daftar iklan mgid

Proses Pembuatan Sambal Roa yang Lezatnya Paripurna

Jika Anda tidak berasal dari Manado, mungkin kurang familiar dengan sambal roa. Padahal, sekalinya Anda mencicipi olahan cabai ini pasti akan ketagihan. Pasalnya, sambal roa dibuat dari ikan roa yang diasap.

Sambal Roa

Sambal ikan roa ini memiliki rasa yang sangat khas dan tidak dimiliki oleh daerah lain. Nah, for your information, ikan roa sendiri merupakan sejenis ikan laut terbang yang biasanya bisa dengan mudah Anda temukan di perairan laut Utara dari Pulau Sulawesi hingga Maluku. Sedangkan orang Maluku Utara biasanya menyebut ikan galafea. Masyarakat daerah lain juga mengenal ikan roa sebagai ikan gepe atau julung-julung.

Pengolahan sambal roa ini adalah dengan diasap serta dihancurkan sampai halus. Baru kemudian dimasak dengan beragam rempah dan juga minyak. Di Manado, sambal roa dimakan dengan bubur Manado. Penyimpanan sambal roa maksimal enam bulan di suhu ruang dan satu tahun jika disimpan dalam kulkas.

Jika penasaran dengan rasanya, Anda bisa membeli sambal roa online. Sambal roa biasanya dijual dengan harga Rp 35 ribu sampai Rp 110 ribu sesuai dengan ukurannya.

Proses Membuat Sambal Roa

Meskipun ada banyak yang jual sambal ikan roa di marketplace, tetapi sangat tidak afdol jika Anda tidak mengetahui proses pembuatannya. Dengan mengetahui prosesnya, tentu Anda akan berdecak dan mengatakan bahwa pantas saja kelezatannya paripurna.

Nah, beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat sambal roa diantaranya ikan roa panggang, gula pasir, garam halus, tomat merah, dan minyak sayur. Sambal ini juga dibuat dengan beberapa bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabe rawit merah, dan cabe merah. Wah, bisa Anda bayangkan betapa membakar lidahnya sambal ini.

Cara pembuatannya sendiri adalah dengan membersihkan ikan roa, kemudian dipanggang hingga matang. Kemudian, ikan roa tersebut disuir kecil-kecil lalu dihaluskan. Selanjutnya, daging ikan roa disangrai (goreng tanpa menggunakan minyak). Jika sudah mengeluarkan aroma harum, maka api bisa dimatikan.

Selanjutnya, beralih ke bumbu halus yang ditumis sampai aromanya menjadi harum. Setelah itu, ditambahkan dengan seasoning seperti gula dan garam. Tomat juga tidak lupa dimasukkan. Jika sudah, maka daging ikan roa tadi bisa dimasukkan.

Dapatkan Sambal Roa Online

Karena Anda akan sulit menemukan ikan roa selain di Pulau Sulawesi sampai Maluku, maka sebaiknya beli saja secara online. Anda bisa menemukannya di aplikasi yang jual sambal roa yakni Ladara. Jadi, tidak perlu pergi ke daerah lain untuk mendapatkan sambal lezat ini.

Di Ladara, tersedia Sambal Ikan Roa murah dengan kemasan yang beragam. Tentu saja, produk yang dijual 100% original dengan label halal, sehingga, Anda tidak perlu ragu menikmatinya. Sambal homemade ini juga diproses tanpa menggunakan bahan pengawet. Meski begitu, bisa tetap tahan lama apalagi jika disimpan dalam kulkas.

Yuk, beli produk UMKM agar dapat semakin berkembang di Ladara!

 

Proses Pembuatan Sambal Roa yang Lezatnya Paripurna

Loading...

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *