena itu perlu mengetahui secara tepat bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran yang akan digunakan untuk perangkat pembelajaran?

Implementasi Pendekatan Perangkat Pembelajaran

 

Implementasi dan Pendekatan Pembelajaran

Pengertian  implementasi adalah pelaksanaan atau penerapan suatu ide, konsep, kebijakan atau inovasi dalam suatu tindakan praktis yang dapat memberikan dampak baik berupa perubahan pengetahuan, ketrampilan, nilai dan sikap.

Implementasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti penerapan, pelaksanaan. Sedangkan Mulyasa (2008: 178) menjelaskan arti dari implementasi, yaitu suatu proses penerapan ide, konsep, kebijakan atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberikan dampak, baik berupa perubahan pengetahuan, ketrampilan, nilai dan sikap. Pengertian implementasi juga diungkapkan oleh Sanjaya (2008: 25) yaitu pelaksanaan dari strategi dan penetapan sumber daya.

Pengertian pendekatan pembelajaran adalah kerangka acuan dalam pemilihan metode pembelajaran yang digunakan guru bersama siswa untuk mencapai sasaran belajar.

Pengertian  pendekatan pembelajaran tersebut disimpulkan dari beberapa pendapat ahli, yaitu menurut Suyono dan Hariyanto (2011) adalah suatu himpunan asumsi yang saling berhubungan dan terkait dengan sifat pembelajaran.

Suyono dan Hariyanto juga menjelaskan bahwa dalam pengertian pendekatan pembelajaran tergambarkan latar psikologis dan latar pedagogis dari pilihan metode pembelajaran yang akan digunakan dan diterapkan oleh guru bersama siswa.

Mikarsa, dkk (2007: 7.4) menjelaskan pendekatan pembelajaran sebagai kerangka acuan yang dianut seorang guru dalam praktik pembelajaran yang dilakukan melalui pengorganisasian siswa dan pengolahan pesan untuk mencapai sasaran belajar berupa peningkatan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor serta kepribadian siswa secara keseluruhan.

Perangkat Pembelajaran

Pengertian perangkat pembelajaran adalah perlengkapan kegiatan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, RPP, LKS, instrumen evaluasi dan bahan ajar.

Trianto (2009: 201) mengutip pendapat dari Ibrahim yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran adalah perangkat yang digunakan dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran tersebut terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), instrumen evaluasi, serta materi bahan ajar siswa. Ibrahim dalam Trianto (2009: 201-236) menjelaskan arti dari masing-masing perangkat pembelajaran, sebagai berikut.

  1. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu atau kelornpok mata pelajaran atau tema tenentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.
  2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah panduan 1angkah-langkah yang akan dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran yang disusun dalam skenario kegiatan. Skenario kegiatan pembelajaran dikembangkan dari rumusan tujuan pembelajaran yang mengacu dari indikator untuk mencapai hasil belajar sesuai kurikulum berbasis kompetensi.
  3. Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah panduan siswa yang digunakan untuk melakukan kegiatan pemecahan masalah. LKS dapat berupa panduan untuk latihan pengembangan aspek kognitif maupun panduan untuk pengembangan semua aspek pernbelaj aran dalam bentuk panduan ekspelimen atau demonstrasi.
  4. Instrumen evaluasi merupakan soal yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar.
  5. Bahan ajar merupakan buku panduan bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran yang memuat materi pelajaran.

Dengan memahami pengertian implementasi, pendekatan pembelajaran dan perangkat pembelajaran, dimaksudkan supaya para pendidik (guru) dapat mengimplementasikan sebuah pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan perangkat pembelajaran yang akan digunakan agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

 

Pendekatan Perangkat Pembelajaran – Padamu Pendidikan

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *