5 Tips Cerdas Ibu Rumah Tangga Buat Hunian Ramah Lingkungan

Rumah Lebih Ramah Lingkungan

Masalah penumpukan sampah di Indonesia yang terus berkelanjutan masih belum ada solusinya. Sampah rumah tangga pun jadi penyumbang yang cukup besar lho. Padahal ibu rumah tangga bisa menyulap huniannya agar lebih ramah lingkungan.

Mulailah dengan membuat interior yang ramah lingkungan. Jika merasa kesulitan, Anda bisa meminta bantuan jasa interior untuk ruangan yang lebih paham akan penerapannya. Dengan begitu hunian bisa lebih sehat yang membuat pemiliknya bahagian. Sebagai ibu rumah tangga, Anda tahu tips untuk membuat rumah ramah lingkungan ini.

5 Tips Buat Rumah Lebih Ramah Lingkungan

Banyak sekali keuntungan yang diperoleh jika Anda berhasil membuat hunian lebih ramah lingkungan. Mulai dari rumah jadi lebih sehat, ruangan jadi bebas sampah dan yang pasti lingkungan juga jadi lebih sehat.

Cara untuk menerapkan ini tentu saja dimulai dari ibu rumah tangga yang bisa mempraktekan kemudian mengajak anggota keluarga lainnya. Anda yang ingin menyulap rumah jadi lebih ramah lingkungan bisa ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Menanam Banyak Pohon

Memiliki rumah dengan lahan sempit tidak menjadi alasan untuk menghindari penanaman pohon. Anda memiliki solusi untuk menanam pohon di dalam pot. Memberikan tanaman di dalam atau luar ruangan akan memberikan beberapa manfaat. Mulai dari filtering debu, polusi dan membuat rumah menjadi lebih dingin.

Tanaman juga berfungsi sebagai dekorasi ruangan yang tidak bosan untuk dipandang. Apabila semua pemilik rumah rutin menanam pohon dan melakukan perawatan dengan baik maka udara pun akan berubah menjadi lebih sejuk.

2. Lebih Banyak Menggunakan Barang Daur Ulang

Coba hitung perabotan atau barang di rumah Anda yang terbuat dari bahan daur ulang, ada berapa? Kebanyakan orang tidak sadar bahwa mereka konsumtif akan barang baru yang ternyata tidak terlalu bermanfaat.

Lebih baik untuk menggunakan barang-barang daur ulang yang harganya lebih miring. Kualitas barang daur ulang bahkan tidak kalah dengan barang yang baru. Misalnya saja dekorasi Anda bisa memanfaatkan limbah kayu pabrik atau memperbaiki furniture lama daripada membeli yang baru.

3. Memilih Sumber Pencahayaan dari LED

Lampu LED kini lebih banyak diperjualbelikan dan harganya lebih mahal, namun lampu ini ternyata tergolong ramah lingkungan. Lampu ini juga hemat biaya listrik dan memiliki kualitas lebih baik, buktinya nyala lampu akan lebih awet.

Dibandingkan dengan bohlam, lampu LED akan lebih hemat energi dan tidak terlalu memancarkan panas. Anda pun tidak perlu repot untuk bolak balik mengganti lampu hanya karena menggunakan produk yang salah.

4. Mencabut Alat Elektronik dari Stop Kontak Ketika Tidak Digunakan

Jangan biarkan alat elektronik masih menancap di stop kontak ketika tidak digunakan. Aliran listrik masih tetap terjadi jika Anda tidak mencabutnya. Pemborosan energi sudah pasti akan terjadi dan membuat tagihan listrik pun membengkak.

Alat yang paling sering masih menempel adalah charger hp. Selain hemat, Anda juga akan terhindar dari kebakaran atau kerusakan alat elektronik ketika terjadi arus hubungan pendek.

5. Bijaksana dalam Menggunakan Air

Satu hal yang paling penting adalah Anda harus bijak dalam penggunaan air. Sumber daya yang sangat berharga ini harus tetap dijaga sehingga konsumsinya tidak berlebihan. Misalnya saja ketika mandi gunakan air yang secukupnya. Kemudian pada saat mencuci piring maupun menggosok gigi.

Banyak sekali aktivitas yang perlu dilakukan supaya rumah menjadi ramah lingkungan. Bukan hanya bermanfaat bagi keluarga tetapi juga untuk lingkungan sekitar.

 

5 Tips Cerdas Ibu Rumah Tangga Buat Hunian Ramah Lingkungan

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.