Pilihan Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Universitas Swasta di Bandung

Manajemen Bisnis Syariah Ma’soem University

Pengertian manajemen bisnis syariah adalah proses, aktivitas dan pengelolaan unit usaha yang dijalankan sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terkandung dalam Al-Quran dan Hadist. Manajemen yang meliputi manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keuangan dan teknologi, dijalankan untuk mencapai sebuah tujuan bisnis yang Islami dengan menciptakan atau membuat produk yang memiliki nilai untuk memperoleh keuntungan yang halal.

Manajemen Bisnis Syariah

Manajemen bisnis syariah tidak terlepas dari bisnis syariah yaitu serangkaian aktivitas jual beli dalam berbagai bentuknya yang tidak dibatasi jumlah kepemilikan hartanya baik barang atau jasa, tetapi dibatasi cara memperoleh dan menggunakannya. Artinya, dalam mendapatkan harta dan menggunakannya tidak boleh melanggar Hukum Islam atau dengan cara-cara yang diharamkan Allah.

Dengan kata lain, berbisnis menurut ketentuan syariah tidak boleh bebas dari ketentuan syariat dan harus dibedakan antara halal dan haram atau yang hak dan yang batil tidak boleh campur aduk. Oleh karena itu dibutuhkan suatu manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien yang berdasarkan syariah (Hukum Islam) juga.

Manajemen Bisnis Syariah Ma’soem University

Untuk lebih mengenal dan mempelajari Manajemen Bisnis Syariah maka perlu menempuh pendidikan yang sesuai dengan bidangnya yaitu jurusan Manajemen Bisnis Syariah yang kini banyak dibuka oleh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Salah satu Universitas Swasta di Bandung yang membuka jurusan Manajemen Bisnis Syariah adalah Universitas Ma’soem yang merupakan universitas swasta terfavorit kedua di Kota Kembang Bandung, melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menyelenggarakan prodi (program pendidikan) Manajemen Bisnis Syariah (S1) dan prodi Perbankan Syariah (S1).

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh seseorang sudah pasti mempunyai tujuan tertentu termasuk dalam manajemen bisnis syariah. Dengan mengambil kuliah pada jurusan Manajemen Bisnis Syariah, setidaknya ada 6 tujuan bisnis syariah yang dapat diperoleh dan sangat penting yaitu:

1. Memperoleh keuntungan material dan non material

Dalam menjalankan bisnis sudah pasti seseorang menginginkan keuntungan atau profit. Hal itu adalah rasional serta manusiawi. Namun demikian, dalam kegiatan bisnis apapun bentuknya tetap dituntut untuk mewujudkan ukhuwah islamiyah yang baik dan santun, bukan justru bersifat individualistik egoistik.

Ada lagi aspek lain yang harus diterapkan dalam aktivitas bisnis yaitu qimah khuluqiyah yaitu setiap aktivitas bisnis harus dapat menumbuhkan jiwa yang dekat kepada Allah, bukan malah merasa jauh kepada Allah..

2. Mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi

Keuntungan atau profit material yang diperoleh dalam menjalankan aktivitas bisnis diharapkan dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya pertumbuhan bisnis yang dijalankan akan menjadi maju dan besar. Hal ini tentunya akan dapat menjaga eksistensi bisnis atau perusahaan yang menjalankannya.

Jangka waktu keberlangsungan bisnis tentunya diharapkan bukan hanya satu dua tahun, akan tetapi untuk selamanya. Atas dasar ini, diharapkan dapat mewujudkan eksistensi kehidupan yang harmonis di tengah-tengah masyarakat, sekaligus juga mempertahankan syariat agama Allah di muka bumi.

3. Menjaga keberlangsungan bisnis

Keberlangsungan bisnis juga tidak jauh dari harapan kehidupan umat manusia. Keberlangsungan tersebut akan menjadi hal yang tidak mungkin dicapai jika keuntungan dalam berbisnis tidak dapat diperoleh. Atas dasar ini, bisnis Syariah memberikan hak untuk mengambil keuntungan material dan keuntungan non material seperti telah diuraikan di atas.

Batas dalam mengambil keuntungan material sesungguhnya tidak pernah dibatasi oleh al-Qur’an dan hadis. Namun demikian, karena Allah dan Rasulullah selalu menganjurkan untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis, santun, penuh dengan rasa kasih sayang, maka tetap dianjurkan tidak mengambil keuntungan yang cukup besar. Mengambil keuntungan material dalam aktivitas bisnis adalah sesuatu yang manusiawi, tetapi tetap tidak boleh dilakukan jika mengabaikan nilai-nilai sosial yang islamik.

4. Memperoleh berkah dari Allah

Berkah adalah bertambahnya kebajikan dan ketenangan dalam diri seseorang yang tidak dapat dihitung secara matematik. Bisnis Syariah dijalankan sebenarnya untuk mencapai tujuan yang sangat esensial yaitu berkah.

Dengan mendapat berkah, Allah akan memberikan balasan dari jalan lain. Mungkin juga Allah akan memberikan maslahat yang besar. Diyakini, keuntungan yang diperoleh melalui berbisnis menurut aturan Syariah, akan dapat mendatangkan berkah seperti yang disinggung dalam hadis tersebut.

5. Mendapat ridha Allah

Setiap individu muslim, sudah pasti hidupnya ingin mendapatkan ridha Allah. Umat Islam, mempunyai keyakinan bahwa jika hidupnya mendapat ridha Allah akan pasti tenang, tenteram, harmonis dan selamat dunia dan akhirat.

Dalam hal menjalankan bisnis Syariah, dengan konsep ada yang halal dan haram serta tidak melakukan kezaliman, harapannya ingin mendapatkan ridha Allah. Dengan ridha Allah diharapkan kegiatan bisnisnya bisa maju, menghasilkan keuntungan yang banyak dan dapat dipergunakan untuk kemaslahatan umat serta mendapatkan ketenangan batin.

6. Mendapatkan ketenangan lahir dan batin

Hidup tenang lahir dan batin merupakan dambaan setiap manusia. Dalam hal bisnis, Allah telah membuat aturan-aturan yang jelas, seperti haramnya riba, pengurangan timbangan, pemalsuan barang, menyembunyikan cacat barang dan lain-lain.

Ketentuan-ketentuan bisnis Syariah ini, mampu melahirkan ketenteraman lahir dan batin orang-orang yang mematuhinya. Ketentuan-ketentuan Syariah tersebut datangnya dari Allah Yang Maha Kuasa. Tidak mungkin Allah membuat aturan untuk menyengsarakan hamba-hamba-Nya.

Prospek Kerja Lulusan Manajemen Bisnis Syariah

Pada dasarnya lulusan Jurusan Manajemen Bisnis Syariah tidaklah terlalu berbeda dengan lulusan jurusan-jurusan yang menyangkut manajemen lainnya. Jadi tidak hanya melulu berkaitan dengan segala hal yang berhubungan dengan ekonomi syariah atau syariah saja.

Namun, lulusan Manajemen Bisnis Syariah dari Universitas Swasta di Bandung ini mendapatkan prinsip, aturan dan nilai-nilai keislaman (ilmu syariah), maka para lulusan jurusan ini memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan jurusan manajemen pada umumnya.

Beberapa peluang kerja dari Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, yang menjadi salah satu jurusan favorit yang banyak dicari oleh para calon mahasiswa di Ma’soem University ini, antara lain:

  • Konsultan Perbankan
  • Manajer Pemasaran
  • Manajer Keuangan
  • Akuntan
  • Konsultan Keuangan Syariah
  • Akademisi
  • Entrepreneur
  • dll

Ma’soem University

  • Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat
  • Telp : 022 7798340
  • Whatsapp : 08156033022
  • e-mail : [email protected]
  • website: https://masoemuniversity.ac.id/

 

Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Universitas Swasta di Bandung

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.