daftar iklan mgid

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek yang Manjur

Bagi para wanita, memiliki rambut kusam dan lepek adalah masalah yang sangat menyebalkan. Selain memiliki rambut yang tidak sehat, rambut yang rusak juga sangat mengganggu penampilan. Salah satu penyebab dari rambut lepek ini biasanya berasal kesalahan memilih jenis shampoo yang cocok untuk rambut. Tentu Anda tidak mau memiliki rambut lepek terus-menerus bukan? Nah, untuk mengetahui cara mengatasi rambut lepek, silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Rambut Lepek

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek

1. Pengaruh Suhu Udara Panas

Suhu udara yang panas bisa menyebabkan rasa gerah pada kulit sekitar kepala sehingga bisa membuat rambut Anda lepek seharian. Pengaruh sinar matahari yang terlalu panas juga menyebabkan rambut tetap lepek meskipun telah keramas.

Oleh karena itu, diperlukan perlindungan secara menyeluruh untuk rambut dan kulit kepala Anda. Usahakan untuk tidak terlalu sering berada di bawah sinar matahari langsung. Udara panas dan polusi juga bisa menjadi penyebab kerusakan rambut.

2. Menutup Kepala Menggunakan Hijab atau Topi Saat Rambut Masih Basah

Masalah rambut lepek juga sering dialami oleh para wanita berhijab. Kadang banyak dari mereka yang selalu mengenakan hijabnya secara langsung tanpa mengeringkan rambutnya terlebih dahulu. Padahal, memakai penutup kepala seperti hijab atau pun topi dengan kondisi rambut yang masih basah menjadi penyebab utama rambut lepek, bau dan juga rontok.

Untuk menghindari kondisi tersebut, ada baiknya jika Anda memiliki waktu yang cukup untuk berkeramas dan juga mengeringkan rambut. Usahakan untuk mengeringkan rambut dengan sempurna dan jangan terburu-buru. Sedikit tips untuk Anda agar rambut kering dalam keadaan sempurna. Pertama, posisikan kepala Anda secara terbalik sehingga rambut akan terjuntai ke bawah lalu sisir menggunakan jari tangan. Ketika rambut telah hampir kering, gunakanlah blow dry untuk mengeringkan rambut secara menyeluruh.  

3. Memiliki Kebiasaan Buruk Saat Menyisir Rambut

Memiliki kebiasaan buruk saat menyisir rambut juga menjadi penyebab rambut lepek. Sisir yang tidak pernah dibersihkan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kotoran sehingga bisa menyebabkan lepek dan bau pada rambut.

Adapun cara mengatasi rambut lepek akibat kebiasaan buruk ini ialah dengan rutin mencuci sisir rambut. Rajinlah membersihkan sisir sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu.

4. Salah Menggunakan Kondisioner

Memakai kondisioner tidak sekedar mengoleskannya saja pada rambut. Teknik pengaplikasian yang salah malah bisa menyebabkan rambut lepek dan rusak.

Cara yang benar dalam mengoleskan kondisioner ini pada rambut ialah dimulai pada bagian tengah rambut hingga ke ujung helai rambut secara menyeluruh. Anda juga bisa membungkus rambut dengan shower cup setelah mengaplikasikan kondisioner, dengan begitu rambut Anda akan semakin ternutrisi. Hindari mengoleskan kondisioner pada bagian kulit kepala. Kulit kepala yang terkena kondisioner bisa menyebabkan rambut tambah berminyak dan lepek.

5. Keramas Terlalu Sering

Keramas memang bagus untuk kesehatan rambut, akan tetapi terlalu sering keramas juga tidak bagus untuk rambut dan kulit kepala. Keseringan keramas malah akan membuat kulit kepala Anda akan sangat kering dan memicu munculnya ketombe.

Oleh sebab itu, usahakanlah untuk melakukan keramas sebanyak tiga hingga empat kali saja dalam seminggu agar volume rambut Anda juga tetap terjaga karena tidak sering terkena basah.

6. Menggunakan Shampoo yang Salah

Shampoo adalah kunci utama untuk merawat rambut. Tanpa menggunakan shampoo maka tentu rambut Anda akan rusak dan tidak sehat lagi. Namun, tahukah Anda jika shampoo yang tidak sesuai dengan jenis rambut juga bisa menjadi penyebab utama rambut lepek dan rusak.

Oleh sebab itu, cara mengatasi rambut lepek karena salah memilih shampoo ialah dengan mengetahui jenis rambut Anda sendiri. Tentu percuma saja jika Anda rutin merawat rambut menggunakan shampoo yang mahal tetapi hasilnya tidak memuaskan karena salah memilih shampoo. Sebagi tips, jika rambut Anda adalah tipikal rambut kering maka gunakanlah shampoo yang mengandung moisturizing. Adapun untuk rambut berminyak maka gunakanlah shampoo dengan kandungan ringan yang bisa membersihkan minyak dan kotoran pada rambut dan kulit kepala.

Beberapa cara mengatasi rambut lepek di atas bisa Anda coba untuk mengembalikan kesehatan dan volume rambut Anda.

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *