Alasan Wilayah Indonesia Rawan Bencana Gempa dan Tsunami

Hampir seluruh wilayah di Indonesia dinyatakan rentan terkena bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan gerakan tanah (likuifaksi). Hal ini disebabkan Indonesia dikelilingi oleh tiga lempeng tektonik dunia yakni Lempeng Indo-Australian, Eurasia dan Lempeng Pasific . Selain itu, Indonesia juga berada pada Pasific Ring Of Fire (cincin api) yaitu jalur rangkaian gunung api paling aktif di dunia yang membentang sepanjang lempeng pasifik.

Dengan berada di 2 kawasan yang secara geologis memiliki pertemuan lempeng yang menyebabkan terjadi akumulasi energi bertabrakan dengan intensitas yang cukup tinggi, maka inilah yang menjadi alasan utama mengapa wilayah Indonesia rawan terjadi bencana gempa bumi, gelombang tsunami dan gerakan tanah.

Berikut video animasi pembelajaran tentang penyebab Indonesia rawan bencana.

Di Indonesia terdapat gunung berapi dengan jumlah kurang lebih 240 buah, dimana hampir 70 di antaranya masih aktif. Zona kegempaan dan gunung api aktif Circum Pasifik amat terkenal, karena setiap gempa hebat atau tsunami dahsyat terjadi di kawasan itu, dan dipastikan menelan korban jiwa manusia amat banyak. (sumber)

 

Video pembelajaran: Penyebab Indonesia rawan bencana

Loading...
loading...

About Admin Padamu

Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *