Menjadi Seorang Guru (Becoming a Teacher )

Posted on

Saat seseorang ingin menjadikan profesi guru (pengajar) sebagai tujuan karir, dia akan mempertimbangkan permintaan untuk bekerja di sekolah serta dengan permintaan imbalan atas apa yang akan dikerjakan.  Namun, tidak semua orang dapat mengajar siswa di sekolah. Mengajar siswa di sekolah merupakan sebuah profesi yang menantang karena membutuhkan keahlian.

Menjadi Seorang Guru (Becoming a Teacher )

Untuk menjadi guru (Becoming a Teacher ) orang tersebut haruslah memiliki banyak pengetahuan bidang studi yang akan diajarkan, bagaimana situasi dan kondisi saat siswa belajar. Orang itu perlu memahami latar belakang sosial, ekonomi dan budaya siswa serta penggunaan strategi dan metode yang cocok sesuai dengan situasi yang ada di dalam kelas sehingga mereka bisa belajar.

Seorang Guru memiliki komitmen dalam pekerjaannya yang berhubungan dengan siswa. Guru harus peduli terhadap anak-anak dan remaja serta memandang pendidikan sebagai suatu jalan untuk membuat perubahan pada kehidupan siswa.

Siswa yang datang ke kelas dengan berbagai bakat dan kemampuan yang berbeda, tingkat kemakmuran yang berbeda dapat mempengaruhi cara mereka merespon dan proses pembelajaran dalam kelas. Latar belakang budaya seperti cara berbahasa, cara duduk, atau pun perilaku di sekolah juga mempengaruhi pengalaman belajar mereka di sekolah.

Guru harus tahu apa yang diajarkan, tidak hanya itu. Guru harus menetapkan hubungan dengan rekan kerja dan orang tua siswa. Guru juga harus bicara mengenai pentingnya pendidikan bagi siswa. Dan guru harus mengembangkan diri, seperti mengikuti program pengembangan profesional.

Mengajar adalah sebuah profesi  yang membutuhkan pengetahuan khusus. Mengajar biasanya membutuhkan persyaratan akademik (akta mengajar) yang sering kali telah dipersiapkan oleh akademis yang panjang dan intensif. Terkadang profesi pengajar mempunyai sejumlah karakteristik lainnya, tapi tidak mempunyai gengsi yang sama, khususnya yang terefleksi dalam perbandingan gaji dengan profesi lainnya. Guru akan mendapatkan imbalan intrinsik (harkat kehormatan) ketika melihat siswa belajar dan berkembang dalam bimbingannya.

Apakah Anda Ingin Menjadi Seorang Guru (Becoming a Teacher) ?

 

Becoming a Teacher – Padamu Negeri

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *