Belajar Bahasa Inggris Lewat Words Search Puzzle Game Solitaire.org

Belajar Bahasa Inggris Lewat Words Search Puzzle Game Solitaire.org

Secara umum, dalam belajar bahasa Inggris (dan juga bahasa asing lainnya) meliputi keterampilan berbahasa yang sifatnya menghasilkan (productive skills) yaitu berbicara (speaking), menulis (writing), serta keterampilan yang sifatnya menerima (receptive skills) yaitu mendengar (listening), membaca (reading). Oleh karena itu, keterampilan bahasa itu harus diajarkan lewat interaksi yang komunikatif yang meliputi penggunaan lebih dari satu keterampilan bahasa.

Keterampilan bahasa juga harus didukung oleh bentuk bahasa (language forms) yang meliputi empat aspek yaitu:

  1. Fonologi (phonology) yang berhubungan dengan pengucapan.
  2. Kosakata (vocabulary) yang berhubungan dengan arti (lexis) dan pengaturan kata.
  3. Tata bahasa (grammar) yang berhubungan dengan perubahan kata (morphology) dan kalimat (syntax), dan rentetan kalimat.
  4. Rangkaian atau rentetan kalimat (discourse) yang berhubungan dengan kalimat yang panjang yang dilihat secara kontektual atau aspek sifat sosial.

Belajar Bahasa Inggris Lewat Words Search Puzzle Game

Dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing, penguasaan kosakata merupakan bagian yang penting sehingga pembelajar harus terus menerus mempelajari kata-kata pada saat mempelajari tata bahasa (grammar/structure) dan juga pengucapan (pronounciation).

Dengan demikian kosakata merupakan tahap awal untuk diajarkan sebelum mengajarkan aspek-aspek ketrampilan bahasa yang lain dimana pembelajaran kosakata merupakan proses menemukan kata-kata baru lewat mendengarkan dan membaca dan menggunakan atau mengaplikasinya kata-kata baru itu dalam menulis dan membaca.

Setidaknya terdapat 5 langkah dalam pembelajaran kosakata yaitu:

  1. memiliki sumber untuk menemukan kata-kata baru,
  2. memperoleh gambar yang jelas baik yang dapat dilihat (visual) atau dapat didengar (auditory), atau kedua-duanya,
  3. mempelajari arti kata itu,
  4. membuat konstruksi yang kuat antara bentuk dan arti kata itu,
  5. menggunakan kosakata itu

Salah satu cara yang menyenangkan dalam pembelajaran kosakata adalah melalui permainan (game). Salah satu contoh permainan yang bisa digunakan yaitu Words Search Puzzle Game yang bisa diakses secara online di https://www.solitaire.org/daily-word-search/

Words Search Puzzle Game Solitaire.org

Words Search Puzzle Game merupakan game online teka-teki pencarian kata yang berbasis browser dari situs penyedia game gratis Solitaire.org. Game ini dapat dimainkan langsung melalui browser sehingga tidak perlu diinstall dan cukup ringan untuk dimainkan.

Meskipun Words Search Puzzle Game merupakan game klasik yang sudah ada sejak dulu, namun masih relevan dengan pembelajaran kosakata bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya pada situasi saat ini. Ada pilihan bahasa lain selain bahasa Inggris, seperti bahasa Belanda, Spanyol, Turki, Jerman, Perancis, Polandia, Italia, dll.

Belajar Kosakata Bahasa Inggris Lewat Words Search Puzzle Game

Game ini juga memiliki tombol untuk saran bantuan, mencetak hasil teka-teki yang telah dimainkan hari ini, menawarkan level lain untuk dimainkan di setiap ukuran papan, dan terdapat informasi tanggal hari ini dan berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain teka-teki saat itu.

Cara Bermain Words Search Puzzle Game

  • Klik pada ukuran kotak teka-teki yang diinginkan yaitu 12×12, 14×14 atau 16×16 untuk memulai teka-teki hari ini.
  • Bagian atas kolom kiri menyediakan daftar kata dengan sejumlah kata yang akan ditampilkan dan kemudian menghitung berapa banyak kata yang tersisa. 10 kata pertama ditampilkan kemudian saat telah ditemukan, kata itu menghilang dan kata baru menggantikannya.
  • Kata-kata dalam teka-teki dapat muncul maju, mundur, atas, bawah, atau diagonal. Ketika Anda menemukan kata-kata dalam teka-teki mereka disorot dengan warna hijau.
  • Pemain dapat memilih tanggal lain dari pemilih tanggal kalender sebelah kiri, atau jika tidak menyukai level hari ini, dapat memilih hari lain.

Words Search Puzzle Game ini sangat cocok sebagai media pembelajaran bahasa Inggris, khususnya pembelajaran kosakata yang sifatnya menerima (receptive learning) yaitu kemampuan untuk mengenali kata dan mengingat arti kata itu. Guru dapat menugaskan siswa untuk mengisi teka-teki ini dan hasilnya dapat dicetak dan diserahkan ke guru.

Bermain Game Solitaire Online

Terkadang, saat belajar akan menemui rasa bosan atau jenuh terutama belajar bahasa asing yang bukan bahasa sehari-hari. Salah satu cara yang cukup efektif adalah istirahat sejenak dengan meninggalkan kegiatan rutin tersebut. Atau bisa bermain game lain yang bersifat menghibur seperti bermain game solitaire.

Game Solitaire Online

Game Solitaire sebenarnya merupakan permainan kartu yang sudah cukup lama dan populer dimainkan menjelang akhir abad ke-18 di wilayah Baltik Eropa dan masih tetap diminati hingga saat ini. Bahkan game kartu Solitaire ini sudah menjadi bagian dari sistem operasi Windows sejak tahun 1990.

Jika menginginkan bermain Video Game Solitaire Online Gratis Berbasis Browser maka buka halaman ini: https://www.solitaire.org/solitaire-games/ dan temukan banyak versi dari game kartu Solitaire di laman tersebut.

Versi game solitaire yang paling populer di Solitaire.org adalah:

  • Klondike – juga dikenal sebagai solitaire klasik atau hanya sebagai solitaire
  • Freecell – game memiliki 4 sel gratis tempat menyimpan kartu untuk sementara
  • Spider – permainan di mana pemain membuat royal flush pada tablo untuk mengeluarkan kartu dari lapangan bermain. mainkan 1, 2 atau 4 setelan
  • Piramida  – jumlah pasangan kartu menjadi 13, dengan raja bernilai 13
  • Tripeaks – tiga piramida yang tumpang tindih di mana dapat dihapus kartu satu di atas atau di bawah kartu teratas di tumpukan sampah
  • Golf – 35 kartu di 7 kolom di tablo dengan 17 kartu di tumpukan stok.

Atau cari dan pilih game online klasik lainnya Solitaire.org yang sesuai dengan keinginan.

 

Belajar Bahasa Inggris Lewat Words Search Puzzle Game Solitaire.org

Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.