Perhatikan 4 Hal ini Saat Menggunakan Webbing Sling

Menggunakan Webbing Sling

Sling belt atau biasa dikenal juga dengan nama webbing sling merupakan salah satu jenis alat bantu yang biasa digunakan pada proses pengangkatan benda berat. Umumnya, sling belt ini digunakan untuk menghubungkan alat dengan benda yang diangkat. Secara khusus, webbing ini memang diciptakan guna membantu proses pengangkutan material berbobot besar.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Webbing Sling

Mengingat alat ini digunakan untuk mengangkut beban berat, maka dalam penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat menggunakan webbing belt ini.

1. Periksa Kondisi Sling

Perlu diketahui, setiap webbing punya ketahanan masing-masing. Apabila waktu pemakaiannya sudah cukup lama, maka kondisinya tentu bisa mengalami penurunan. Jika sudah seperti itu, potensi terjadinya kerusakan pada sling akan semakin tinggi. Untuk itu, sebelum digunakan sangat dianjurkan agar peralatan tersebut harus dilakukan pemeriksaan.

Pada penggunaan secara normal, pengecekan bisa dilakukan setiap setahun sekali. Namun, apabila intensitas pemakaian cukup tinggi, maka proses pengecekan ini bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali. Dalam proses inspeksi tersebut juga wajib dilakukan oleh orang profesional di bidangnya.

Saat memang kondisi webbing sling belt ditemukan kurang layak, jangan memaksa untuk menggunakannya. Hal itu karena agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itulah, proses inspeksi secara rutin sangat penting dilakukan untuk menjaga kualitas dari alat tersebut.

2. Gunakan Jenis yang Tepat

Pada penggunaannya, webbing punya jenis beragam. Jenis tersebut tentunya digunakan sesuai dengan kondisi masing-masing. Untuk itu, saat hendak menggunakannya, Anda harus memastikan bahwa jenis yang digunakan harus tepat sesuai kebutuhan. Apabila sampai terjadi kesalahan pemilihan, pastinya dapat membuat proses pengangkatan berjalan tidak maksimal.

3. Pastikan Proses Pengikatan Barang Sudah Aman

Fungsi dari sling belt untuk memindahkan benda berat memang tidak usah dipertanyakan lagi. Bahkan, untuk beban dengan volume besar juga bisa dilakukan dengan aman. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah pada saat proses pengangkatan material, sling harus terpasang dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti benda terjatuh atau tergelincir saat diangkat.

Pada saat proses pemasangan sling belt ini menjadi hal penting untuk menggunakan metode pemasangan yang tepat. Pemilihan metode tersebut sedikit banyak dapat mempengaruhi terhadap kapasitas serta bentuk tali saat proses pengangkatan material. Jika pemilihan metode kurang tepat, maka bisa saja proses pengangkatan beban menjadi terganggu atau bahkan gagal dilakukan sampai ke tujuan.

4. Perhatikan Titik Pengangkatan Benda

Pada saat mengangkat beban, menentukan titik gravitasi adalah hal penting. Tujuannya adalah agar kontrol penuh terhadap beban bisa diraih secara optimal. Dengan begitu, proses pengangkutan bisa menjadi lebih mudah lagi.

Apabila pemilihan titik kurang tepat, maka beban benda tidak bisa tertahan dengan benar. Jika sudah seperti itu, potensi benda menjadi berayun akan lebih tinggi. Perlu diketahui, benda mengayun malah dapat menyebabkan material jadi rusak atau bahkan membahayakan keselamatan pekerja di lapangan. Oleh karena itu, penentuan titik gravitasi pengangkatan ini wajib diperhatikan.

Demikianlah tadi pembahasan tentang hal penting dalam penggunaan webbing sling. Perhatikanlah keempat hal di atas agar pengangkutan barang menggunakan sling berjalan lancar. Nah, bagi Anda yang mungkin sedang membutuhkan peralatan seperti sling atau alat berat lainnya, tinggal cari saja perlengkapan tersebut di alamat website berikut asmarines.com.

 

Ragam – 4 Hal Saat Menggunakan Webbing Sling

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.