Pengertian Kepadatan Penduduk Dan Macamnya

Posted on

Sebelum membahas pengertian kepadatan penduduk, terlebih dahulu perlu mengetahui pengertian penduduk. Pengertian penduduk adalah sekelompok manusia yang mendiami suatu tempat atau daerah tertentu pada waktu tertentu. Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.

Penduduk suatu negara atau daerah didefinisikan sebagai orang yang tinggal di daerah tersebut atau orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut atau orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di sana. Tanda bukti resmi kependudukan seseorang ditunjukkan oleh bukti kewarganegaraan daerah bersangkutan, meskipun orang tersebut sedang bertempel tinggal di daerah lain.

Pengertian Kepadatan Penduduk

 

Kepadatan Penduduk

Pengertian kepadatan penduduk adalah perbandingan jumlah penduduk dengan luas wilayahnya. Kepadatan penduduk menunjukkan jumlah rata-rata penduduk pada setiap km2. Kepadatan penduduk dipengaruhi oleh fisiografis, keamanan, kebudayaan, biologis dan psikologis serta berkaitan erat dengan peningkatan jumlah penduduk yang disebut dengan pertumbuhan penduduk yaitu:

  1. Pertumbuhan penduduk alami (Natural Population Increase) adalah pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih jumlah kelahiran dengan jumlah kematian.
  2. Pertumbuhan penduduk migrasi adalah pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih jumlah migrasi masuk (imigrasi) dan jumlah migrasi keluar (emigrasi).
  3. Pertumbuhan penduduk total (Total Population Growth) adalah pertumbuhan penduduk yang dihitung dari selisih jumlah kelahiran dengan jumlah kematian ditambah dengan selisih jumlah imigrasi dengan jumlah emigrasi.

Macam-macam kepadatan penduduk antara lain:

1. Kepadatan Penduduk Aritmatik

Kepadatan penduduk aritmatik adalah perbandingan jumlah penduduk dengan luas seluruh wilayah dalam setiap km2 .

Rumus perhitungan

Rumus Kepadatan Penduduk Aritmatik

 

 

 

2. Kepadatan penduduk fisiologis

Kepadatan penduduk fisiologis adalah perbandingan antara jumlah penduduk dengan luas tanah yang dapat diolah.

Rumus perhitungan

Rumus Kepadatan penduduk fisiologis

 

 

 

3. Kepadatan penduduk agraris

Kepadatan penduduk agraris adalah perbandingan antara penduduk yang mempunyai aktivitas di sektor pertanian dengan luas tanah (daerah) yang dapat diolah untuk pertanian.

Rumus perhitungan

Rumus Kepadatan penduduk agraris

 

 

 

4. Kepadatan penduduk ekonomi

Kepadatan penduduk ekonomi adalah perbandingan antara jumlah penduduk dengan luas wilayah tetapi menurut kapasitas produksinya.

 

Kepadatan Penduduk Dan Macamnya – Padamu Negeri

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *